Cara Mengecek Asuransi Mobil Online Dan Mobil Bekas

cara mengecek asuransi mobil bekas

Cara mengecek asuransi mobil bekas sebelum membelinya. Selain mengecek kondisi mobil dan juga kelengkapan surat, melakukan pengecekan pada asuransi mobil adalah hal yang penting untuk dilakukan saat hendak transaksi mobil bekas. Hal ini dikarenakan terkait perlindungan pada mobil tersebut. Oleh karenanya, cara mengecek asuransi mobil wajib untuk dipahami.

Nah, mobil bekas yang memiliki asuransi tentu akan memberikan keuntungan, terutama terkait perawatan. Selain itu, sekilas, asuransi yang dimiliki oleh mobil bekas tersebut nantinya juga bisa menjadi pertimbangan bahwa mobil bekas yang hendak dibeli tersebut berada dalam kondisi prima.

Cara Mengecek Asuransi Mobil Online dan Tips Cek Suransi Mobil Bekas

Anda tentu tidak mau membeli mobil bekas yang repot dengan perbaikan, bukan? Nah, jika dilengkapi dengan asuransi, Anda nantinya akan mendapatkan pertanggungan dari kerusakan yang terjadi pada mobil tersebut.

Ada beberapa hal terkait mengecek asuransi mobil saat bertransaksi. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cara Cek Asuransi Mobil Online

Ada beberapa cara dalam melakukan cek status asuransi mobil online. Tentunya setiap perusahaan asuransi yang baik harus bisa melakukan pengecekan secara online. Jadi kalau asuransi mobil kamu tidak bisa dilakukan cek online, maka ada baiknya untuk mengganti asuransi mobil lainnya yang lebih baik fiturnya.

Nah jika kamu penasaran ingin melakukan cek asuransi mobil, baik mobil kamu atau mobil bekas. Maka kamu bisa menggunakan cara ini. Yaitu :

  • Pertama, tanyakan kepada pemilik menggunakan asuransi apa yang digunakannya.
  • Jika sudah kamu bisa mengunjungi halaman resmi dari produk asuransi tersebut.
  • Atau kamu bisa cek langsung preminya.
  • Di halam ini kamu bisa tahu berapa jumlah premi asuransi yang harus kamu bayarkan tiap bulannya.
  • Minta data data kendaraan seperti, tipe kendaraan, tahun, merek, plat nomor, seri kendaraan serta nomor mesin dan rangka.
  • Tanyakan juga mengenai apakah jenis asuransi yang didaftarkan. Apakah menggunakan all risk atau comprehensive TLO (Total Lost Only)

Perlu kamu ketahui untuk all risk biaya perbaikannya akan lebih luas lagi, untuk kerusakan besar sampai dengan rusak kecil sudah ditanggung asuransi. Namun untuk yang TLO hanya bisa klaim kerusakan sampai 75%.

Kalau kamu membeli mobil bekas, maka tanyakan ke pemilik sebelumnya apakah menggunakan asuransi atau tidak. Setelah itu tanyakan asuransi mana yang digunakannya. Disini kamu bisa meminta untuk cek online jenis asuransinya.

2. Cek Jenis Asuransi

Hal pertama yang sangat penting terkait mengecek asuransi mobil bekas adalah mengetahui jenis dari asuransi yang digunakan. Cara cek status asuransi mobil ni adalah hal yang sangat krusial karena berkaitan dengan perlindungan yang nantinya akan diberikan. Umumnya, asuransi untuk mobil adalah comprehensive atau total loss only.

Mobil bekas dengan asuransi comprehensive tentu akan membuat Anda lebih tenang. Pasalnya, segala jenis klaim akan ditanggung penyedia asuransi. Sedangkan jika mobil menggunakan asuransi total loss only, hanya kerusakan di atas 75% atau kehilangan yang akan mendapatkan pertanggungan.

Tanyakan menggunakan asuransi apa ? jenis asuransinya ? apakah bisa mengecek asuransi mobil online? jika bisa di cek secara online, mungkin bisa dibuka untuk dilihat apa saja klaim yang sudah digunakan.

Pastikan pula kamu sudah mendapatkan data data kendaran, jadi saat mengecek asuransi bisa lebih detail.

3. Perluasan Jaminan Asuransi

Berkaitan dengan cara mengecek asuransi mobil, jangan lupa untuk mencatat dan mengetahui apakah ada perluasan atau tambahan perlindungan yang diajukan oleh pemilik mobil lama. Umumnya, hal tersebut dilakukan untuk menambah benefit yang akan didapatkan.

Dengan tambahan benefit tersebut tentu saja perlindungan yang nantinya didapatkan pun juga akan semakin luas. Hanya saja, perlu digarisbawahi bahwa benefit yang bertambah akan membuat premi juga turut bertambah.

4. Cek Kecocokan Identitas

Saat Anda mengecek asuransi mobil yang hendak dibeli, maka perhatikan dengan saksama detail identitas antara polis, asuransi, STNK dan juga KTP dari pemilik mobil. Ini adalah hal yang sangat krusial dan tentu saja penting.

Pastikan jika tidak ada perbedaan identitas dari beberapa hal tersebut. Perbedaan identitas bisa saja menjadi batu sandungan yang akan mempersulit Anda untuk melakukan pengurusan serta klaim saat diperlukan.

Selain itu, identitas yang tidak sama bisa jadi menjadi sumber tuduhan jika Anda membeli mobil curian. Sangat mengerikan, bukan?

Nah, ada baiknya jika Anda juga menghubungi call center dari asuransi tersebut. Dapatkan informasi lengkap terkait detail asuransi termasuk identitas yang digunakan.

5. Hitung Masa Berlaku Serta Biaya Polis

Asuransi akan berlaku sesuai dengan masa yang dipilih serta biaya polis yang dipilih sebelumnya. Oleh karenanya, saat mengecek asuransi mobil bekas yang hendak dibeli tersebut, cobalah untuk menghitung masa berlaku asuransi serta biaya polis yang harus dibayarkan.

Kedua hal ini sangat penting karena polis asuransi nantinya akan menjadi tanggung jawab Anda seterusnya. Selain itu, pastikan Anda juga mengetahui cara untuk melakukan klaim pada pilihan asuransi yang digunakan agar nantinya Anda tidak terkecoh dan tertipu layanan asuransi sehingga kehilangan hak.

Sebagai tambahan terkait cara mengecek asuransi mobil, pastikan nantinya Anda melakukan balik nama. Langkah ini sangat penting agar Anda tidak repot dalam pengurusan klaim asuransi nantinya. Terlebih, jika ternyata mobil tersebut adalah mobil kredit yang belum lunas.

6. Mengapa Balik Nama Sangat Penting ?

Segala sesuatu yang berusan dengan berkas legalitas, ada baiknya nama sesuai dengan kepemilikannya. Membeli mobil bekas termasuk pilihan yang cerdas, karena harga mobil yang kian merosot. Namun kamu juga harus memastikan balik nama seperti balik nama bpkb dan juga stnk agar berkas bekas menjadi mudah diurus.

Nah ini juga berlaku untuk kepengurusan berkas asuransi mobil. Karena pengajuan asuransi tidak dapat terlaksana jika kepemilikan mobil dengan nama pengurus tidak sama. Dan jika berbeda maka klaim kerugian tidak bisa di cairkan karena beda kepemilikan.

Kalau masih dalam proses balik nama, cara satu satunya adalah dengan menggunakan surat kuasa dari kepemilikan sebelumnya kepada pemilik yang baru. Jadi pastikan segala berkas dalam membeli mobil bekas sudah kamu urus termasuk masalah asuransinya.

7. Minta Dibuatkan Surat Kuasa Pemindahan Kepemilikan

Jika tidak bisa dibuat balik nama, seperti yang sudah kami infokan agar setelah transaksi jual beli mobil untuk dibuatkan surat kuasa pemindahan kepemilikan mobil tersebut.

Selain untuk mengurus berkas seperti bpkb mobil dan juga stnk untuk pajak, ini juga berguna untuk mengurus asuransi guna melanjutkan premi bulanannya.

Surat kuasa ini berisikan bahwa pemilik sebelumnya sudah menyerahkan kepemilikan mobilnya kepada yang baru dengan harga yang sudah ditetapkan. Jadi setelahnya untuk yang berkewajiban membayar premi adalah pemilik yang baru.

Bagaimana Cara Cek Mobil Asuransi Atau Tidak

Jika kamu tidak mengetahui apakah mobil yang kamu gunakan menggunakan asuransi atau tidak. Maka kamu bisa bertanya kepada pemilik sebelumnya apakah mendaftarkan asuransi atau tidak. Namun jika kamu tidak tahu juga, maka kamu bisa cek sendiri ke pusat asuransi mobil yang menyediakan.

Biasanya di kantor asuransi mobil bisa cek apakah mobil tersebut ada asuransi atau tidak. Dan biasanya tiap kantor asuransi bisa tahu mobil ini menggunakan asuran apa.

Baca Juga >>> 6 Cara Mengecek Saldo Prudential Dengan Mudah <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips mengenai cara mengecek asuransi mobil online dan bagaimana membeli mobil bekas. Jika mobil yang kamu beli sudah ada asuransinya, usahakan untuk sekalian dibuatkan surat kuasa untuk pemindahan kepemilikan mobil.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara cek asuransi mobil online dan tips membeli mobil bekas untuk cek asuransinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga sukses untuk kamu semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *