Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online

menerapkan media promosi untuk pemasaran online

Menerapkan media promosi untuk pemasaran online bisa dikatakan strategi yang diterapkan oleh banyak perusahaan saat ini. Karena memang perkembangan zaman saat ini yang serba mengandalkan teknologi online menjadi salah satu faktor utamanya.

Oleh sebab itu banyak perusahaan yang mengganti model pemasarannya dan sudah disesuaikan dengan perkembangan era saat ini.

Media Promosi Pemasaran Online

Banyak contoh yang bisa diambil dari pemasaran online, seperti strategi yang diterapkan, jenis jenis media online untuk pemasarasan , manfaat dan tujuannya bisa gunakan untuk mengganti model marketing yang dulu menjadi yang baru.

Kita akan bahas satu persatu mengenai bagaimana sih model media promosi untuk marketing online.

Yang pertama adalah pengertian media promosi untuk pemasaran online, Pemasaran online atau marketing online adalah salah satu model pemasaran yang sangat bergantung dengan media internet. Penerapannya seperti menggunakan media sosial sebagai alat promosinya, ataupun dengan menggunakan website sebagai landing page dari perusahaan.

Marketing online tidak seperti marketing pada umumnya yang lebih bersifat direct langsung kepada konsumen atau pelanggan. Jika dahulu model pemasaran lebih ke arah door to door, maka marketing online lebih difokuskan untuk pengguna internet yang sedang berselancar online melalui komputer atau perangkat mobile nya.

Oleh karena penggunaan perangkat canggih smartphone saat ini, maka pengguna internet-pun semakin meningkat. Ini terbukti dengan indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia yang menjadi sasaran pasar perdagangan dunia yang menggunakan pemasaran online.

Hal ini yang membuat banyaknya perusahaan yang mengganti alih model pemasarannya menggunakan media online untuk mendapatkan konsumen melalui internet.

  1. Tujuan Pemasaran Online

Tujuan promosi secara online adalah :

  • Menangkap pengguna internet untuk menuju ke penjualan produk dan jasa perusahaan
  • Menyebarkan informasi produk dengan menggunakan media online dan internet
  • Menciptakan branding image perusahaan kepada pelanggan secara online
  1. Manfaat Pemasaran Online

Manfaat promosi secara online adalah :

  • Mencari pelanggan atau konsumen lebih tertarget daripada pemasaran model lama
  • Efisien dan efektifitas promosi lebih baik dan cepat dengan menggunakan pemasaran online
  • Tidak memakan budget yang berlebihan karena tidak perlu cetak banner atau brosur, ataupun biaya transportasi marketer.
  1. Jenis Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Adapula jenis dan macam macam media online untuk melakukan pemasaran seperti :

a. Media Sosial

Media sosial ini mencangkup banyak sekali jenis platformnya seperti : Facebook, twitter, instagram, kaskus, linkedin, youtube dan lain lainnya yang bertujuan untuk menyasar konsumen yang sedang asik melakukan aktivitas online di platform tadi.

media sosial untuk media promosi pemasaran online

Media sosial digunakan untuk promosi secara soft selling, yaitu promosi secara tidak langsung dan bisa membuat konsumen melakukan pembelian tanpa unsur paksaan dan sukarela untuk membaca, melihat atau mengunjungi website landing page perusahaan yang kita promosikan.

b. Email Marketing

Bagi perusahaan besar menggunakan email untuk melakukan promosi sangatlah profesional dan banyak perusahaan yang menggunakan promosi menggunakan email marketing ini. Karena memang dengan menggunakan email konsumen yang kamu tawarkan akan lebih tertarget lagi dan tekesan lebih profesional.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu memiliki data klien untuk di prospek melakukan promosi. Jadi gunakan media sosial untuk menarik data data klien atau calon konsumen yang nantinya digunakan metode hard selling untuk menunjang dan meningkatkan penjualan produk dan jasa kamu.

c. Broadcast Chatting

Media selanjutnya adalah dengan menggunakan broadcast di aplikasi chating seperti whatsapp, telegram, line dan sebagainya untuk mengingatkan konsumen akan produk dan jasa yang kita tawarkan sebelumnya.

Baca Juga >>> Contoh Email Marketing Yang Menarik <<<

  1. Strategi Menerapkan Media Promosi Pemasaran Online

Yang ke-4 adalah bagaimana strategi untuk penerapan media promosi secara online. Kamu bisa menerapkan contoh strategi beserta step by step-nya dibawah ini :

a. Membangun Company Profile Perusahaan Secara Online

Sebelum melakukan promosi secara online dengan massive, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah membangun company profile perusahaan secara online.

Bagaimana kamu bisa melakukan pemasaran online jika perusahaan kamu saja tidak memiliki website yang bonafit dan bisa dipercaya.

Membangun company profile perusahaan ini seperti membuat website resmi perusahaan, isikan produk produk atau jasa apa saja yang ingin ditawarkan, lampirkan legalitas perusahaan agar lebih menyakinkan.

