Cara Mengaktifkan Atm Bni Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

cara mengaktifkan atm bni yang sudah lama tidak dipakai

Cara mengaktifkan atm bni yang sudah lama tidak dipakai atau yang biasa disebut dengan rekening pasif (Dormant). Bagi kamu nasabah bank BNI yang sudah lama tidak memakai atau transaksi menggunakan rekening ini, ada baiknya untuk tahu cara mengaktifkan rekening bni yang sudah lama tidak dipakai.

Karena rekening pasif yaitu rekening yang sudah lama tidak dipakai untuk transaksi seperti transfer, pengambilan uang di atm, menerima transferan ke rekening kamu akan dikenakan status pasif atau dormant.

Dan kamu juga harus tahu jangka waktu yang ditetapkan oleh bank BNI ini serta berapa denda dan persyaratannya. Berikut tipskerja akan membahas tuntas mengenai cara mengaktifkan atm bni yang sudah mati atau pasif.

Cara Mengaktifkan Atm Bni Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Seperti yang sudah dijelaskan di website BNI, untuk rekening dormant dikenakan status pasif jika kamu tidak melakukan aktifitas transaksi selama 6 bulan berturut turut.

Denda rekening pasif bni juga akan dikenakan jika saldo minimum, pajak dan bunga jika kamu memiliki rekening pasif.

Berikut akibat dari rekening tabungan yang pasif atau dorman :

  • Tidak bisa penarikan tunai, pemindah bukuan tranfer melalui e channel.
  • Belanja melalui merchant atau EDC
  • Masih bisa menerima transaksi uang masuk, namun tidak merubah status rekening menjadi aktif.

Jika sudah lebih dari 6 bulan maka status rekening kamu akan menjadi dormant. Dan kamu tidak bisa mengambil uang, melakukan transfer juga tidak bisa. Namun jika kamu mengirimkan uang ke rekening tersebut masih bisa dilakukan. Berikut cara yang bisa kamu lakukan :

1. Cara Mengaktifkan Kartu Atm Bni Yang Sudah Lama Tidak Dipakai Melalui Kantor Cabang BNI

Kamu masih bisa mengaktifkan kembali atm BNI yang sudah lama tidak digunakan melalui kantor cabang bank BNI. Syaratnya adalah :

  • Membawa buku tabungan, kartu atm yang sesuai dengan rekening kamu.
  • Membawa identitas diri KTP sesuai dengan kepemilikan rekening.
  • Membawa uang dan Melakukan transaksi setoran sebesar Rp 100.000 via teller

Bawa semua berkas dan uang minimal Rp 100.000 dan langsung datang ke kantor cabang bank BNI terdekat. Kamu bisa bertanya ke satpam bank yang nantinya diarakan menuju ke petugas customer service.

2. Cara Mengaktifkan Atm Bni Yang Sudah Lama Tidak Dipakai Secara Online BNI Call

Kamu bisa cek terlebih dahulu apakah status rekening kamu pasif atau aktif melalui online atau BNI call di 1500046. Kamu bisa tanyakan apakah status rekening kamu dormant atau tidak. Jika sudah tidak aktif kamu bisa bertanya mengenai prosedurnya. Biasanya akan tetap diarahkan ke kantor cabang bank BNI terdekat.

Pertanyaan Lainnya Seputar Rekening Dormant BNI :

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan para pengguna dan nasabah BNI :

  • rekening bni 1 tahun tidak dipakai bagaimana statusnya? Karena jangka waktu minimal rekening dinyatakan pasif atau dormant maka tentu saja jika 1 tahun tidak ada transaksi maka otomatis rekeing akan dinyakan pasif.
  • biaya untuk mengaktifkan kembali rekening bni ? untuk biayanya gratis, namun kamu harus mengaktifkannya dengan melakukan transaksi via teller minimal Rp 100.000
  • cara menutup rekening bni secara online ? ini tidak ada cara onlinenya, jika kamu ingin menarik uangnya terlebih dahulu maka bisa datang ke kantor cabang langsung.
  • masa aktif atm bni jika saldo kosong ? tetap 6 bulan untuk masa aktifnya. Kamu tinggal mengisi via teller saldo yang kosong dan beritahu ke cs untuk mengaktifkannya kembali.
  • rekening pasif masih bisa menerima transfer ? masih, kamu bisa menerima transfer, namun untuk mengambil uang dan transfer atau kirim uang tidak bisa dilakukan. Bahkan untuk menggunakan merchant atau EDC tidak bisa juga.

Baca Juga >>> Perbandingan BCA Sekuritas Vs BNI Sekuritas <<<
>>> Cara Mengetahui Atm Bni Masih Aktif Atau Tidak <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan cara mengaktifkan atm bni yang sudah lama tidak dipakai dengan mudah dan cepat jika kamu memiliki status rekening dormant atau pasif. Coba cek dulu apakah statusmu pasif, jika benar cara satu satunya adalah melakukan aktifasi melalui kantor cabang bank BNI.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara mengaktifkan atm bni yang sudah tidak aktif dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.