Gaji Dokter Spesialis Jantung Di Indonesia

gaji dokter spesialis jantung

Gaji dokter spesialis jantung atau ahli bedah jantung yang angkanya cukup fantastis. Hal ini juga menjadikan dokter spesialis jantung menjadi salah satu gaji dokter tertinggi di dunia.

Pasalnya memang jantung merupakan alat vital manusia dan juga memang jalur pendidikan yang ditempuh untuk menjadi seorang spesialis jantung tidak main main.

Seorang ahli bedah jantung berperan penting dalam mendiagnosis dan melakukan perawatan untuk penyakit jantung. Bahkan profesi ini diharuskan untuk bisa melakukan pembedahan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebelum kita membahas mengenai gaji dokter bedah jantung ini, ada baiknya kamu tahu mengenai informasi lain diluarnya. Seperti tugas dan tanggung jawab dokter jantung, syarat pendidikannya sampai dengan prospek kerjanya.

Gaji Dokter Spesialis Jantung

Jika kamu sampai di artikel ini, maka ada kemungkinan kamu sedang atau akan berniat menjadi seorang dokter jantung atau ahli bedah jantung bukan.

Lalu, berapa penghasilan dokter spesialis jantung ini? sebelum ke arah sana ada baiknya kamu membaca informasi lainnya dibawah ini. Karena tentunya dibalik karir yang gemilang ada usaha dan kerja keras dijalan yang ditempuhnya.

Untuk itu tidak ada salahnya kamu membaca uraian lengkap mengenai profesi dokter spesialis jantung berikut ini.

1. Tugas Dokter Spesialis Jantung

Dokter spesialis jantung biasanya juga menjadi ahli dalah pembuluh darah. Tak heran jika kedua nama ini juga disematkan pada dokter ahli jantung.

Seperti tugas dokter pada umumnya, doket spesialis jantung memiliki peran dalam :

  • Diagnosa penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Mengobati penyakit jantung seperti serangan jantung dan pembuluh darah
  • Pemeriksaan fisik seorang pasien
  • Melakukan perawatan kardiologi
  • Menjalankan operasi bedah jantung seperti penyumbatan katup jantung, gagal jantung dan penyakit jantung serta pembuluh darah lainnya.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Gigi Di Rumah Sakit Swasta, Umum Dan Klinik <<<

2. Pendidikan Dokter Spesialis Jantung

Tentu saja langkah pertama untuk menjadi dokter ahli jantung adalah mendapatkan gelar sarjana kedokteran. Dan masuk ke sekolah perguruan tinggi saja sudah merupakan langkah kompetitif awal kamu.

Pasalnya memang banyak yang tertarik bekerja didunia kesehatan dan menjadi dokter yang pintar pintar. Dan juga masuk di perguruan tinggi yang terbaik memiliki ilmu dan gengsi tersendiri untuk jenjang karir kedepannya.

Untuk sekolah kedokteran ini biasanya kamu membutuhkan waktu selama minimal 4 sampai 7 tahun tergantung dengan proses pembelajaran kamu. 2 tahun pertama pembelajaran materi kuliah dan juga kursus lab. Tahun ke 3 dan 4 sudah masu ke praktik klinis yang akan diawasi oleh dokter berlisensi.

Lulusan ini akan mendapatkan gelar doktor medis atau MD. Dan untuk melanjutkan studi, kamu diwajibkan untuk lulus ujian lisensi.

Untuk bisa menjadi seorang ahli jantung, maka kamu membutuhkan waktu lagi sekitar 6 sampai 8 tahun pembelajaran dan pelatihan lagi. Kamu diwajibkan untuk menyelesaikan residensi selama 5 tahun untuk operasi umum dan 3 tahun untuk operasi jantung.

3. Gaji Dokter Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah

Karena memang biaya perawatan, pengobatan sampai dengan operasi bedah jantung dan pembuluh darah ini mahal. Tak heran juga gaji dokter jantung juga sangat tinggi. Apalahi yang sudah memiliki pengalaman bekerja bertahun tahun dan sudah terkenal bisa lebih tinggi lagi.

Berikut ini adalah rata rata penghasilan dokter ahli jantung dihitung pertahunnya :

  • Dokter ahli jantung : $200.000 – $350.000 pertahun yang mana jika di rupiahkan bisa mencapai 5-6 M pertahun
  • Ahli Bedah Kardiotraks : $ 150.000 – $200.00 pertahun atau Rp 2M sampai 3M

Sehingga gaji dokter bedah perbulan di indonesia bisa mencapai ratusan juta rupiah. Gaji diatas belum dihitung untuk pengalaman kerja dan melakukan pekerjaan panggilan dari rumah sakit lainnya yang membutuhkan penanganan dokter tersebut.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Anak Per Bulan Di Rumah Sakit <<<

4. Prospek Kerja Dokter Ahli Jantung

Kita tahu sendiri penyakit yang paling berbahaya dan juga angka kematian terbesar adalah di masalah jantung. Oleh sebab itu banyak statistik survey yang menyebutkan bahwa untuk profesi ini tentunya akan memiliki permintaan kebutuhan yang tinggi pula mengikuti banyaknya kasus yang ada.

Jadi kamu bisa simpulkan sendiri bagaimana prospek kerja kedepannya.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Spesialis Mata Tugas Dan Profesinya <<<

Penutup

Itu tadi besaran penghasilan gaji dokter spesialis jantung di indonesia untuk rumah sakit swasta dan juga umum. Ini hanyalah survey yang dilakukan oleh lembaga statistik tenaga kerja di AS, jadi ada kemungkinan sesuai dan juga tidaknya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai gaji dokter bedah jantung. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Dan semoga sukses untuk kita bersama.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *