Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda Yang Fresh Graduate ?

Pertanyaan yang paling sering digunakan pada saat wawancara kerja adalah mengenai “Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda Yang Fresh Graduate ?” Ya perusahaanpun pasti ingin mengetahui bagaimana skill yang kamu punya dan alasan apa yang membuat kamu sampai melamar di perusahaan ini.

kenapa kami harus mempekerjakan anda fresh graduate

Pertanyaan ini untuk menguji seberapa pantas kamu bisa diterima diperusahaan ini dengan skill yang kamu punya. Karena tentunya ada banyak juga yang lebih memiliki pengalaman dan skill yang lebih baik dari kamu. Jadi kamu harus bisa menunjukkan apa sih kemampuan kamu yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Sebenarnya hanya kamu sendiri yang paham mengenai kemampuan yang kamu miliki. Namun ada beberapa tips dan contoh untuk menjawab pertanyaan kenapa kami harus mempekerjakan anda bagi kamu yang seorang fresh graduate.

Sebelumnya kamu juga bisa menulis beberapa skill dan kemampuan yang kamu miliki dalam sebuah catatan. Bisa seperti prestasi yang pernah kamu capai, pengalaman organisasi, pengalaman magang, hard skill atau soft skill juga bisa kamu tulis.

Jadi kamu sudah tahu apa saja pencapaian dan kemampuan kamu yang dapat kamu ceritakan pada saat wawancara kerja berlangsung.

Baca Juga >>> Contoh dan Cara Menawarkan Barang Saat Interview Kerja <<<

Namun ada beberapa tips yang harusnya kamu tidak pakai dalam menjawab pertanyaan kenapa kami harus mempekerjakan anda, seperti :

  • Jangan menjawab jawaban yang hanya untuk keuntungan kamu saja
  • Jangan menjawab “Saya bekerja untuk bisa mencukupi kebutuhan saya”
  • Jangan menjawab “Untuk batu loncatan saya kekarir yang selanjutnya”
  • Jangan menjawab karena perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan besar

Alasan tersebut bukanlah hal yang dicari oleh perusahaan. Karena hampir semua orang yang sedang mencari pekerjaan pastinya karena alasan diatas. Jawaban interview untuk pertanyaan “kenapa kami harus mempekerjakan anda?” haruslah yang bisa saling menguntungkan, terutama menguntungkan bagi perusahaan dengan kemampuan yang kamu miliki.

Jadi coba jualah diri kamu dengan hal hal mengenai apa saja yang kamu bisa dan apa saja yang akan kamu perbuat untuk perusahaan bukan hanya untuk kepentingan pribadi kamu sendiri.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Jawaban Haruslah Bisa Menunjukkan Kemampuan dan Pengalaman Kamu Seperti :

Jika kamu melamar di bagian sales atau marketing :

“Saya memiliki ketertarikan yang lebih untuk posisi sales dan marketing ini, saya memiliki pengalaman dalam membuat suatu event organizer pada saat kuliah sebelumnya dan saya senang bertemu dengan banyak orang dan bisa saling berkomunikasi dengan orang orang baru yang saya jumpai”

“Saya memiliki background pendidikan yang sangat sesuai untuk posisi ini. Saya pernah menjadi partime untuk menjadi seorang SPB disalah satu brand telekomunikasi selama kurang lebih 1 tahun. Dan menurut saya pengalaman partime yang saya miliki bisa dipakai untuk mengisi posisi saat ini yang dibutuhkan”

Jika kamu melamar di posisi akuntansi atau admin :

“Saya sangat terbiasa untuk menggunakan aplikasi microsoft office dan saya memiliki sertifikat untuk membuktikan keahlian saya. Saya bisa membuat pembukuan sederhana dan membuat laporan internal untuk monitoring aktivitas karyawan”

Jika kamu melamar di posisi IT

“Saya memiliki kemampuan pemrograman dengan banyak bahasa program seperti C++, java serta php seperti kualifikasi yang dibutuhkan dari perusahaan ini. Saya pernah menangani project dengan berbagai perusahaan untuk permasalah program IT mereka. Diantara projectnya adalah …. …. “

Baca Juga >>> 7 Jawaban Tujuan Bekerja Saat Interview <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips dalam menjawab kenapa kami harus mempekerjakan anda yang fresh graduate. Kamu bisa mengembangkannya kembali sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Yang paling penting adalah kamu harus mengetahui apa saja keahlian yang kamu miliki dan catatlah. Karena kamu akan ingat apa saja list list yang bisa membantu kamu saat wawancara kerja berlangsung.

  • Catat beberapa list skill yang kamu miliki
  • Tulis pencapaian terbesar kamu disertai dengan bagaimana cara kamu mendapatkannya
  • Tulis juga apa saja kegagalan terbesar yang pernah kamu jalani dan solusi yang kamu gunakan seperti apa
  • Catat pertanyaan apa saja selain “kenapa kami harus mempekerjakan Anda” yang bisa membuat kamu kebingungan agar dilain wawancara kamu sudah lebih siap menghadapinya.

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *