Manajemen SDM Adalah ?

Manajemen SDM Adalah

Pengertian dari Manajemen SDM adalah suatu cara ilmu tertentu untuk mengatur, membimbing hubungan dan peranan antara tenaga kerja dengan perusahaan maupun sebaliknya.

Intinya manajemen sdm menurut para ahli adalah ilmu yang mengatur seseorang didalam organisasi ataupun dalam sebuah lingkup perusahaan. Dengan adanya peranan manajemen SDM maka hubungan antara karyawan dengan lingkup kerja atau perusahaannya bisa semakin diatur dan kondusif dengan harapan akan ada kerja sama yang maksimal demi tujuan bersama.

Konsep Dasar Manajemen SDM Perusahaan

Konsep dasar yang di terapkan oleh manajemen sdm dalam perusahaan adalah memperkerjakan karyawan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan hak hak manusianya. Karyawan merupakan aset penting dalam suatu perusahaan maka dari itu manajemen SDM ini diperlukan untuk mengatur hak dan kewajiban apa saja baik untuk karyawannya itu sendiri maupun bagi perusahaan.

Semakin baik manajemen SDM nya, maka akan semakin baik juga kerja sama dalam sebuah tim. Sehingga seluruh karyawan yang terlibat tidak lagi mempertanyakan apa saja aturan, hak dan kewajibannya dalam bekerja.

Dalam perusahaan manajemen SDM biasanya di sebut dengan HRD atau Human Resource Development. HRD ini juga bertujuan untuk mengatur kinerja karyawan agar sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh perusahaan. Tujuan lainnya untuk meningkatkan produktivitas karyawan baik secara sosial dan etikanya.

Departemen HRD inilah yang bertugas untuk menopang kinerja perusahaan dari balik layar. Tujuan HRD juga sebagai penilai dan memberikan arahan kepada karyawan jika sudah berada di luar jalur hak dan kewajiban karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.