5 Tips Kelemahan Yang Tidak Boleh Disebutkan Pada Saat Interview

Kelemahan Yang Tidak Boleh Disebutkan Pada Saat Interview

Sering kali pada saat interview HRD, Psikolog atau sampai dengan user muncul pertanyaan sebutkan kelemahan kamu. Ada beberapa kelemahan yang tidak boleh disebutkan pada saat interview kerja.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang menjebak dan terkadang menyusahkan beberapa orang dalam menjawabnya. Jika kamu terlalu jujur maka akan merusak reputasimu namun kamu juga tidak boleh berbohong dalam menjawabnya.

Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut?

Berikut kelemahan yang tidak boleh disebutkan pada saat interview kerja berlangsung :

  1. Menyebutkan Kelemahan Untuk Posisi yang Kamu Lamar

Maksudnya adalah kamu mengungkapkan kelemahan diri kamu padahal itu sangat penting bagi posisi yang kamu lamar saat ini. Misalnya adalah :

Kamu melamar untuk posisi Design Grafis dan kamu menjawab kelemahan kamu adalah belum berpengalaman dalam menggunakan aplikasi adobe photoshop.

Atau jika kamu melamar pekerjaan akuntansi atau keuangan namun kamu berkata bahwa kamu masih belajar dalam pembuatan laporan neraca atau masih butuh belajar diposisi ini maka jawaban kamu bisa dibilang agak salah.

Perusahaan ingin mencari seseorang yang ahli untuk posisi yang kosong. Maka jangan sekali kali kamu merendahkan diri atau mengungkapkan bahwa kamu kurang ahli untuk spesifikasi kamu tersebut. Ini merupakan kelemahan yang tidak boleh disebutkan pada saat interview.

  1. Menyebutkan Kelemahan Diri Tanpa Solusi Untuk Mengatasi

Ya !!! ini yang harus kamu lakukan. Jika kamu menyebutkan beberapa kelemahan diri, maka kamu juga harus menyertakan atau menyebutkan solusi dari kelemahanmu saat ini.

Karena kamu menyadari kelemahan kamu, maka kamu harus tahu juga bagaimana cara mendapatkan atau menutupi kelemahan kamu. Contoh :

Saya sering kurang detail dalam beberapa hal. Namun karena saya menyadari itu akhirnya saya membuat beberapa catatan kecil di stickynote agar lebih mudah dalam mengingat hal hal kecil yang terlewatkan.

Jadi setiap kelemahan kamu, harus kamu sertakan juga solusi yang bisa berdampak bahwa kamu memang sadar dan bisa menutupi kelemahan kamu tersebut.

  1. Menyebutkan Jawaban Yang Sering Digunakan

Ada banyak tips menjawab kelemahan dan kelebihan diri di website lainnya. Dan menurut kami, jawaban tersebut sudah terlalu familiar dan sering digunakan.

Sehingga tim pewawancara terdengar sangat sering digunakan dan menganggap kamu hanya mengambil informasi dari website website lainnya. Contohnya :

“Saya pribadi yang perfeksionis. Sehingga terkadang saya sering memperhatikan detail pekerjaan yang membuat itu menjadi lama”

Ini merupakan jawaban yang sudah terlalu sering didengar oleh para interviewer dan terlihat seakan dibuat buat.

Buatlah jawaban yang sangat anti mainstream dan berbeda dari jawaban yang banyak tersebar di internet. Agar pewawancara lebih tertarik dengan jawaban kamu dan tetap memperhatikanmu.

  1. Hindari Jawaban Yang Bisa Mejatuhkanmu

Ada banyak jawaban kelemahan yang tidak boleh disebutkan pada saat interview. Jawaban yang salah justru akan menjatuhkanmu. Contohnya :

Saya terkadang butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru

Tidak ada organisasi atau perusahaan yang mau bekerja dengan orang yang kurang bisa beradaptasi. Terlebih lagi jika kamu merupakan fresh graduate.

“Saya tidak memiliki keahlian tersebut”

Ini seakan akan kamu tidak mau untuk belajar akan ilmu baru yang nantinya kamu dapatkan.

“Saya terkadang tidak bisa ontime disaat saat tertentu”

Perlu kamu ingat bahwa kamu disini akan bekerja dan digaji. Sehingga sangat perlu sekali untuk kamu dalam disiplin kerja terutama untuk masalah waktu yang tidak bisa ditoleransi.

  1. Ragu dan Terlalu Lama Menjawab Pertanyaan Interviewer

Jika kamu akan ada jadwal untuk interview, maka ada baiknya kamu benar benar mempersiapkan beberapa kemungkinan dari pertanyaan yang akan muncul.

Karena terkadang pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri ini sering keluar pada saat tes wawancara berlangsung, maka ada baiknya kamu membuat catatan kecil dan mengingatnya.

Hal ini akan lebih mempermudah kamu dalam menjawab pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri pada saat interview kerja.

Kalau kamu siap maka jawaban kamu akan terdengar lebih spontan dan tidak dibuat buat. Ini menjadi nilai lebih untuk kamu bagi pewawancara.

 

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Itu tadi beberapa tips kelemahan yang tidak boleh disebutkan pada saat interview kerja berlangsung. Kami disini hanya memberikan gambaran atau informasi mengenai bagaimana sih cara menjawab yang baik dan benar. Kamu juga bisa membuat jawaban lain hasil dari modifikasi tips yang kamu sebutkan diatas. Terima kasih semoga sukses untuk kita semua. Amin.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *