Masa Percobaan / Probation Kerja adalah ? Tips Lolos Probation

Probation adalah

Setiap karyawan baru pastilah pernah merasakan masa percobaan atau probation kerja. Apa itu Probation kerja ? Probation adalah kesepakatan yang digunakan oleh perusahaan kepada karyawan baru untuk menilai performa dan kinerja sebelum diangkat menjadi karyawan tetap.

Masa percobaan kerja atau biasa disebut probation periode berguna untuk menilai apakah kamu sebagai karyawan baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan juga dengan pekerjaannya secara teknis.

Selama masa percobaan ini diharapkan kamu sebagai karyawan baru harus bisa menunjukkan kinerja dan performa yang baik untuk dipertimbangkan lagi menuju kekaryawan tetap. Lalu pastinya banyak timbul pertanyaan mengenai masa probation ini seperti :

Bagaimana Setelah Masa Probation ?

Masa probation adalah masa percobaan sementara. Jika kamu bisa menunjukkan kinerja yang positif, maka tidak mustahil juga kamu bisa diangkat menjadi karyawan tetap setelahnya.

Biasanya diakhir masa probation nantinya akan ada tes baik berupa tes tertulis maupun presentasi mengenai apa saja yang telah kamu kerjakan selama masa probation ? dan apa yang telah kamu dapatkan selama masa probation berlangsung.

Apakah Bisa Masa Probation Diperpanjang ?

Jawabannya tentu bisa sesuai dengan ketentuan pada saat tanda tangan kontrak diawal kerja. Biasanya perusahaan berhak untuk memperpanjang masa probation kerja jika setelah melalui tahap evaluasi kerja ternyata kamu tidak memenuhi standar kerja perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa mengajukan banding dengan cara mempertanyakan bagian mana yang dirasa kurang dari kinerja kamu selama ini. Kamu juga berhak untuk menentukan apakah ikut memperpanjang masa probation atau malah selesai dan resign setelahnya. Semua keputusan berada dikamu.

Bagaimana Jika Resign Pada Saat Masa Probation ?

Kembali lagi dengan kontrak diawal kerja, jika ada poin yang membuat kamu tidak bisa mengajukan resign pada masa probation, maka kamu tidak bisa begitu saja menghentikan masa percobaan ini. Tetapi kamu bisa resign setelah masa percobaan usai tanpa memperpanjang kontrak kembali.

Bagaimana Jika Gagal Pada Masa Probation ?

Jika memang terbukti kamu gagal maka ada 3 tiga kemungkinan yang terjadi. Yang pertama kamu tidak diperpanjang kontrak dan langsung pemutusan hubungan kerja. Yang kedua masa probation kamu diperpanjang kembali. Dan yang ketiga adalah pemindahan ke divisi dan posisi yang lebih sesuai dengan kinerja kamu selama ini.

Apa Untungnya Masa Probation ?

Tentunya bagi kamu yang seorang fresh graduate akan diuntungan karena masa probation ini layaknya program magang dimana kamu bisa belajar lebih mengenai kerja diperusahaan dan yang paling diuntungkan lagi adalah jika performa kamu baik maka ada kesempatan untuk berkarir dengan status karyawan tetap.

Apa Yang Haris Dikerjakan Pada Saat Probation Kerja ?

Tentunya kamu harus bisa beradaptasi dilingkungan kerja tersebut. Ikuti segala prosesnya dan berikan manfaat bagi tugas yang didelegasikan kekamu. Jaga attitude dan sikapmu selama masa probation.

Apakah Probation Kerja Mendapatkan Gaji ?

Tentu saja, jika magang mendapatkan gaji, maka masa probation juga mendapatkan gaji namun dengan gaji masih dibawah karyawan dengan status karyawan tetap.

Baca Juga >>> On The Job Training atau OJT adalah ? <<<

Berikutnya Cara Agar Kamu Lolos Masa Probation dan Diterima Karyawan Tetap :

  1. Jaga Sikap Dan Kelakuanmu

Yak, ini merupakan cara pertama bagi kamu agar bisa lolos masa probation. Kamu harus bisa menjaga sikap dan kelakuanmu selama masa probation. Menjaga sikap contohnya seperta datang tepat waktu dan berkelakuan baik selama adaptasi kerja.

  1. Cepat Beradaptasi

Cara berikutnya adalah kamu diharuskan untuk cepat beradaptasi dengan kinerja karyawan lainnya. Kamu juga harus bisa menghafalkan nama nama karyawan yang menjadi rekan kerja kamu. Hafalkan juga setiap jobdesk masing masing karyawan dan fungsinya.

  1. Selalu Belajar Hal Baru

Tentunya bagi kamu ini merupakan kesempatan untuk belajar hal baru. Jangan malas dan merasa sudah tahu dan tidak ingin mencoba hal baru itu. Semua yang ada di perusahaan baru kamu ini merupakan hal baru yang wajib kamu ketahui.

  1. Tidak Malu Bertanya

Hal yang wajar jika kamu bertanya kepada rekan kerja atau senior kamu dikantor nanti. Lebih baik kamu bertanya dan menemukan solusinya daripada hanya memendamnya dan malah menumpuk masalah bagi rekan kerja lainnya.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua hal bisa kamu tanyakan. Coba catat bagian penting dibuku kecil agar kamu tidak lupa dan selalu bertanya pertanyaan yang sudah pernah kamu tanyakan. Terlalu banyak bertanya orang orang akan mengira kamu tidak bisa beradaptasi dan terlalu lamban dalam mengolah pengetahuan baru.

  1. Penuhi Target Dari Atasan

Tentunya kamu ada target yang harus dicapai pada masa percobaan ini. Penuhi target dari atasan dan perbanyak pembelajaran diri baik segi ilmu maupun pola pikirmu. Menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kamu maka perusahaan menilai bahwa kamu adalah orang yang bisa diandalkan dan berusaha keras untuk mencapainya.

  1. Tunjukkan Bahwa Kamu Bisa dan Mampu

Masa probation adalah masa 3 bulan percobaan. Dalam 3 bulan kedepan kamu harus bisa menunjukkan performa terbaik kamu selama ini. Jangan banyak mengeluh dan berusaha untuk belajar apa yang kamu tidak ketahui.

Ambil sisi positif dari rekan kerja yang berprestasi dan bertanya kepada atasan apakah selama 1 bulan ini, 2 bulan ini ada progres yang signifikan dari kamu? Maka dibulan ketiga kamu bisa memperbaiki seluruh target yang gagal kamu capai. Jangan sampai menyesal diakhir masa percobaan.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

 

Seluruh kerja keras pastinya akan membuahkan hasil yang sesuai. Usahakan yang terbaik dan jalani dengan ikhlas dan penuh kesabaran. 3 bulan masa percobaan adalah waktu yang singkat untuk menunjukkan performa terbaik kamu, maka berikan yang terbaik yang kamu bisa.

Jika kamu lolos maka selamat menempuh jenjang karir selanjutnya. Namun jika kamu tidak lolos ambil sisi positifnya bahwa kamu mungkin bisa mendapatkan pembelajaran bekerja di perusahaan dan mengambil pengalamannya.

Source Pict From pixabay

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.