31 Cara Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Pemasaran

cara menggunakan facebook untuk bisnis pemasaran

Cara menggunakan facebook untuk bisnis pemasaran di era digital saat ini. Apa yang pertama kali kamu bayangkan jika masuk ke kata facebook untuk bisnis pemasaran ? Pastinya jawabannya adalah menggunakan iklan facebook ads.

Namun dunia internet marketing tidak melulu soal iklan dan iklan saja. Ada banyak sekali hal hal yang sering kali terlewatkan bagi internet marketer dalam mengoptimalkan marketing di dunia facebook ini.

Jika semua tergantung kepada iklan maka internet marketing akan didominasi oleh perusahaan besar yang memang memiliki budget iklan yang besar pula. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan bisnis pemasaran menggunakan internet marketing facebook dengan budget yang seminimal mungkin itu yang akan kita bahas saat ini.

Dengan pengguna facebook terbanyak didunia, menjadikan facebook sebagai platform media sosial yang digunakan untuk mengelola bisnis dan marketing juga. Saat ini siapa sih yang tidak mengerti facebook atau tidak memiliki akun facebok.

Bahkan untuk sekedar jual beli produk saat ini ditengah gencarnya dunia marketplace masih banyak yang memakai media facebook sebagai media jual beli online.

Tentunya hal inilah yang diincar oleh banyak pebisnis untuk mengembangkan produk dan bisnisnya di bidang internet marketing dan salah satu contoh yang digunakan adalah facebokk marketing.

Lalu banyak juga yang bertanya bagaimana cara pemasaran menggunakan facebook ? Berikut ini beberapa tips dalam mengoptimalkan bisnis pemasaran menggunakan facebook marketing.

Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Pemasaran

Jika pemikiran awal kamu adalah dengan langsung beriklan di facebook ads, maka hal itu salah karena untuk bisa bertahan lama dalam dunia internet marketing maka brand image sangatlah penting. Hal ini juga termasuk bagaimana profile page beserta isinya yang selalu kamu posting di beranda facebookmu.

Jika kamu yakin dengan budget iklan yang kamu miliki maka tidak heran jika kamu langsung terjun ke dalam facebook ads yang nantinya di gabungkan dengan intagram.

Namun kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengoptimalkan facebook untuk bisnis pemasaran dengan budget yang terbilang minim sebelum kita masuk ke facebook ads.

Ada beberapa langkah yang harus kamu terapkan sebelum mencoba beriklan agar saat kamu memulai beriklan maka pengunjung mendapatkan nilai lebih yang akhirnya akan tertarik untuk mendapatkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  1. Membuat Akun Fanspage Facebook

Ini adalah hal yang wajib kamu buat sebelum masuk kelangkah langkah selanjutnya. Daripada menggunakan akun personal, maka ada baiknya untuk membuat fanspage sendiri yang mana sesuai dengan nama bisnis kamu dan apa yang dipasarkan nantinya.

Selain karena tidak ada batasan pengguna yang mengakses page kamu, fanspage juga terlihat lebih profesional dibandingkan dengan akun personal yang mungkin dianggap akun spam oleh sebagaian orang.

Adapun cara membuat page yang menarik adalah sebagai berikut ini :

  • Menamai page kamu dengan nama brand produk kamu yang akan dipasarkan
  • Usahakan untuk tidak terlalu panjang dalam penamaannya. Maksimal 2-3 kata saja dan dipisahkan dengan spasi
  • Persiapkan juga foto profile page, cover, url dan keterang lainnya agar data profile menjadi lengkap
  • Foto profil gunakan logo brand kamu dengan resolusi tinggi
  • Isikan juga about yang menjelaskan company profile atau informasi bisnis yang kamu tawarkan

Jika sudah kita lanjut ke tips berikutnya

  1. Mencari Page Kompetitor Yang Ada di Facebook

Sebelum masuk ke dunia peperangan, ada baiknya untuk kamu melihat isi page dari kompetitor kamu agar tahu apa program kerja atau plan yang akan kamu kerjakan setelahnya.

