Keuntungan Strategi Promosi Dengan Menggunakan Iklan Online

keuntungan strategi promosi dengan menggunakan iklan adalah

Berikut ini beberapa keuntungan strategi promosi dengan menggunakan iklan adalah efisien dan efektif untuk digunakan pada zaman sekarang ini yang serba menggunakan teknologi internet dibandingkan dengan media promosi menggunakan banner, billboard dan iklan koran sekalipun.

Untuk mendapatkan hasil penjualan / sales yang terbaik biasanya tim marketing akan menggunakan media iklan untuk menerapkan strategi promosi yang akan digunakannya.

Namun saat ini strategi promosi dengan menggunakan iklan sedikit berbeda dengan zaman sebelumnya dibeberapa tahun kebelakangan.

Saat ini banyak perusahaan besar yang menggunakan strategi promosi iklan melalui internet dan media sosial. Nah kali ini tipskerja akan mencoba membahas mengenai strategi dan keuntungan dari penerapan promosi dengan iklan.

Keuntungan Strategi Promosi Dengan Menggunakan Iklan Adalah

Yang paling sering dibicarakan saat ini ada 2 macam media promosi menggunakan iklan yang paling terkenal. Mulai dari bisnis kecil atau UMKM sampai dengan perusahaan besar menerapkan strategi promosi dengan menggunakan kedua iklan ini.

Perbedaannya adalah ditarget iklan yang ingin dituju atau dicari untuk kepentingan sales. Selebihnya akan kita bahas satu persatu mengenai kelebihan dalam penerapannya.

Karena pemilihan strategi promosi yang tepat akan meningkatkan proses penjualan yang nantinya berkaitan dengan pencapaian target sales.

Berikut ini 2 jenis Strategi promosi dengan menggunakan iklan internet :

  1. Keuntungan Iklan Menggunakan Google Ads

Google sendiri sebagai penyedia jasa pencarian yang paling populer memberikan satu buah opsi dalam penerapan strategi promosi untuk periklanan di internet.

Kalau dahulu namanya adalah google adword, namun saat ini sudah berganti nama yaitu google ads. Meskipun gunanya hampir sama, namun ada banyak fitur yang diberikan oleh google ads dibanding dengan yang terdahulu.

Google ads adalah layanan periklanan dengan model pay per-click atau PPC untuk penerapannya. Intinya adalah setiap iklan yang tampil dalam pencarian target market baru akan dikenakan biaya sesuai dengan jumlah per-click yang dibayarkan.

Lalu apa saja keuntungan iklan menggunakan google ads ?

  • Sangat cocok untuk digunakan perusahaan kecil sampai besar sekalipun
  • Iklan akan muncul otomatis ketika ada konsumen yang mencari di google pencarian dengan kata kunci yang sudah diatur
  • Target pengiklanan lebih tepat sasaran sesuai dengan keyword yang ditembak
  • Lebih cocok untuk pengarah ke landing page suatu website
  • Bisa meningkatkan visitor website dengan cepat
  • Meningkatkan SEO website atau posisi website dengan cepat
  • Membayar promosi iklan ketika iklan tersebut diklik oleh konsumen atau pengunjung

Iklan google ads yang kamu pasang bisa muncul didalam google pencarian konsumen, didalam website yang masih berhubungan dengan keyword yang ditawarkan atau bisa muncul dalam youtube juga bisa.

Bisa dibilang google ads lebih cocok jika kamu punya website sendiri yang ingin mendatangkan pengunjung ke website atau landing page. Biasanya ini digunakan untuk perusahaan besar yang bergerak dibidang jasa untuk penawaran jasanya. Untuk kerugiannya akan kita bahas secara umum setelahnya.

Baca Juga >>> Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online <<<

  1. Keuntungan Iklan Menggunakan Media Sosial

Selain google ads, ada juga strategi promosi menggunakan media sosial. Yang paling terkenal adalah dengan menggunakan Facebook ads. Namanya juga media sosial, jadi iklan yang muncul hanya pada media sosial facebook dan instagram yang saat ini sudah menjadi satu dengan perusahaan facebook.

Keuntungan Iklan Menggunakan Media Sosial

Jadi ketika seseorang sedang membuka facebook dan instagram, iklan bisa saja muncul sesuai dengan target konsumen yang dibidik oleh pengiklan. Berbeda dengan google ads yang muncul di dalam pencarian, facebook ads akan muncul di platform media sosial yang digunakan oleh calon konsumen.

Lalu apa saja keuntungan iklan menggunakan facebook ads ?

  • Bisa berhubungan langsung dengan konsumen yang melihat iklan dan komentar di iklan tersebut
  • Konten lebih bisa viral daripada menggunakan google ads
  • Sesuai dengan target yang ingin dituju, misal berdasarkan hobi, daftar pengikut media sosial, umur bahkan sampai bisa diatur sesuai dengan perangkat media handphone yang dipakai juga.
  • Penggunanya yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial
  • Lebih tepat untuk penjualan produk yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon konsumen
  • Lebih cepat closing karena iklan lebih tepat sasaran

Bahkan saat ini selain facebook ads sudah ada tiktok ads untuk paid promotion juga yang penggunaannya hampir sama seperti facebook ads karena tiktok sudah mulai ramai juga digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga >>> Pengertian, Fungi, Jenis, Manfaat, Strategi Mobile Marketing <<<

Berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah :

Setelah kita berbicara tentang keuntungan dari strategi promosi dengan iklan online, kali ini kita akan membahas mengenai kerugiannya dari kegiatan promosi secara online. Kali ini kita akan membahasnya secara umum baik itu dari google ads, mapupun dari facebook ads atau tiktok ads.

Kerugiannya adalah :

  • Penetapan target yang tidak tepat akan membuat iklan muncul pada orang orang yang tidak tepat juga, sehingga sering kali hanya membuang buang uang promosi daripada mendapatkan sales
  • Jangkauan iklan yang luas membuat iklan terkadang muncul tidak relevan dengan keyword yang sudah diatur
  • Banyaknya persaingan dalam biaya iklan membuat iklan kamu muncul setelah kompetitor
  • Semakin besar budget iklan maka iklan akan semakin diprioritaskan ke yang utama. Ini berakibat persaingan budget dan membuat biaya iklan menjadi lebih mahal.
  • Untuk iklan PPC atau pay per click masih banyak tangan tangan jahil yang sekedar iseng klik iklan yang muncul
  • Harus lebih sering dipantau baik dari statistik iklannya sampai dengan bagaimana dengan ROI dari iklan yang ditayangkan agar tidak rugi
  • Untuk iklan media sosial terkadang pengunjung tidak tertarik dengan iklan sehingga terkadang hanya akan di skip saja tanpa ada proses kelanjutannya

Baca Juga >>> Pengertian ROI dan Rumus ROI (Return on Investment) <<<

Penutup

Itu tadi beberapa keuntungan strategi promosi dengan menggunakan iklan adalah seperti contoh diatas. Kita juga sudah membahas mengenai contoh kerugian yang tetap bisa menghantui proses pemasaran dengan menggunakan media online seperti contoh diatas.

Namun saat ini strategi promosi menggunakan iklan tetaplah yang paling terbaik untuk diterapkan dizaman yang serba online ini. Jadi kapan usaha dan bisnismu mulai online menggunakan strategi promosi iklan online?

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai keuntungan dan kerugian pemasaran online baik dari segi fiturnya maupun secara umumnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Sumber Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *