Contoh Format Lembar Absensi Karyawan Harian Manual

By On Thursday, January 23rd, 2020 Categories : Tips Kerja

Ada beberapa perusahaan yang masih memakai lembar absensi karyawan secara manual. Biasanya untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang masih terbilang sedikit. Berikut contoh absensi karyawan harian manual beserta formatnya yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan acuan daftar hadir karyawan.

Untuk absensi karyawan harian secara manual bisa menggunakan alat absensi  mesin ceklok atau absen kartu. Dan lembar absensinyapun bisa dibeli secara terpisah dan sudah terdapat kolom nama, posisi, bulan, hari, serta jam masuk dan jam keluar.

Mesin kartu ceklok absensi manual

Dengan menggunakan alat ini kamu bisa mengontrol jam masuk serta jam keluarnya karyawan karena ketika lembar kartu dimasukkan maka otomatis akan mencatat waktu yang ditentukan. Kartu ini sangat cocok untuk karyawan dengan yang bersifat shifting atau lebih sering keluar masuk kekantor dan kelapangan kerja.

Namun jika tidak menggunakan alat tersebut maka bisa juga untuk menggunakan absensi dengan memberikan tanda tangan atau paraf pada lembar absensi yang dibuat.

Berikut contoh absensi karyawan harian manual menggunakan tanda tangan :

Contoh 1

Contoh 2

contoh absensi karyawan harian manual

Contoh 3 

absensi karyawan harian

Kekurangan absensi karyawan harian manual adalah adanya indikasi tindak kecurangan karyawan karena report bisa diatur sedemikian rupa agar tetap hadir dan absensi. Namun untuk masalah fleksibelitas absensi manual masih sering dipakai untuk karyawan lapangan dan shifting.

Kekurangan lain absensi manual adalah saat diakhir bulan tugas HRD akan lebih banyak untuk cek absensi dari lembar absensi karyawan secara manual juga.

Lain halnya jika perusahaan sudah menggunakan absensi sidik jari dimana data hadir karyawan sudah otomatis masuk dan bisa langsung direport untuk jumlah kehadirannya.

Itu tadi contoh absensi karyawan harian manual yang bisa dijadikan patokan dalam membuat daftar hadir karyawan untuk kerja shifting atau untuk karyawan kantor.

Baca Juga >>> Tips Cara Membuat dan Contoh Daily Activity Karyawan di Perusahaan <<<

 

Contoh Format Lembar Absensi Karyawan Harian Manual | tipskerja | 4.5