Ada yang bilang bahwa cara cepat untuk berhasil adalah dengan meniru apa yang sudah efektif dilakukan. Maka dari itu ada baiknya bagi kamu untuk mencoba mencari tahu apa saja yang dilakukan oleh kompetitor yang memiliki bisnis yang sama juga.

Berikut ini hal hal yang kamu curi dari kompetitormu :

  • Masuk ke kolom pencarian, lalu ketikkan sesuai dengan bisnis yang kamu pasarkan. Misal kamu menjual produk olahan kulit, maka kamu bisa mencari dengan kata kunci “Leather craft” lalu pilih fanspage.
  • Kamu bisa abaikan untuk fanspage yang sepi dengan like dan komentar. Fokuskan untuk mencari minimal 5 kompetitor yang siap dibandingkan nantinya. Cari yang memiliki bisnis yang hampir mirip dengan bisnis-mu.
  • Pelajari seperti apa postingan yang ada di fanspage kompetitor
  • Jam berapa biasanya mereka posting
  • Seberapa sering dalam sehari postingan yang diterbitkan
  • Media apa yang mereka gunakan, misal menggunakan foto saja atau disertai dengan video
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh kompetitor yang tidak kamu miliki
  • dll

Ini nantinya akan mempermudah kamu dalam menentukan target market yang nantinya akan digunakan dalam membuat facebook ads.

  1. Menentukan Target Market

Sebenarnya ini sudah harus ada pada saat kamu mendirikan bisnis. Kamu harus tahu target market kamu siapa baik dari segi usia, golongan, gender dan lain lainnya.

Penentuan target market ini yang nantinya sebagai dasar dalam membuat konten yang paling sesuai dengan target audiens kamu. Ini akan lebih efektif nantinya.

Semisal untuk target market remaja maka konten yang akan kamu buat nantinya juga mengandung jiwa remaja dengan menggunakan bahasa gaul atau kontent yang terkesan seru dan mengesankan.

  1. Perencanaan Pembuatan Konten Posting Facebook

Yang selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa merencanakan konten yang nantinya akan di posting di fanspage facebook. Sebagai internet marketing kamu harus bisa menentukan plan atau program kerja yang akan kamu terapkan nantinya.

Jadi perencanaan ini sangatlah penting. Berikut ini beberapa tips dalam membuat postingan yang baik dan efektif :

  • Sehari jangan lebih dari 2 kali untuk posting. Karena akan mempengarungi terhadap engagement atau membuat sedikit like dan komentar
  • Postingan tidak selalu tentang menjual produk atau jasa. Lalukan softselling seperti berisi tips tips yang berguna bagi pembaca
  • Setiap postingan harus saling berkaitan satu sama lain dan memiliki kualitas yang sudah dipikirkan baik dan matang
  • Posting disertai dengan media seperti foto atau video. Hindari postingan hanya berupa teks tanpa media
  • Jika kamu menggunakan video usahakan untuk upload langsung video tersebut dan tidak menaruh link youtube.
  • Ukuran foto lebih baik yang memiliki jenis persegi bukan persegi panjang.
  • Riset jam jam kapan saja orang aktif menggunakan facebook dan berinteraksi dengan konten yang diberikan
  1. Menemukan Grup Populer Dan Sesuai Dengan Bisnis

Ada bagusnya juga untuk mencari grup facebook populer dan yang pasti sesuai dengan bisnis yang kamu kembangkan. Misalnya jika kamu memiliki bisnis property, kamu bisa ikut bergabung kedalam grup seperti jual beli tanah rumah bahkan bergabung di grub sewa kontrakan atau kos kosan.

Temukan grup yang sekiranya bisa dijadikan ajang promosi gratis dan bisa dialihkan kedalam fanspage yang telah kamu bangun sebelumnya.

Cari grup facebook yang sering ada interaksi tanya jawab dengan komunitasnya, membernya aktif berbagai informasi, dan jarang ada spam promosi yang tidak jelas dan tidak sesuai dengan maksud grup yang dibuat.

Jika sudah bergabung dengan grup facebook, langkah pertama jangan langsung promosi menyebarkan iklan produk bisnismu. Kamu harus menerapkan softselling terlebih dahulu agar admin grup tidak mendeteksi bahwa postingan kamu adalah spam.

Kamu bisa berbagi PDF yang berisi tentang manfaat dari bisnis yang kamu kembangkan. Lakukan dengan bertahap dan perlahan saja senatural mungkin.

Baca Juga >>> Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online <<<

  1. Kaitkan Dengan Website Bisnismu

Tentunya kamu sudah memiliki website bukan ? salah langkah jika kamu belum memiliki website namun sudah membangun fanspage. Website juga bisa digunakan untuk menarik visitor untuk like fanspage kamu di facebook.

Jadi saling kaitkan antara website dengan facebook begitu pula sebaliknya. Jadi orang yang membuka fanspage bisa mengunjungi website begitupula untuk sebaliknya.

Hal ini juga berpengaruh ke backlink website kamu agar lebih terpercaya. Usahakan untuk softselling menggunakan facebook dan alihkan ke website untuk hard selling yang lebih lengkapnya.

  1. Fokus Untuk Memperbanyak Like Fanspage

Cara menggunakan facebook untuk bisnis pemasaran selanjutnya adalah untuk memperbesar komunitas fanspage kamu.

Like dalam fanspage seperti seseorang sudah menyetujui untuk follow akun kamu. Jadi coba untuk memfokuskan untuk bisa memperbanyak like fanspage. Cara awalnya mungkin kamu bisa mengundang berbagai teman kamu untuk like fanspage yang kamu buat.

Usahakan untuk mulai undang orang untuk menyukai fanspage kamu ketika didalamnya sudah dirasa cukup profesional dan sudah banyak konten yang bermanfaat. Percuma jika orang orang kamu undang untuk like, namun isi fanspage kamu masih berantakan dan tidak jelas. Jadi membuat orang yang sudah kamu undang berfikir 2 kali untuk klik tombol like.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan plugin dalam website kamu, jadi visitor dari website juga bisa klik tombol like fanspage. Cara ini juga sangat ampuh selain menggunakan iklan facebook ads.

  1. Menggunakan Fitur Penjadwalan Konten

Tadi kita sudah membahas bahwa paling tidak sehari kamu cukup posting paling banyak 2-3 post setiap harinya. Nah jika kamu sudah ada banyak konten yang ingin di posting, maka kamu bisa menggunakan fitur penjadwalan post status konten yang ada di fanspage.

Fitur ini juga sangat membantu jika kamu terlalu sibuk untuk beberapa hari kedapan dan bisa langsung posting status secara otomatis.

  1. Aktif Melakukan Interaksi

Semakin kamu sering berinteraksi dengan fans kita, maka algoritma facebook akan terus meningkatkan fanspage kita sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain ataupun teman dari fans.

Merespon komentar yang ditanggapi memang cukup melelahkan karena jika fanspage sudah memiliki banyak like maka komentarnyapun juga bisa sampai ratusan bahkan ribuan.

Namun hal inilah yang paling disukai oleh mesin facebook yang nantinya akan merekomendasikan kesekitar yang berhubungan dengan fans kita.

  1. Menganalisa Fanspage Untuk Mengetahui Performanya

Jika semua sudah banyak diterapkan maka otomatis sudah banyak pula interaksi yang terjadi pada fanspage kamu. Nah dalam waktu ini saatnya kamu menganalisa bagaimana post yang paling sering mendapatkan like, komentar dan share dalam jumlah yang banyak.

Temukan formula yang tepat sehingga bisa memperbaiki konten yang akan kamu buat nantinya. Mungkin kamu akan merubah gaya copywriting, merubah tema desainnya atau sampai merubah keseluruhan kontennya jika itu memang tidak mendatangkan hasil interaksi.

  1. Lakukan Dengan Konsisten

Dimana mana jika kita konsisten dengan suatu hal maka pasti akan membawa kabar yang baik juga. Termasuk dengan facebook marketing, jika kamu selalu konsistem dalam update konten maka facebook akan menilai bahwa page kamu memiliki nilai yang lebih bagus daripada dengan page yang hanya di update seminggu sekali.

Namun yang terpenting adalah jangan selalu berfokus dengan kontennya saja tanpa melihat salesnya. Usahakan agar seimbang antara konten facebook ads dengan website dan salesnya.

  1. Mulai Beriklan Facebook Ads

Jika semua sudah diupayakan, maka tinggal langkah ini yang bisa kamu kembangkan lagi untuk menjangkau orang orang diluar sana dengan lebih mudah. Namun tetap ingat untuk memikirkan berapa budget yang kamu miliki untuk beriklan.

Banyak kegunaan dari iklan di facebook ads ini seperti :

  • Meningkatkan interaksi konten postingan kita (seperti like, komentar dan share)
  • Menambah jumlah orang yang menyukai fanspage kita
  • Mendatangkan visitor ke website utama kita
  • Menguatkan branding image bisnis kita lebih luas
  • Menambah penjualan produk dan jasa
  • Meningkatkan jumlah konsumen yang tertarget
  • Dan masih banyak lainnya

Dalam beriklan kamu harus tahu terlebih dahulu siapa target market kamu. Dimulai dari usia gender, sampai dengan apa pekerjaannya? apakah orang kantoran, ibu rumah tangga, golongan remaja atau yang sudah berumur lebih dari 30 tahun.

Itulah sebabnya diawal awal kamu harus sudah bisa mengembangkan fanspage ini tanpa beriklan. Karena dari jumlah orang yang menyukai fanspage facebook kamu, maka secara tidak langsung kamu sudah mengetahui siapa saja target market kamu.

Karena jika target marketnya tidak tepat, maka otomatis penggunaan iklan juga menjadi tidak efektif alias merugi dan boncos terus karena salah sasaran.

  1. Lakukan Evaluasi Kembali

Jika iklan sudah muncul selama beberapa bulan, maka coba untuk melakukan evaluasi kembali. Apakah sudah tepat atau belum atau ada yang salah dalam settingan iklannya.

Jika kamu tidak bisa setting iklan bagaimana yang baiknya, sudah banyak pula jasa untuk mengiklankan facebook ads ini. Jadi jasanya hanya membantu bagaimana menemukan pola yang sesuai dengan target market kamu.

Saat ini bahkan sudah muncul tiktok ads sebagai saingan dari facebook ads dan ada juga google ads sebagai pesaing utamanya. Namun untuk google ads ini lebih untuk meningkatkan website bisnis kamu secara langsung.

Baca Juga >>> Keuntungan Strategi Promosi Dengan Menggunakan Iklan Online <<<

Untuk tips dan tutorial lainnya mengenai pemasaran dengan facebook marketing akan kami update terus selanjutnya., jadi di tunggu ya…….

Penutup

Itu tadi bagaimana saja cara cara menggunakan facebook untuk bisnis pemasaran di era digital saat ini. Jangan terburu buru untuk mengiklankan bisnis kamu jika kamu belum mengetahui bagaimana seluk beluk facebook marketing didalamnya. Apalagi bagi kamu yang masih pemula dan baru terjun didalamnya.

Semoga artikel mengenai facebook sebagai bisnis pemasaran ini bisa bermanfaat untuk kamu semua. Semoga berhasil dan selamat mencobanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *