Cara Meminta Gaji Yang Sopan Kalau Telat Dibayarkan

cara meminta gaji yang sopan

Cara meminta gaji yang sopan ketika pembayaran upah telat dibayarkan perusahaan. Nah pasti bagi kamu yang seorang karyawan ada kalanya kalau gaji akan telat dibayarkan. Kalau kamu tidak pernah mengalami ini maka bersyukurlah.

Namun bagaimana jika hal ini terjadi di perusahaan atau kantor kamu ? Kita sudah merangkum mengenai cara meminta gaji kepada atasan beserta dengan tips lainnya.

Tenang saja kamu tidak perlu takut atau ragu untuk menananyakan masalah gaji yang telat dibayarkan. Karena ini adalah hak dari karyawan yang sudah menunaikan kewajiban yang diberikan oleh perusahaan.

Jadi kalau kamu masih ragu, maka bisa menggunakan tips berikut ini untuk menanyakan gaji yang belum dibayar. Simak ulasan kami.

Cara Meminta Gaji Yang Sopan

Karena ini adalah hak kamu sebagai karyawan maka jangan ragu ataupun takut untuk menanyakannya. Namun tetap ada aturan dan sopan santunnya ya. Karena bisa jadi ada kesalah pahaman antara perusahaan dan karyawan.

Jadi daripada kamu sudah saling salah paham, kamu harus tahu terlebih dahulu hal hal berikut ini dan juga tips untuk menanyakannya. Untuk contoh kata kata minta gaji ke bos akan kami ulas setelahnya, jadi ada baiknya kamu menerapkan trik dibawah ini dahulu sebelum menanyakan langsung kepada atasan.

1. Cek Sudah Berapa Hari Gaji Telat Dibayarkan

Untuk yang pertama kamu harus tahu kebiasaan dari HRD perusahaan membayar gaji karyawan. Karena biasanya sudah ada ketentuan dari bank yang menangani masalah penggajian karyawan

Misalnya ada contoh perusahaan yang mengirimkan gaji karyawan setiap tanggal 1 namun untuk hari kerja saja. Jadi ketika tanggal 1 bertepatan dengan hari sabtu atau minggu, bisa jadi gaji akan telat dibayarkan menjadi hari senin di minggu depannya.

Atau ada kebiasaan lainnya yang digunakan oleh perusahaan atau kantor. Jika sudah melewati waktu yang ditetapkan nah, kamu bisa lanjut ke tips kedua.

2. Menanyakan Rekan Satu Kantor Lainnya

Jika sudah melebihi waktu yang ditetapkan, ada baiknya kamu bertanya kepada rekan satu kantor atau satu divisi terlebih dahulu. Apakah sama kasusnya atau tidak, karena jika berbeda maka kamu wajib mempertanyakannya.

Karena sistem gaji ada kemungkinan terselip antara satu karyawan dengan lainnya. Atau ada sistem yang eror dari payroll di bank. Jadi ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu kepada rekan satu tim.

Jika kamu baru masuk kerja atau belum satu bulan kerja, ada kemungkinan gaji kamu akan di gabung dengan gaji bulan depan. Nah ini yang harus kamu pertanyakan dan minta kejelasan kepada HRD. Namun kalau ternyata semua karyawan belum gajian, maka kamu bisalanjut ke tips berikutnya.

3. Bertanya Langsung Ke HRD Perusahaan

Jika banyak yang belum menerima gaji, ada baiknya kamu menghimpun atau menyatukan siapa saja yang belum menerima gaji. Nantinya harus ada perwakilan 2/3 orang untuk bertanya kepada HRD terkair.

Ada baiknya untuk tidak langsung bertanya kepada atasan atau bos. Namun kalau kamu sudah akrab dan tidak canggung dengan atasan, maka bisa langsung bertanya kepada bos / atasan dengan cara yang sopan juga tentunya.

Buat jadwal terlebih dahulu dari perwakilan yang belum menerima gaji, kemudian bisa bertemu dengan HRD setelah pekerjaan selesai. Lebih baik bertanya secara tatap muka daripada bertanya melalui chatting.

Pada saat bertemu HRD kamu bisa bertanya mengenai alasan telatnya pembayaran gaji karyawan. Serta tanyakan juga solusinya kapan perkiraan waktu untuk bisa menerima gaji. Jika sudah mendapatkan solusi maka kamu bisa menagihnya kembali sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh hrd.

Namun jika masih tidak kunjung dibayarkan, maka lanjut ke tips berikutnya.

4. Konfirmasi Ke Atasan Menanyakan Gaji Yang Belum Dibayar

Kalau HRD sudah tidak bisa memberikan solusi, kamu bisa langsung bertanya kepada atasan atau bos kamu langsung. Ini juga lakukan dengan tatap muka jangan sampai menanyakan gaji melalui chatting.

Kamu bisa menanyakan pada saat sebelum kerja atau sesudah kerja. Ajak juga rekan kerja yang senasib sebagai saksi. Buat jadwal terlebih dahulu kapan bisa bertemu untuk menanyakan gaji. Untuk kata kata cara meminta gaji kepada atasan bisa kita bahas dibawah nanti.

Pastikan kamu mendapatkan solusi dari atasan. Solusinya berupa alasan kantor telat membayar gaji, dan perkiraan jadwal gaji akan dibayarkan. Jika sudah ada jawaban pasti dari 2 masalah ini. Kamu tinggal menunggu saja, jika masih belum dibayarkan kamu wajib untuk bertemu kembali ke atasan.

5. Tawarkan Win Win Solution Kepada Atasan

Jika tidak mendapatkan solusi kembali, maka kamu harus bisa bernegosiasi kepada atasan dan perusahaan. Berikut ini beberapa negosiasi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan :

  • Meminta untuk dibayarkan gaji setengah terlebih dahulu, sisanya bisa pada tanggal yang sudah dijanjikan.
  • Kompensasi yang dibarikan jika gaji telat dibayarkan kembali. Misalnya bisa meminta kompensasi berupa naik gaji sebagai ganti gaji yang telat dibayarkan. Atau kompensasi lainnya.
  • Usahakan untuk mencari solusi yang bisa saling menguntungkan kedua belah pihak.

Biarkan atasan dan perusahaan yang memikirkan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Jika tidak menemukan solusi dari perusahaan, maka kamu bisa menawarkan untuk cara cara diatas.

6. Meminta Bantuan Kepada Dinas atau Lembaga Terkait

Tenang saja kamu tidaklah sendiri, karena ada beberapa lembaga dan dinas yang terkait yang bisa membantu kamu mengenai masalah ketenagakerjaan. Nah kamu bisa mencari bantuan melaluinya. Perlu diingat lakukan hal ini ketika sudah tidak ada kesepakatan atau solusi yang diberikan oleh perusahaan ya.

Karena jika sudah mencapai cara ini, maka urusannya sudah terkait dengan hukum ketenagakerjaan. Usahakan untuk tidak melakukan mogok kerja dan menghasut karyawan lainnya untuk melakukan demo. Karena demo dan mogok kerja hanya akan mempersulit operasional dan finansial perusahaan.

Kamu bisa bertanya kepada Dinas Tenaga Kerja atau Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

7. Jangan Resign Sebelum Urusan Selesai

Karena jika kamu resign maka itu akan merugikan kamu dan perusahaan berhak untuk tidak memberikan pesangon. Karena pesangon hanya diberikan ketika kamu di phk secara sepihak oleh kantor atau perusahaan.

Usahakan untuk tetap bekerja di perusahaan sampai urusan selesai. Jika lebih parah lagi kamu tetap bekerja namun hanya pekerjaan pokok kamu saja. Yang terburuknya jika perusahaan bangkrut maka harusnya kantor bisa memberikan pesangon.

Cara Meminta Gaji Yang Telat Dan Kata Kata Minta Gaji

Nah berikutnya adalah beberapa contoh kalimat untuk menanyakan gaji. Baik untuk gaji yang telat dibayarkan atau cara meminta gaji kepada bos. Berikut contohnya :

1. Contoh Menanyakan Gaji Yang Belum Dibayar Kepada Atasan

  • Selamat pagi bapak/ibu [nama atasan], saya ingin menanyakan mengenai pembayaran gaji saya untuk bulan ini. Apakah sudah ada info untuk jadwal pembayarannya? Karena sampai saat ini saya belum mendapatkan gaji pembayaran untuk bulan ini. Terima kasih semoga berkenan.
  • Siang pak/bu, saya kemarin sudah membicarakan ini kepada HRD, Namun belum mendapatkan solusi dan kepastiannya. Sekalian saya ketemu bapak untuk menanyakan pembayaran gaji dibulan ini bagaimana ya pak? apakah ada keterlambatan atau masalah lainnya? dan kira kira sampai kapan gaji saya dibayarkan? Terima kasih.
  • Selamat siang pak/bu. Saya ingin menanyakan perihal pembayaran gaji. Apa ada keterlambatan atau hal lainnya ya pak/bu?
  • Pagi/siang/sore/malam pak/bu. Maaf apakah ada masalah dalam pekerjaan saya bulan ini? karena sampai saat ini saya belum mendapatkan gaji pembayaran bulan ini. Terima kasih.

2. Kata Kata Menanyakan Gaji Lewat Chat

Ini tidak kami sarankan, karena menurut kami tidak sopan dan lebih baik untuk bertanya langsung secara tatap muka. Namun jika kamu terpaksa melakukannya melalui chat maka berikut contoh bahasa kalimat yang sopan :

  • Selamat pagi/siang/sore/malam pak/bu. Mohon maaf sebelumnya apakah pembayaran di bulan ini agak terlambat? Karena sampai saat ini saya masih belum menerima gaji bulanan. Dan kalau memang belum sampai kapan perkiraan gaji saya dibayarkan. Terima kasih semoga berkenan.
  • Assalamualikum pak/bu, Maaf mengganggu saya ingin menanyakan untuk masalah gaji bulanan. Sepertinya agak terlambar dibandingkan dengan gaji sebelumnya. Apakah ada masalah keterlambatan atau bagaimana ya pak/bu? Mohon informasinya sekaligus untuk perkiraan tanggal pembayarannya. Terima kasih sebelumnya.

Ini bahasanya hampir sama seperti poin pertama. Kamu bisa menambahkan dan mengurangkan dari contoh yang kami berikan.

3. Cara Pengajuan Kenaikan Gaji Karyawan

Adapun untuk beberapa tips melakukan kenaikan gaji. Diantaranya adalah :

  • Perhatikan terlebih dahulu apakah porsi tugas yang diberikan lebih besar dari jobdesk pekerjaan diawal kontrak?
  • Apakah ada kemungkinan untuk dilakukannya kenaikan gaji? seperti gaji team dengan posisi yang sama berbeda dengan gaji kamu, atau diawal kontrak ada sistem kenaikan gaji diawal tahun dan lainnya.
  • Usahakan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan tim HRD perusahaan.
  • Ajukan pula bukti bukti bahwa kamu berhak untuk mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan pekerjaanmu saat ini.
  • Usahakan di obrolkan terlebih dahulu kemudian bisa membuat surat kenaikan gaji.
  • Jika tidak ada kenaikan gaji, coba mengalihkannya ke penambahan fasilitas karyawan.
  • Cara minta naik gaji kepada atasan ini akan lebih menguntungkan ketika kamu mendapatkan tawaran kerja di perusahaan lain. Jadi perusahaan hanya memiliki 2 opsi, yaitu mempertahankanmu dengan menaikan gaji kamu, atau merelakanmu untuk bergabung dengan perusahaan lain yang gajinya lebih besar dari kantor kamu.

4. Contoh Sindiran Gaji Telat

Mungkin ini terdengar tidak profesional, namun jika semua cara sudah kamu gunakan dan tidak ada tindak lanjut dari management kantor ada baiknya menggunakan sindiran saat bekerja.

Sindiran yang dimaksud adalah ketika kebijakan bertambah namun jika ditanya mengenai masalah gaji perusahaan atau atas terkesan acuh tak acuh. Kamu bisa menggunakan sindiran seperti :

  • Menurunkan kinerja pada tugas yang diberikan.
  • Tidak bersedia untuk lembur kerja.
  • Pulang tepat waktu sesuai dengan kontrak kerja.
  • Selalu menanyakan masalah gaji ketika bertemu dengan atasan atau pada saat meeting.

Namun perlu diingat untuk tidak menyindir melalui media sosial atau internet. Karena saat ini ada pasal UU ITE yang bisa menjerat kamu. Terlebih lagi ketika kamu langsung membeberkan nama instansi atau tempat kerjamu.

Baca Juga >>> Cara Menanyakan Gaji Lewat Chat <<<

Penutup

Itu tadi cara meminta gaji yang sopan dengan atasan kantor atau tempat kamu bekerja. Usahakan untuk selalu mematuhi kontrak kerja yang berlaku meskipun ada gaji yang telat dibayarkan. Dan jangan sampai berlebihan dalam meminta gaji yang telat seperti mogok kerja bahkan sampai demo sekalipun.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara meminta uang gaji yang sopan dan tips lainnya. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencobanya, sukses untuk kamu semua yang membaca website kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.