Contoh Soal Tes Psikologi BUMN Semen Gresik

contoh soal psikotest semen gresik

 

Kali ini tipskerja akan membahas tentang contoh soal yang akan kamu temukan dalam tes psikologi disalah satu BUMN terbesar di Indonesia yaitu Semen Gresik. Mungkin ini adalah tes psikologi yang akan kamu temukan pada tes psikologi diperusahaan lain juga. Pada tes ini kamu akan menemukan soal mulai dari tes matematika, deret angka, persamaan kata, lawan kata, persamaan bentuk sebuah bidang, hafalan sebuah kata, dan pauli kreplin. Oke kita coba bahas satu satu ya.

  1. Tes Matematika

Ini merupakan tes matematika dasar. Yang kamu butuhkan hanyalah kecepatan berfikir dengan menggunakan logikamu. Kerjakan soal yang kamu rasa paling mudah terlebih dahulu untuk menyingkat waktu. Berikut contoh tesnya.

“Biasanya untuk membangun 1 ruang bangunan akan dibutuhkan waktu 30 hari dengan menggunakan bantuan orang sebanyak 10 orang. Maka pertanyaannya adalah berapa hari 1 ruang bangunan akan selesai jika menggunakan 20 orang untuk mengerjakannya? “

Jawabannya :

30 hari = 10 orang /// x hari = 20 orang

30 . 10 = x . 20

300 = 20 x

X = 15

“Jadi untuk menyelesaikan 1 ruang bangunan menggunakan 20 pekerja adalah 15 hari”

 

  1. Tes Deret Angka

Mungki kamu sudah pernah mengerjakan soal ini pada saat di bangku sekolah dan kuliah. Ini hanyalah mencari angka selanjutnya setelah beberapa angka sebelumnya. Mungkin hasil angkanya bisa ditemukan dengan menambah, mengurangi, mengkalikannya bahkan juga dengan pembagian. Berikut contoh tesnya.

“10 20 30 40 50 …   …” jawabanya adalah 60 dan 70 dengan menambahkan 10 setelahnya

“144 144 48 12 …   …” Jawabannya adalah 2,4 dan 0,4 dengan membanginya awal dibagi 1, angka kedua dibagi 2, angka ketiga dibagi 3, angka kempat dibagi 4, dan seterusnya.

Tetapi ingat jangan terjebak dengan angka angka yang hasilnya didapat dengan 1 kali perkalian atau pembagian. Bisa juga hasilnya merupakan kombinasi dari penjumlahan  perkalian, atau pembagian pengurangan.

Jika waktumu sudah sedikit dan kamu tidak menemukan cara untuk mendapatkan hasilnya kamu bisa menggunakan intuisimu dengan melihat jawaban yang ada dipilihan ganda  pertanyaan dengan sedikit mengira ngira hasil yang mendekati dengan angka angka sebelumnya. Dan jangan terpaku dengan 1 soal saja.

 

  1. Persamaan Kata dan Lawan Kata

Tes ini juga bisa mengecohmu pada saat tes nanti, dikarenakan banyak contoh kata yang jarang kita dengar dan gunakan dalam percakapan sehari hari dan biasanya menggunakan bahasa baku dalam soal ini. Tips dari kita adalah coba belajar bahasa baku dari kamus bahasa indonesia yang baik dan benar. Karena kamu juga akan menemukan bahasa yang sama dan benar tetapi salah dikarenakan kata tersebut bukanlah kata baku.

Contohnya adalah Kata “Rabat”. Menurutmu itu merukapan arti dari apa? Rabat merupakan potongan harga atau diskon dalam arti bahasa baku dalam kamus bahasa indonesia.

Akan ada banyak kata jebakan yang kamu sendiri tidak mengetahui kata kata itu sendiri maknanya seperti apa.

 

  1. Ujian Kemampuan Spasial

Contohnya dari gambar dibawah ini mana yang tidak sama dengan gambar yang lainnya?

contoh tes semen gresik

Tipsnya adalah cepat dalam berfikir dan jangan ragu untuk menjawab dengan cepat. Semakin kamu ragu kamu akan semakin lama dalam berfikir padahal jawabanmu adalah jawaban yang benar.

 

  1. Tes memori

Tes hafalan kali ini kamu akan mendapatkan contoh soal cerita dan beberapa kata yang harus kamu hafalkan dalam beberapa menit sesuai dengan intruksi dari tim HRD.

Tipsnya adalah kamu harus menemukan kata kata penting dalam kata tersebut. Seperti nama, kegiatan yang dia lakukan, tempat, waktu, warna, dan hari. Rangkailah kata kata tersebut dan ubahlah menjadi lagu untuk mengingatnya secara cepat.

 

  1. Tes Pauli dan Kreplin

Pada dasarnya tes ini adalah tes matematika dasar. Kamu hanya harus menjumlahkan tiap angka dan menuliskannya di tengah tengah angka tersebut sebagai jawabannya.

contoh tes pauli semen gresik

Kunci dari tes ini adalah bagaimana kamu menghadapi situasi dan tekanan dalam bekerja. Apakah kamu orang yang stabil terhadap tekanan yang terus menerus ataukah mood kamu atau semangatmu akan naik turun sesuai dengan grafik yang kamu kerjakan.

Usahakan jangan memaksakan 1 deret kamu selesaikan dengan cepat tetapi usahakan untuk terus stabil dalam mengerjakannya. Jangan pedulikan peserta lain dan tetap fokus dengan lembar soalmu sendiri.

 

 

Baca Juga >>> Tips dan Jenis wawancara Kerja <<<

>>> Kenali Passion Kerjamu <<<

>>> Tips Menghadapi FGD (Focus Group Discussion) <<<

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.