Cara Menghitung Gaji Pembantu Rumah Tangga

cara menghitung gaji pembantu

Cara menghitung gaji pembantu rumah tangga perbulan atau harian. Akibat sibuknya suatu keluarga, maka perlu sekali untuk menyewa jasa pembantu rumah tangga. Saat ini pekerjaan ART ini sudah tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya semakin banyak yang membutuhkan peran dan jasa pembantu di keluarga.

Dan banyak juga yang kesulitan dalam menentukan gaji asisten rumah tangga ini. Takutnya kalau di gaji kecil nanti tidak ada yang ingin bekerja, namun kalau digaji besar takut tidak cukup untuk finansial keluarga.

Nah, berapa gaji asisten rumah tangga ? disini tipskerja akan mencoba untuk menghitung standar gaji pembantu dan beberapa tips lainnya seputar gaji pembantu rumah tangga berikut ini. Simak ulasannya di tipskerja berikut.

Cara Menghitung Gaji Pembantu

Kita juga akan memberikan informasi mengenai undang undang tentang pembantu rumah tangga agar lebih paham mengenai hak dan kewajiban dari asisten rumah tangga ini. Karena sebelumnya banyak yang menyarankan gaji pembantu ini sama dengan gaji buruh pada umumnya sehingga mengikuti UMR.

Ada 2 jenis pembantu berdasarkan jenis jam kerjanya. Yang pertama pembantu pulang pergi dan yang kedua pembantu yang menginap dirumah. Karena keduanya jelas berbeda gajinya karena beda di jam kerjanya.

Disini juga akan membahas mengenai management pemasukan rumah tangga sehingga jika dihitung bisa ketemu berapa gaji pembantu yang bisa kamu siapkan dan pembahasan lainnya. Berikut tipsnya.

1. Gaji Pembantu Berdasarkan Penghasilan Keluarga

Biasana dibutuhkannya pembantu dikarenakan suami dan istri ini saling bekerja. Jadi tidak ada kesempatan untuk mengurus rumah tangga termasuk anak dan orang tua dirumah. Nah disini kita harus menghitus berdasarkan penghasilan keluarga.

Maksimal perhitungan gaji pembantu rumah tangga adalah ¼ gaji dan penghasilan keluarga. Jadi kamu harus menyiapkan ¼ dari gaji kamu perbulannya. Perhitungannya seperti ini.

Misal :

  • Suami yang bekerja dengan gaji Rp 3 juta. Maka perhitungan gaji ART maksimalnya adalah : Rp 3.000.000 x ¼ = Rp 750.000
  • Misal suami dan istri bekerja dengan gaji total Rp 7 Juta. Maka perhitungannya adalah : Rp 7.000.000 x ¼ = Rp 1.750.000
  • Penghasilan 20 Juta maka perhitungannya adalah :
    Rp 20.000.000 x ¼ = Rp 5.000.000 (ini bisa mempunya 2-3 ART tergantung daerah)

Perlu diingat bahwa perhitungan diatas adalah untuk menghitung maksimal gaji ART. Namun jangan pula memberikan gaji maksimal yang bisa kamu miliki. Usahakan untuk mengikuti standar gaji pembantu didaerah.

Misalnya untuk perhitungan maksimal gaji pembantu Rp 5 juta diatas bisa saja untuk 3-4 orang pembantu tergantung masing masing daerahnya masing masing. Atau kamu bisa tetap menggunakan 1 pembantu saja dengan diberikan upah sesuai standar daerah. Misallnya Rp 1,5 juta perbulan.

Lalu bagaimana dengan perhitungan hanya punya dana Rp 750.000 ? apakah ada yang mau bekerja sebagai pembantu dengan dana tersebut? jawabannya ada, kamu bisa menggunakan jasa art dengan dana tersebut namun dengan jobdesk yang lebih ringan.

Misal pembantu hanya datang di pagi hari saja atau sore hari. Jadi hitungannya adalah per jam kerja saja. Dan masih banyak yang mau untuk bekerja sebagai pembantu dengan upah Rp 750.000 namun dengan jobdesk yang terbilang wajar.

Mengapa jumlah penghasilan dibagi 4 untuk menentukan gaji maksimal pembantu? Hal ini untuk tatap menjaga keseimbangan finansial di keluarga. Karena kebutuhan semakin lama semakin naik, maka usahakan untuk gaji pembantu ini maksimal adalah ¼ dari total pendapatan keluarga.

2. Gaji Pembantu Rumah Tangga Pulang Pergi

Seperti namanya artinya pembantu ini tidak menginap di rumah. Jadi hanya datang ke rumah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga lalu pulang. Dan jam kerjanya juga tidak lama atau sesuai dengan ketentuan dari kedua belah pihak antara keluarga dan pembantu.

