Contoh Lampiran Kerja

Contoh Lampiran Kerja

Kali ini tipskerja akan membahas mengenai contoh lampiran kerja pada saat mendaftar lowongan kerja baik online ataupun pada saat jobfair.  Ada beberapa jobseeker yang lupa atau malah salah pada saat mengirimkan lampiran kerja.  Padahal ini merupakan bagian penting pada saat mendaftar suatu lowongan kerja.  Apakah kamu termasuk yang salah dalam mengirimkan lampiran kerja?

Berikut contoh lampiran kerja yang wajib kamu cantumkan dan kirimkan pada saat mengirimkan lamaran kerja ke suatu perusahaan :

  1. Cv ( Curriculum Vitae)

Kamu pasti tahu untuk lampiran kerja yang pertama ini.  Cv ini yang menjadi salah satu yang wajib kamu sertakan pada saat melamar kerja.  Namun ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan kamu untuk mengisi formulir pendaftaran yang mereka punya dan tidak perlu lagi menyertakan CV kamu setelahnya.

  1. Ijazah dan transkip nilai terakhir

Ini juga wajib kamu sertakan dalam lampiran kerja.  Ijazah dan transkip nilai terakhir dari gelar yang paling baru yang kamu miliki ya.  Jika kamu berijazah S2 kamu juga bisa menyertakan ijazah S1 dan S2 mu beserta dengan transkip nilainya.  Jika kamu masih belum lulus kuliah makan kamu bisa mengirimkan surat yang menyatakan bahwa kamu sudah menyelesaikan studi dan keterangan dari kampus di jurusan mu.  Usahakan untuk scan berwarna untuk lampiran ini.

  1. Surat pengalaman kerja

Jika kamu sebelumnya sudah pernah bekerja di suatu perusahaan. Kamu juga bisa menyertakan surat pengalaman kerja ke dalam lamaran kerja mu.  Sebelum kamu menyatakan resign pada pekerjaan sebelumnya,  ada baiknya untuk meminta surat pengalaman kerja atau surat rekomendasi kerja ke perusahaan mu sebelumnya yang menyatakan bahwa kamu pernah bekerja di sana selama jangka waktu tertentu.

  1. Sertifikat TOEFL dan sertifikat prestasi lainnya

Untuk yang satu ini bersifat optional.  Jadi tidak kamu cantumkan juga tidak masalah. Namun ada juga beberapa perusahaan dengan kualifikasinya adalah harus menguasai bahasa Inggris,  maka kamu wajib melampirkan sertifikat TOEFL ini pada saat melamar kerja.

  1. Berkas pendukung lainnya.

Untuk bagian ke 5 ini juga bersifat optional.  Berkas pendukung lainnya seperti sertifikat prestasi,  surat sehat dari dokter atau rumah sakit,  SKCK dari kepolisian,  KTP,  SIM A dan SIM C,  foto diri full body dan surat lamaran kerja.

 

Berikut contoh lampiran yang bisa kamu kirimkan dan menjadi acuan pada saat kamu melamar kerja. Jangan lupa untuk menyertakan posisi yang kamu inginkan di atas formulir pendaftaran atau pada subject email jika kamu mengirimnya melalui email.  Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.