Masukkan juga portofolio perusahaan, seperti pernah menangani projek kerjasama dengan perusahaan lain atau masukkan projek yang pernah dibuat dan dikembangkan untuk kepentingan portofolio perusahaan.

b. Masuk ke Media Sosial

Membuat akun media sosial juga sangat penting dilakukan untuk me-branding perusahaan agar lebih dikenal oleh banyak masyarakat. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, media sosial digunakan untuk soft selling produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Jadi selain memasarkan produk dan jasa kamu juga bisa memasukkan materi  tips dan tutorial yang bermanfaat seperti : jika perusahaanmu bergerak dibidang jasa lowongan kerja online, maka media sosialmu juga perbanyak membahas mengenai tips dan trik cara melamar kerja yang baik dan benar.

Maka secara tidak sadar konsumen akan menganggap akun media sosialmu sangatlah bermanfaat dan mereka akan mem-follow untuk mengikuti tips dan tutorial lainnya. Jika sudah banyak maka kamu bisa dengan perlahan untuk mempromosikan penjualan yang ditargetkan.

c. SEO Marketing

Biasanya ada divisi lain yang bertuga untuk menaikkan SEO website perusahaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung kedalam situs website resmi perusahaan.

SEO menjadi sangat penting dalam dunia online karena bisa menampilkan kata kunci yang dicari oleh konsumen untuk menduduki peringkat page one di google.

Banangkan jika seluruh promosi yang dibuat oleh perusahaan bisa menduduki kata kunci pertama di halaman pertama google, maka otomatis membuat banyak pengunjung yang masuk ke website dan meningkatkan penjualan juga.

d. Melakukan Iklan Secara Online

Promosi untuk pemasaran online yang paling banyak dipakai adalah dengan mengandalkan iklan online. Hal ini bisa dilakukan dengan cara beriklan di google ads, atau melalui facebook ads.

Ada 2 perbedaan dalam menggunakan cara pengiklanan diatas yaitu jika ingin mendatangkan pembeli atau pengunjung dari google, maka menggunakan google ads untuk penyedia jasa pengiklannya.

Jika ingin mendapatkan pengunjung dari media sosial maka menggunakan facebook ads yang bisa menjaring pengguna facebook dan instagram untuk masuk ke landing page website perusahaan.

Meskipun mengeluarkan biaya, namun cara ini bisa dibilang lebih cepat dan lebih tertarget untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan minat dan selera apa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca Juga >>> Pertanyaan & Jawaban Interview Tentang Digital Marketing <<<

  1. Contoh Pemasaran Online

Selanjutnya kita masuk kedalam contoh pemasaran online. Untuk lebih memahami contoh penerapannya, kita buat studi kasus yang saya kerjakan untuk perusahaan dutaprotraining.id yaitu perusahaan penyedia jasa training karyawan untuk perusahaan perusahaan ternama di indoneisa.

Sebelum melakukan promosi, pembuatan website perusahaan sangatlah penting untuk langkah awal. Pengisian website sebagai sumber informasi penting perusahaan haruslah detail disertai dengan legalitas perusahaan dan produk jasanya apa saja.

Pembuatan akun media sosial lengkap juga dilakukan untuk menjaring konsumen yang sedang menggunakan media sosial. Pengisian content media sosial dilakukan rutin dan secara bertahap. Setelah proses yang sudah berlangsung banyak pengunjung atau klien yang akhirnya follow akun medsos dutapro training.

Website utama perusahaan duta pro juga dibantu dengan pembuatan website lainnya agar membantu meningkatkan penjualan disektor lain. Maka dibuatlah webiste kedua dengan nama yang berbeda yang bermaksud untuk menopang website resmi perusahaan.

Melakukan promosi melalui email marketing kepada klien yang mana data klien sudah didapatkan dari media sosial seperti linkedin. Meningkatkan score domain dengan melakukan backlink dari situs lain juga sangat penting untuk meningkatkan posisi ranking website.

Melakukan broadcast informasi terkini dan informasi produk terbaru melalui media chating online seperti whatsapp bussiness.

Jika dirasa sudah maksimal namun ingin meningkatkan penjualan yang lebih dilakukan pemasaran online dengan pengiklanan google ads untuk mendapatkan trafik lebih dari posisi di halaman pertama google.

Melakukan follow up klien lama atau yang sudah pernah bekerja sama sebelumnya.

Baca Juga >>> Pengertian, Fungi, Jenis, Manfaat, Strategi Mobile Marketing <<<

Penutup

Itu tadi cara menerapkan media promosi untuk pemasaran online dimulai dari pengertian, jenis, strategi sampai dengan contoh penerapannya. Kamu bisa menambahkan lagi hal hal yang penting untuk dilakukan dalam pemasaran online. Terima kasih sudah membaca artikel berikuti ini semoga bermanfaat dan selamat  mencoba.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *