Gaji Dokter Gigi Di Rumah Sakit Swasta, Umum Dan Klinik

gaji dokter gigi

Gaji dokter gigi yang terkadang tidak sesuai dengan perjuangan untuk masuk ke perguruan tinggi dan menjadi dokter. Di internet, sering sekali yang membahas mengenai penghasilan dokter gigi perbulan yang terkadang naik turun dan tidak seperti gaji dokter lainnya.

Pastinya banyak yang mengira dokter gigi merupakan salah satu profesi yang bisa menghasilkan pendapatan yang besar. Namun banyak dokter yang bercerita bahwa ternyata pendapatannya tidak bisa mencapai ke jumlah yang fantastis.

Namun semua itu hanyalah pandangan beberapa orang saja. Kali ini kita akan membahas mengenai rata rata gaji dokter gigi di indonesia baik yang di rumah sakit swasta, umum, puskesmas, klinik sampai dengan yang membuka praktik mandiri.

Gaji Dokter Gigi

Tentunya kita pasti pernah pergi ke dokter gigi bukan. Mereka memiliki tugas dan tanggung jawabnya terhadap kesehatan, pemeriksaan dan juga perawatan gigi dan mulut dari pasien yang datang.

Adapun spesialis dokter gigi dibidang ini seperti ortodonsia, periodonsia, dokter gigi anak dan lain lainnya. Karena ini merupakan profesi pelayanan masyarakat, maka seorang dokter gigi juga dituntut untuk bisa melakukan pelayanan dan menangani pasiennya serta didukung dengan komunikasi yang baik.

Sebelum kita berbicara mengenai gajinya, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu mengenai informasi lainnya. Karena jika kamu sampai pada artikel ini maka ada kemungkinan kamu ingin mendalami profesi satu ini.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Anak Per Bulan Di Rumah Sakit <<<

1. Pendidikan Dokter Gigi

Ada 2 tahapan yang harus kamu jalani, yaitu pendidikan akademi dan juga profesi. Akademik selama 8 semester atau 4 tahun dan pendidikan profesi selama 4 semester atau 2 tahun dengan total 6 tahun.

Setelahnya kamu juga harus mengikuti ujian kompetensi yang dilaksanakan secara nasional dibawah kementrian Ristek dan pendidikan tinggi. Ini merupakan ujian khusus bagi lulusan kedokteran gigi.

Untuk bisa menjadi dokter gigi memang perjalannya cukup panjang dari fakultas kedokteran lainnya. Karena setelah pendidikan selama 6 tahun tersebut, kamu juga harus mengikuti intership selama 1 tahun.

Biasanya kegiatan intership ini dilakukan di puskesmas dan rumah sakit daerah yang terpencil guna pemerataan sumber daya tenaga kerja di indonesia. Belum lagi kamu juga harus menunggu giliran untuk penempatan internship ini.

Belum lagi untuk biaya masuk perkuliahan di fakultas kedokteran gigi ini yang nilainya cukup fantastik.

Biaya masuk kuliah Rp 65-100 Juta, biaya per semester Rp 7-15 Juta tergantung universitasnya. Belum lagi untuk pembelian alat medis guna penggunaan praktikum kuliah yang alatnya juga tidak murah.

2. Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Gigi

Adapun tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang dokter gigi ini. Antar lain adalah :

  • Melakukan pelayanan profesi sesuai dengan SOP dan kebutuhan pasien
  • Diagnosis, perawatan dan pengobatan gigi pasien
  • Merujuk ke dokter gigi spesialis ketika tidak mampu melakukan pemeriksaan kasus tertentu
  • Mengutamakan kepentingan pasien
  • Menjaga rahasia data rekam medis seorang pasien
  • Menjalin kerjasama dengan dokter kesehatan lainnya
  • Meningkatkan kesehatan masyarat sesuai dengan kebutuhannya
  • Bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan gigi pasien.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Spesialis Mata Tugas Dan Profesinya <<<

3. Gaji Dokter Gigi Per Bulan Diberbagai Tempat

Selanjutnya adalah mengenai pendapatan dokter gigi dari berbagai tempat. Tentu saja pendapatannya akan berbeda beda tergantung dari tempat kerjanya. Seperti di rumah sakit, klinik, puskesmas sampai yang sudah menjadi seorang pns.

Berikut ini rata rata penghasilan dokter gigi per bulannya :

  1. Gaji dokter gigi di rumah sakit swasta

Rata rata gaji dokter gigi per bulan menurut data kementrian kesehatan bisa mencapai Rp 12 juta per bulan. Untuk yang sudah spesialis bisa mencapai Rp 30 juta per bulan.

Biasanya rumah sakit akan menerapkan gaji pokok + jasa medis dan juga ada uang kehadiran atau uang duduknya. Namun ada juga yang hanya mendapatkan uang duduk dan juga jasa medis saja tanpa gaji pokok. Hal ini sesuai dengan besaran rumah sakitnya.

Berapa gaji dokter gigi di klinik

  • Pendapatan klinik umum biasanya perabsensi datang kerja. Seharinya berkisar antara Rp 250 ribu sampai dengan Rp 500 ribu tergantung besar dan kecilnya klinik. Pendapatan itu juga untuk sistem kerja 6 hari.
  • Klinik BPJS Kesehatan pendapatannya tergantung dari pasiennya juga. Jika yang datang adalah pasien umum, maka dokter akan mendapatkan cost sharing sebesar 40% dan klinik mendapatkan 60%.
  • Jika yang datang pasien BPJS kesehatan maka pendapatannya biasanya Rp 5 ribu sampai dengan 15 Ribu untuk per pasiennya. Tentunya biaya gaji perabsensi juga lebih kecil dari klik biasanya.

Berapa gaji dokter gigi pns

Sama seperti gaji pns pada umumnya, besaran penghasilan dokter gigi juga tergantung dari pangkat, lama bekerja dan golongannya. Selain itu juga tergantung dari spesialis keahlian yang dimiliki dokter gigi tersebut.

Penghasilan Dokter Gigi Puskesmas

Umumnya memiliki pendapatan sekitar Rp 4 sampai 7 Juta.

Pendapatan Dokter Gigi Mandiri

Tergantung dari banyaknya pasien yang datang serta seringnya buka jam praktek. Karena biasanya dokter gigi yang membuka praktek mandiri hanya bekerja untuk mengisi waktu kosong selain bekerja di rumah sakit atau klinik lainnya.

Namun pendapatan dokter gigi mandiri lebih besar karena hasilnya tidak dibagi dengan instansi lainnya. Menurut pengalaman salah satu dokter mandiri yang membuka jam praktek 3 hari seminggu untuk 3 jam saja besarannya Rp 1.5 sampai dengan Rp 2 juta.

Rata ratanya adalah

Besaran gajinya tentu akan semakin besar tergantung dengan spesialis, jam pengalaman kerja sampai dengan keahlian yang dimilikinya.

Gaji juga bertambah jika dokter tersebut membuka praktik kerja lainnya di rumah sakit atau klinik yang membutuhkan jasanya. Jadi masih tidak terpatok pada 1 sumber pendapatan saja.

Baca Juga >>> Gaji Dokter Spesialis Jantung Di Indonesia <<<

Penutup

Itu tadi besaran gaji dokter gigi yang bisa kami rangkum untuk kalian semua. Jika kamu ingin bekerja sebagai dokter gigi atau spesialis usahakan untuk ikut bekerja sama dengan berbagai klinik, puskesmas dan juga beberapa rumah sakit. Hal ini guna memperbanyak pendapatan yang akan kamu terima.

Terima kasih sudah membaca artikel lengkap kami mengenai standar dan penghasilan dokter gigi perbulan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga sukses untuk kita semua.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *