Lihat Yuk, Program Orientasi Untuk Karyawan Baru

Lihat Yuk, Program Orientasi Untuk Karyawan Baru

Rekrutan baru yang telah bergabung dengan perusahaan ada baiknya untuk dilakukan orientasi kerja atau biasanya disebut program orientasi untuk karyawan baru. Orientasi karyawan adalah program yang bertujuan untuk pengenalan karyawan baru terhadap pekerjaan yang akan ditanganinya nanti. Kebutuhan orientasi ini sangatlah dibutuhkan bagi karyawan fresh graduate maupun karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja atau profesional.

Setiap karyawan baru membutuhkan masa transisi atau adaptasi dengan pekerjaan barunya. Hal ini menjadi tugas posisi HRD untuk mempersiapkan program orientasi karyawan baru yang mudah dipahami dan bisa terlaksana dengan cepat dan efisien.

Melalui program orientasi yang baik diharapkan karyawan baru dapat dengan cepat untuk adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Mulai dari pengenalan tempat kerja, rekan kerja bahkan sampai pengenalan SOP yang baru.

Lalu, apa saja si contoh program orientasi karyawan baru ? berikut tips dari tipskerja untuk kamu :

Peraturan dan SOP

Untuk bagian yang terpenting adalah peraturan SOP. Hal ini yang pertama kali harus dilaksanakan dan dimengerti oleh karyawan baru.

Pembacaan SOP baru oleh HRD dan dijelaskan secara detail mengenai SOP ini. Poin tiap poin harus dibacakan oleh HR perusahaan yang selanjutnya dibahas bersama dengan karyawan baru. Usahakan untuk menanyakan apakah SOP ini sudah benar benar dimengerti oleh karyawan baru atau tidak.

Ada juga peraturan peraturan tidak tertulis yang wajib diberitahukan oleh karyawan baru seperti kedisiplinan adat atau budaya kerja yang diterapkan di perusahaan.

Job Description Pekerjaan dan Struktur Organisasi Perusahaan

Setelah dibacakan tentang peraturan dan SOP, ada baiknya untuk mengulas dan menerangkan untuk job description mengenai pekerjaan yang dilaksanakan kedepannya. Dalam hal ini perlu ada tim user atau manager/ SPV yang mendampingi selain tim HRD juga tentunya.

Tim user dalam hal ini Manager terkait / SPV terkait yang menyampaikan tentang daftar pekerjaan apa saja yang akan menjadi tanggung jawab dari karyawan baru tersebut.

Selain jobdesk ada hal lain yang perlu di bahas. Yaitu mengenai struktur organisasi perusahaan. Diharapkan dengan pengenalan struktur organisasi ini karyawan baru dapat mengetahui siapa pimpinan dan leader serta posisi dan fungsi apa saja yang ada di perusahaan ini.

Pengenalan Office Tour

Setelah tahapan diatas, selanjutnya memasuki tahapan office tour atau keliling kantor untuk mengetahui letak dan posisi di kantor seperti apa. Hal ini untuk mengetahui lingkungan kantor secara fisiknya.

Selain office tour ada juga pengenalan dengan setiap orang yang bekerja ditiap tiap posisi dan ruangan. HRD akan memperkenalkan satu satu anggota atau kelompok kerja ditiap tiap posisi atau ruang kerja. Dan tak lupa juga memperkenalkan anggota karyawan baru ke tiap bidang dan posisi serta jabatannya nanti.

Pembagian Employee Kit

Pada saat orientasi ada baiknya juga untuk memberikan tanda pengenal perusahaan seperti kartu pegawai, seragam office, tanda pengenal, peralatan kerja yang dibutuhkan, kunci loker untuk penyimpanan, sidik jari untuk absensi bagi perusahaan yang menggunakan sidik jari untuk absensi, alamat email perusahaan, kontak pegawai yang penting, nomer extention untuk telepon ke bidang lainnya, alamat kantor dan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaannya nanti sehari hari.

Pengenalan Jadwal Khusus

Ada beberapa jadwal khusus seperti jadwal evaluasi tim, jadwal briefing atau jadwal lainnya yang karyawan baru perlu tahu sebelum bekerja. Pengenalan ini bertujuan agar karyawan baru bisa mempersiapkan diri sebelum jadwal yang ditetapkan.

Baca Juga >>> Contoh Perencanaan Dan Pengembangan Karir di Perusahaan <<<

Setelah langkah dan tahapan diatas telah seselai. Selanjutnya adalah tim HRD menyerahkan sepenuhnya kepada tim user di bidang yang akan menggunakan jasa karyawan tersebut. Setelahnya diambil alih oleh manager atau spv terkait untuk di training lebih detail lagi secara intensif. .

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.