Ciri Ciri Penolakan Halus Saat Interview

penolakan halus interview

Pada setiap lamaran kerja kamu juga harus siap dengan penolakan yang diberikan tim HRD atau tim pewawancara yang mungkin dikarenakan skill dan persyaratan lainnya tidak memenuhi standar perusahaan. Lalu bagaimana gambaran penolakan halus interview ? Ada beberapa ciri ciri ditolak interview yang bisa kamu lihat pada saat interview berlangsung.

Meskipun banyak faktor yang membuat kamu ditolak dalam interview, seperti karena ketidaksiapan kamu dalam menjawab pertanyaan, kebutuhan akan posisi kerja tidak sesuai dengan jurusan yang kamu tempuh dan mungkin kesalahan karena tim HRD yang salah menyeleksi kandidat rekrutment.

Namun ada yang perlu kamu ketahui seperti sinyal interview kamu ditolak. Berikut ciri ciri penolakan halus oleh tim interviewer :

  1. Interview Cepat Dan Tidak Bertele Tele

Mungkin ada faktor kalau kandidat yang diwawancara banyak dan sebagainya. Namun jika pewawancara merasa berminat dengan skill kamu maka proses interview akan sedikit lebih lama dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Biasanya ini sering terjadi ketika interview User. Ketika interview HRD biasanya pertanyaannya akan lebih dalam kebagian personal kamu. Namun berbeda dengan interview user, wawancara yang cepat menjadi sinyal utama kalau user tidak berminat dengan skill kamu.

Kamu juga bisa menghitung kandidat pertama berapa waktu yang dibutuhkan ketika interview berlangsung. Dan cobalah bandingkan dengan waktu wawancara yang diberikan kepada kamu apakah perbedaannya terlihat jauh atau lebih cepat.

  1. Tidak Bertanya Tentang Skill

Skill merupakan tolak ukur bagaimana kamu akan bekerja nantinya. Jika pewawancara sama sekali atau sedikit membahas skill yang kamu miliki, mungkin ini menjadi ciri kedua dari kegagalan kamu interview kerja.

Pertanyaan seputar skill akan menjadi titik berat bagaimana nantinya kamu sebagai calon karyawan bekerja dan mengemban tanggung jawab yang diberikan perusahaan. Dan seharusnya perusahaan lebih mencari tahu bagaimana kemampuanmu dalam bekerja.

  1. Respon Yang Tidak Sesuai

Ketika kamu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh user dan direspon secara singkat dan tidak sesuai, maka itu tandanya user tidak ada minat lebih dengan jawaban yang kamu berikan dan siap siaplah untuk melakukan strategi lain dan berikan jawaban yang lebih baik.

Kemungkinan yang paling buruk adalah malah tidak ada respon yang diberikan dan justru interview selesai setelah jawaban kamu berakhir. Jika interviewer sudah melakukan ini maka kemungkinan besar kamu tidak akan lolos ketahapan selanjutnya.

  1. Tidak Menjelaskan Jobdesk Secara Detail

Jika user merasa minat dengan kemampuan kamu, biasanya mereka akan menjelaskan lebih detail tentang jobdesk atau rincian pekerjaan jika kamu bergabung dengan perusahaan ini.

Dan sinyal yang paling parah adalah ketika user sama sekali tidak menyinggung masalah jobdesk pekerjaan dan langsung skip dengan peserta berikutnya.

  1. Kamu Tidak Diberitahu Langkah Selanjutnya

Ketika wawancara sudah berakhir dan kamu tidak diberitahu tentang tahapan selanjutnya atau tidak diberitahu mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk selanjutnya, bisa jadi kamu tidak akan lolos dan proses rekrutment akan berakhir setelahnya.

Semisalnyapun kamu bertanya mengenai tahapan setelah ini kepada HRD atau pewawancara dan dijawab dengan singkat seperti “Nanti akan kami kabarkan secepatnya” ini juga menjadi pertanda kamu tidak lolos.

  1. Tidak Ada Kabar Selanjutnya

Maksimal kamu menunggu adalah selama 2 minggu. Jika dalam waktu 2 minggu kamu tidak ada kabar tentang hasil interview, maka kamu harus bisa move on dan mencari lowongan pekerjaan lainnya.

Seharusnya proses rekruitment berjalan dengan cepat dan maksimal waktunya adalah 1 minggu untuk tiap proses tahapannya. Namun jika sudah lebih dari 2 minggu tidak ada hasil kemungkinan besar kamu gagal pada perusahaan itu.

Ada baiknya jika kamu ingin mencoba untuk follow up terhadap hasil wawancaranya melalui email atau sms telepone.

Baca Juga >>> Tips Cara Menanyakan Hasil Interview Kepada HRD <<<

  1. Membandingkan Dengan Kandidat Lain

Ada beberapa kasus dimana interviewer membandingkan kandidat satu dengan yang lainnya secara langsung kepada kamu. Terlebih lagi jika yang dibandingkan adalah skill dan kemampuan kamu dengan peserta lainnya dan ternyata pandangan mereka lebih condong kepeserta lain daripada kamu.

Ini mungkin tanda yang sangat terang terangan yang diberikan kepada kamu yang mengisyaratkan bahwa kamu tidak lolos tahapan ini.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Itu tadi adalah 7 penolakan halus interview kerja yang diberikan oleh tim HRD atau user direksi perusahaan pada saat proses rekrutment tes kerja. Namun ada baiknya kamu memperbanyak berdoa dan mencoba berfikir positif jika menemukan sinyal sinyal diatas. Berharap saja kalau peserta lainnya juga mengalami hal yang sama dan proses bisa kamu lanjutkan lagi.

Namun jika kamu memang tidak berjodoh dengan perusahaan tersebut, maka cobalah untuk mengevaluasi apa yang kurang dari dirimu dibanding dengan peserta lainnya.

Perbanyaklah pengalaman dan belajar dari pengalaman tersebut. Jika ada pertanyaan yang tidak bisa kamu jawab cobalah untuk menulis dan mencari jawaban terbaiknya sebagai persiapan kalau pertanyaan seperti itu muncul kembali di tes dengan perusahaan lainnya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk kita semua.

pict from Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published.