Cara Menjadi Marketing Pemula Yang Profesional

Cara Menjadi Marketing Pemula

Ilmu markting itu dibentuk, dilatih dan ditempa bukan berdasarkan bakat atau tidaknya seseorang. Ada yang berpendapat bahwa seorang introvet tidak bisa menjadi seorang marketing dikarenakan introvet adalah pribadi yang pendiam dan pemalu. Namun itu salah, marketing bisa dipelajari dan dilatih. Cara menjadi marketing pemula yang baik dan profesional tentunya akan sangat berguna untuk kamu ketahui secara seksama.
Hampir setiap perusahaan dan bisnis memerlukan marketing yang baik dan profesional. Hal ini untuk menunjang perkembangan bisnisnya. Berikut tipskerja akan membagikan beberapa cara menjadi marketing pemula namun bisa berkembang bahkan bisa menyamai dengan marketing yang sudah profesional :

1. Jangan Malu
Kunci yang pertama adalah jangan malu. Jangan berkecil hati dan tidak gengsi dalam memasarkan sebuah produk yang kamu jual. Jika kamu masih memiliki rasa sungkan dan gengsi maka calon konsumenmu tidak akan yakin dengan produk yang kamu jual. Tampilah dengan rasa percaya diri yang positif ketika mempromosikan produk yang kamu bawa dan jual agar konsumen mendapatkan rasa kepercayaan darimu.

2. Mengetahui Produk Dengan Detail
Produk yang kamu pasarkan adalah senjata yang kamu bawa selama ini. Kamu harus mengetahui secara detail tentang kelemahan dan kelebihan dari produk yang kamu pasarkan. Jangan sampai konsumen yang lebih paham dengan produk yang kamu tawarkan. Gali terus informasi yang kamu dapatkan dari konsumen mengenai produk kamu. Dan pelajari kembali dengan baik apa yang menjadikan kamu yakin menjual produkmu ke pasar.

3. Komunikasi
Ada ilmu khusus mengenai cara berkomunikasi yang baik dan bisa mendatangkan sales. Bahasa komunikasi adalah jembatan yang menghubungkan pembeli dan penjual. Belajarlah bagaimana bahasa komunikasi yang terbaik sehingga pembeli bisa menerima penjelasanmu dan akhirnya membeli brand yang kamu bawa.

4. Terus Update Ilmu
Saat ini semua bisnis memiliki kompetitor dan pesaing yang siap kapan saja menjatuhkanmu. Selalu update tentang perkembangan bisnis jaman sekarang dan update tentang kekuatan kompetitormu.

5. Mengenali Customer
Customer adalah raja. Kita harus paham dengan cara berfikir konsumen dan apa yang sebenarnya diingikan oleh konsumen. Jika kamu tahu mengenai kebutuhan konsumen, maka kamu bisa memberikan solusi dari kebutuhan tersebut sehingga terciptalah sales. Lakukan pendekatan terhadap konsumen agar mereka merasa aman dan mempercayaimu. Jangan terlalu terburu dalam bertindak namun pasti.

Baca Juga >>> Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing Yang Perlu Kamu Ketahui <<<

6. Buat Strategi dan Target
Setelah mengetahui pola konsumen dan pasar, buatlah beberapa strategi dan planning kedepannya. Tentukan target yang ingin kamu capai dengan menjalani strategimu. Dengan adanya target maka kerja akan semakin terukur. Jika tidak tercapai, lakukan evaluasi tentang apa saja yang membuat targetmu tidak tercapai lalu buatlah strategi dan target baru.

7. Promosi Yang Efektif
Tentukan strategi promosi yang efektif. Jangan asal membabi buta untuk menyebar promosi marketing secara acak tanpa strategi dan data yang valid. Promosi yang efektif akan meringankan beban pekerjaanmu selanjutnya.

8. Pelayanan Prima
Jika kamu masih pemula dalam marketing, maka gunakan pelayanan yang baik seperti fast response agar menyakinkan konsumen jika brand kamu bisa dilayani dengan cepat dan tanggap. Pelayanan yang cepat akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam membeli produk dan brand kamu.

Baca Juga >>> Contoh Email Marketing Yang Menarik <<<

Berikut diatas merupakan beberapa cara menjadi marketing pemula yang profesional. Dan fungsi dari marketing sendiri adalah terciptanya brand awareness dari produk yang kamu tawarkan. Usahakan untuk mengenalkan terlebih dahulu brand kamu yang nantinya akan berimbas dengan sales produk. Terima kasih sudah membaca artikel dari kami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>> Apa Perbedaan Sales dan Marketing? <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published.