Fakta Software Engineer Dan Progammer Yang Perlu Kamu Ketahui

software engineer adalah

Software Engineer adalah salah satu divisi dalam IT yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal aktivitas engineering khusunya dalam IT seperti analisis, rekayasa perangkat lunak, implementasi IT dan validasi untuk pengembangan produk berupa aplikasi.

Banyak yang mengira bahwa sofware engineer dan progammer merupakan profesi yang sama namun ternyata ada perbedaan dari kedua profesi tersebut.

Ada ilmu tersendiri yang harus dikuasai oleh software engineer yaitu tentang Software Development Life Cycle atau biasa disingkat SDLC. SLDC ini merupakan ilmu untuk pengembangan software aplikasi. Sudah banyak perusahaan yang memerlukan profesi ini khususnya perusahaan yang memang bergerak dibidang IT teknologi.

Seorang software engineer dituntut untuk bisa dan terus belajar upgrade skill sesuai dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat. Maka dari itu banyak perusahaan yang memiliki syarat tinggi untuk dipercaya memegang posisi software engineer dan dibutuhkan pula pengalaman yang cukup.

Tugas Software Engineer adalah :

  • Merancang system analyst data
  • SQA engineering
  • Mengetahui tugas programmer serta membantu dalam proyek software tersebut
  • Merancang dan mendesain metodologi yang bisa diterapkan dalam suatu proyek software development

Skill dan Kemampuan yang diperlukan :

  • Menguasai SDLC (Software Development Life Cycle)
  • Familiar dengan SWEBOK mulai dari design, implementation, testing sampai ke tahapan maintenance
  • Memiliki keahlian berbagai metodologi software development untuk penerapan dalam suatu proyek

Latar Belakang Pendidikan :

D3 atau S1/S2 Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Manajemen Informatika.

Gaji Profesi Software Engineer :

Banyak perusahaan yang akan menggaji profesi ini sesuai dengan pengalaman yang dimiliki. Semakin tinggi pengalamannya maka akan semakin tinggi pula untuk gaji yang didapatkan. Untuk perusahaan startup biasanya akan menggaji diatas Rp 7.000.000 untuk profesi ini dan bisa lebih jika yang merekrut adalah dari perusahaan migas.

Baca Juga >>> Tugas Staf IT Yang Jarang Diketahui Beserta Pengertiannya <<<

Lalu Bagaimana Perbedaan Software Engineer dengan Programmer ?

  • Software engineer lebih memahami konsep pengembangan software dan memahami metodologi yang akan digunakan dalam proyek software development. Sedangkan seorang programmer hanya membuat software tersebut sesuai dengan konsep metodologinya.
  • Programmer hanya sebagai coder atau yang membuat coding program, sedangkan software engineer membuat desain alurnya juga.
  • Programmer merupakan divisi dibawah SE
Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.