Besaran gajinya juga menyesuaikan dengan jobdesk dan juga jam kerjanya. Biasanya untuk kerja 8 jam dari pagi sampai sore hari akan berbeda dengan bekerja di pagi hari atau sore saja. Berikut gambarannya :

  • Pagi – sore hari dengan jobdesk lengkap sampai dengan merapat anak biasanya kisaran antara Rp 750 ribu sampai Rp 2 juta sudah termasuk transport. (Bisa berbeda beda tergantung lokasi kota kamu tinggal).
  • Pagi saja atau sore saja dengan jobdesk lengkap kisarannya antara Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta. (Bisa berbeda beda tergantung lokasi kota kamu tinggal).
  • Freelance (Dipanggil ketika butuh bantuan saja) = Rp 100.000 / harinya.

Tentu saja besaran gaji diatas ini tidak bisa dijadikan patokan. Tergantung kota dan juga apakah kamu menggunakan vendor pencari ART atau tidak. Semuanya juga sesuai dengan kesepakatan masing masing pihak.

3. Gaji Pembantu Menginap Di Rumah

Seperti namanya ART ini akan menginap di rumah. Yang otomatis biaya makan, listrik, air kamu yang membiayainya juga. Jika kamu kesusahan dalam mencari pembantu yang bisa menginap maka bisa menggunakan vendor penyalur art yang ada di kota kamu.

  • Rata rata besaran gaji pembantu menginap dirumah adalah :
    Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 2,5 juta tergantung dengan lokasi dan kesepakatan bersama.

Harga diatas biasanya juga sudah termasuk biaya makan, dan lainnya. Kamu juga wajib memberikan THR dan transport pada saat ART pulang kampung.

Perlu diingat adalah kesepakatan jobdesknya harus sesuai dengan awal perjanjian. Karena kita tahu sendiri bahwa pembantu yang menginap ini otomatis dia ada 24 jam dirumah. Namun kamu tidak bisa semena mena menyuruhnya bekerja 24 jam non stop.

Jadi perhatikan mengenai kontrak kerjanya juga. Termasuk jobdesk, jam kerja dan juga kesepakatan gaji lainnya.

4. Undang Undang Tentang Pembantu Rumah Tangga

Untungnya sudah ada undang undang yang menaungi para pembantu rumah tangga ini. Hal ini sudah dikonfirmasi di Konvensi ILO no 189 permenaker no 2 tahun 2015 mengenai perlindungan pekerja rumah tangga.

Berikut isi dari permenaker no 2 tahun 2015 yaitu :

a. Hak Dasar Pekerja Rumah Tangga

  • Pemubukaan Pasal 3 : Promosi dan perlindungan hak asasi manusia seluruh pekerja rumah tangga.
  • Kebebasan berserikat dan pengakuan efektif terhadap perundingan bersama
  • Penghapusan pekerja anak. Penghapusan bentuk kerja paksa atau kerja wajib.
  • Penghapusan diskriminasi dalam pekerjaan.
  • Perlindingan dari penyalahgunaan, pelecehan dan kekerasan.
  • Pasal 7 : PRT harus diberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan kerja melalui kontrak tertulis.

b. Jam Kerja Pekerja Rumah Tangga

  • Mengenai jam kerja normal, kompensasi lembur, masa istirahat harian dan mingguan serta cuti tahunan berbayar.
  • Istirahat mingguan minimal 24 jam kerja.
  • Peraturan jam siaga atau jam kerja yang sesuai ketentuan bersama.

c. Gaji atau Pengupahan

  • Pembayaran dilakukan secara tunai kepada pekerja dan rutin tidak lebih dari satu bulan.
  • Biaya yang dikenakan tidak dipotongkan kepada agen ketenagakerjaan dari upah gaji bulanan.

Baca Juga >>> Cara Menanyakan Gaji Lewat Chat <<<
>>> Gaji Shopee Food Kurir Dan Perkiraan Pengasilannya <<<

Penutup

Itu tadi cara menghitung gaji pembantu baik yang menginap atau yang pulang pergi disesuaikan dengan management keuangan keluarga. Ada baiknya perhitungan ini jika kamu ragu bisa menanyakan kepada rekan, tetangga, teman atau keluarga disekitar kota kamu. Karena biasanya untuk jasa pembantu ada rekomendasi tersendiri dari kenalan ART lainnya dengan asal yang sama.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai gaji asisten rumah tangga ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga sukses untuk kamu semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *