Fitur Dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Fitur Dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Kali ini tipskerja akan membahas tentang fitur dan fungsi apa saja di perangkat lunak aplikasi perkantoran. Ada banyak aplikasi perangkat lunak perkantoran yang beredar di pasaran saat ini, mulai dari yang berbayar sampai yang open source atau gratis. Semuanya memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama namun juga ada kelebihan dan kelemahannya. Berikut beberapa contoh menerapkan aplikasi perangkat lunak untuk mendukung aktivitas di pekerjaan kantoran.

  1. Aplikasi Perangkat Lunak Pengolah Kata. Ada 3 jenis aplikasi yang bisa menunjang pekerjaan kantor kamu untuk masalah pengolahan kata.
  • Microsoft Word
  • Open Office Word dan
  • Google Doc
  1. Aplikasi Pengolah Data atau Spreadsheet yang bertujuan untuk mengelola data yang akan di tampilkan dengan kolom dan baris tabel dan juga memiliki perhitungan dan penampilan statistik data sehingga bisa dengan cepat menganalisa data data yang banyak. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk kebutuhan akuntasi dan keuangan.
  • Microsoft Excel
  • Open Office Spreadsheet dan
  • Google Sheet
  1. Aplikasi Pembuatan Presentasi. Kegunaanya untuk mempermudah dalam membuat animasi presentasi yang mudah dan cepat yang berguna untuk media pembelajaran atau bahkan untuk promosi.
  • Microsoft Office Powerpoint
  • Open Office Presentation dan
  • Google Slide
  1. Aplikasi Pengolahan Database. Kegunaanya untuk pengolahan data base atau basis data relasional
  • Microsoft Access
  1. Aplikasi Pembuatan Diagram
  • Microsoft Visio

 

Ada juga paket bundling yang menawarkan kepada komsumen semua jenis aplikasi diatas. Sudah termasuk aplikasi pengolahan kata, pengolahan data, pembuatan presentasi, pengolahan database dan diagram. Setiap paket bundling ini ada yang berbayar maupun yang bisa kamu download secara gratis. Berikut daftar aplikasi bundling yang disediakan untuk mempermudah pekerjaan kantor kamu:

  1. Microsoft Office

Dikembangkan oleh Microsoft corporation, Bundling apkilasi ini merupakan yang terlengkap dan memiliki banyak fitur yang di tawarkan serta aplikasi yang selalu update menjadi lebih baik. Namun untuk kekurangannya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Aplikasi yang akan kamu dapatkan seperti :

Microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint, microsoft outlook, microsoft onenote, microsoft publisher dan microsoft access.

  1. Apache Openoffice

Dikembangkan oleh developer apache software foundation yang merupakan developer open source dimana untuk paket bundling aplikasi ini bisa kamu download secara gratis dan bebas digunakan untuk keperluan nonkomersial. Kekurangannya adalah penggunaan memori yang tinggi sehingga akan memakan cukup banyak memori storage kamu. Aplikasi yang akan kamu dapatkan seperti :

Openoffice writer, Openoffice calc, Openoffice impress, Openoffice base, Openoffice Draw dan Openoffice Math.

  1. Libreoffice

Hampir sama dengan openoffice untuk libreoffice ini juga tidak berbayar alias gratis. Dikembangkan oleh developer the document foundation. Untuk kekurangannya pun sama dengan openoffice yaitu sangat tinggi untuk penggunaan memorinya. Aplikasi yang akan kamu dapatkan adalah:

Writer, Calc, Impress, Base, Draw, dan Math.

  1. Google Doc

Aplikasi yang didirikan oleh Google app dan aplikasi ini mampu dijalankan secara online. Sehingga pengguna tidak perlu untuk mendownload dan install aplikasinya namu cukup melakukannya melalui browser secara online. Aplikasi ini juga gratis dengan syarat kamu diharuskan untuk mempunyai akun google. Kelebihan aplikasi ini kamu memungkinkan untuk mengizinkan pengguna lain dalam berkolaborasi untuk membuat dokumen secara bersama sama dan bisa di modifikasi dengan beberapa user sekaligus. Aplikasi yang kamu dapatkan seperti :

Google Doc, Google Spreadsheet, Google Slide, Google Form dan Google Drawing.

  1. Kingsoft Office

Merupakan aplikasi pengembagan dari developer Kingsoft dimana aplikasi ini sangat mendukung untuk di instal dengan berbagai macam sistem operasi baik itu dari windows, linux, android bahkan IOS. Ada 2 jenis versi yang bisa kamu gunakan yaitu berbayar untuk bisnis dan gratis untuk penggunaan personal. Aplikasi yang akan kamu dapatkan adalah WPS office yaitu Word office, Presentation office dan Spreadsheet office.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.