Contoh Bisnis Plan Sederhana

Bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis, diperlukan suatu rencana yang matang sebelumnya. Contoh bisnis plan sederhana saja bisa membantu kamu dalam mencapai hasil yang diinginkan kedepannya. Bisnis plan adalah rancangan konsep yang dibuat untuk perencanaan selama jangka waktu tertentu untuk hasil yang diharapkan. Singkatnya sebelum membuat suatu bisnis kamu harus menentukan langkah dan perencanaannya kedepan.

Contoh Bisnis Plan Sederhana

Mungkin banyak yang meremehakan dalam membuat plan bisnis, namun jika kamu sudah menentukan langkah langkahnya maka bisnismu akan menemukan target di tiap langkahnya.

Contoh bisnis plan sederhana

Dalam menentukan bisnis plan terdapat faktor yang mempengaruhi suatu bisnis yang harus anda rencanakan. Berikut adalah tata cara dalam menentukan sebuah bisnis plan sederhana:

  1. Mengetahui Target Pencapaian

Anda harus memahami sebenarnya target apa yang diinginkan pada saat membuat suatu bisnis. Dengan memahami target yang ingin dicapai, maka langkah selanjutnya dapat bisa di analisi kembali. Target ini juga mengacu dengan target pasar dan visi dari bisnis anda sendiri.

  1. Menjabarkan Apa Bisnis Yang Akan Dibuat

Buatlah suatu deskripsi singkat mengenai bisnis tersebut. Kembangkan dengan menganalisa strategi SWOT-nya (Strength, Weekness, Oppoturnity dan Threats)

  • Strength = Mengetahui seberapa besar kekuatan lawan dan kekuatan anda dalam menjalani bisnis ini.
  • Weekness = Menganalisa kelemahan lawan dan kelemahan anda
  • Oppoturnity = Menganalisa kesempatan atau pelung yang diperoleh dari kekuatan dan kelemahan lawan
  • Threats = Mengerti tentang ancaman apa saja yang akan diperoleh dari bisnis anda oleh pesaing.

 

  1. Persiapan Bisnis

Siapkan produk/jasa apa yang akan menjadi senjata anda dalam berbisnis. Utarakan juga mengenai kelebihan dari produk/jasa yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya, baik dari kualitas maupun lainnya.
Hal ini akan mempermudah kamu dalam hal marketing pemasaran produk dan jasa nantinya. Buatlah list daftar mengenai produk apa saja yang akan anda tawarkan kepada konsumen dan pasar. Buat juga target yang akan anda incar pada persiapan bisnis ini, sehingga pada saat produksi akan mempermudah anda menentukan segmentasi pasar yang ingin di capai.

4. Strategi

Setelah anda menganalisis dan mempersiapkan produk/jasa anda, maka tentukan strategi apa yang ingin anda terapkan. Strategi pasar dapat ditentukan dari tinggkah laku dari konsumen. Seberapa berguna atau bermanfaatnya produk/jasa yang anda tawarkan adalah kunci dari strategi tersebut.

Strategi ini ditentukan untuk bagaimana ada akan menjualnya ke pasar dan konsumen. Anda harus mengerti bahwa untuk mendapatkan ikan anda harus mencari kolam yang potensial dan belum banyak persaingannya. Bagaimana ada akan menjualnya secara online atau secara offline dan apa saja yang harus di persiapkan untuk keduanya.

Tentukan juga bagaimana strategi dari pesaing anda dan anda bisa menirunya dengan tambahan modifikasi untuk mengalahkan pesaing.

  1. Analisis Kompetitor

Amati, Tiru dan Modifikasi adalah kunci dalam menganalisis kompetitor. Jika dirasa strategi dari kompetitor bagus untuk pasar konsumenmu, maka tidak ada salahnya jika kamu meniru dengan tambahan modifikasi untuk mengalahkannya. Melalui analisi SWOT kamu bisa lebih mengetahui kelebihan dan kelemahan lawan

  1. Penerapan Rencana

Jika sudah melakukan analisis data dan persiapan produk, maka selanjutnya bagaimana merealisasikan rencanamu menjadi kenyataan. Poin inilah yang penting dalam sebuah bisnis. Jika kamu hanya mempunyai rencana tanpa adanya aksi maka bisnismu hanya ada di imajinasi saja.

Buatlah suatu pola atau target harian tentang apa yang harus anda laksanakan untuk menjalankan bisnis ini. Sehingga di tiap harinya anda sudah melakukan progres yang berkembang hari demi harinya sampai menuju hasil.

  1. Penyusunan Operasional dan Biaya Management

Setelah semuanya berjalan maka anda akan menemukan polanya bagaimana opersional berjalan selama ini. Anda akan menemukan apa yang harus dibenahi dari progres hariannya. Apakah target sudah terlaksana semuanya atau ada yang perlu ditambahkan untuk management anda.

  1. Keuangan

Buatlah rincian kasar mengenai pengeluaran dari bisnis anda yang akan berjalan. Buatlah daftar mengenai kemungkinan pengeluran dan kemungkinan pemasukan agar anda dapat membatasi sejauh mana anda kuat bertahan dalam hal modal bisnis anda.

 

Berikut tadi merupakan contoh bisnis plan sederhana yang wajib anda kerjakan sebelum memulai melangkah dalam dunia bisnis. Lebih baik untuk bisnis plan ini bisa lebih fleksibel dalam perjalanan kedepannya tergantung dari situasi dan kondisi dilapangannya.
Bisnis plan ini akan menjadi acuan anda mengenai tahapan apa saja yang harus dipersiapkan selama jangka waktu yang sudah ditetapkan agar pengambilan keputusan menjadi lebih tepat.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.