16 Rekomendasi Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus Dan Artinya

Nama usaha yang bagus dan artinya sangat dicari akhir akhir ini. Terlebih lagi sudah banyak orang yang melek akan bisnis dan usaha namun masih bingung terkendala urusan nama. Karena memang nama ini seperti menentukan nama bayi atau anak kita sendiri yang nantinya diharapkan bisa tumbuh dan berkembang menjadi sumber penghasilan yang bagus.

Karena tujuan yang bagus, maka penamaannya pun juga harus dipertimbangkan dengan baik dimulai dari nama bisnis atau usahanya. Ada banyak arti nama yang bagus untuk usaha yang bisa kamu gunakan. Namun ada beberapa cara memilih nama yang bagus yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu sebelum memilih nama usaha bisnis atau perusahaan.

Konsumen selain mencari produk yang terbaik atau yang sedang banyak dicari ternyata juga terpengaruh dengan nama usaha yang bagus. Dengan nama bisnis yang bagus maka metode pemasaran atau marketingnya bisa lebih mudah dan tingkatkan. Ini semua karena branding utama yang bagus adalah dimulai dari nama yang bagus juga.

Sebelum kita masuk ke cara dan tips trik memilih nama usaha yang bagus beserta artinya. Ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu manfaat menggunakan nama usaha yang bagus.

Manfaat Menggunakan Nama Usaha Yang Bagus

Pemilihan nama usaha yang tepat merupakan keuntungan sendiri ketika akan melakukan branding produk atau bisnis. Mengapa ? karena dengan nama yang tepat maka metode pemasarannyapun jauh lebih mudah dan itu berimbas ke website dan lain lainnya. Nanti kita akan bahas lebih lengkapnya.

Berikut ini berbagai alasan mengapa kamu harus memikirkan nama usaha yang bagus untuk bisnis atau tokomu :

  1. Kemudahan Bagi Google Untuk Mencari Produkmu

Ya memang benar, jika nama usaha yang kamu jalankan bagus dan tepat, maka ini memberikan kemudahan untuk google dalam meng-indeks seluruh isi dari websitemu. Hal ini tentunya jika kamu berfikir untuk menggunakan website sebagai salah satu media dan metode pemasarannya.

Tapi masak hari gini masih belum menggunakan website sih? Untuk pemikiran jangka panjang ada baiknya kamu juga memikirkan bagaimana jika menggunakan metode internet dengan website.

  1. Pelanggan Mudah Mengetahui Produkmu

Ada berbagai produk yang menambahkan kata unik untuk menggambarkan apa yang mereka jual. Seperti nama produk “Kopi kenangan” yang sudah memberikan informasi kepada pelanggannya bahwa produk yang mereka jual seputaran dunia perkopian.

  1. Mudah Diingat

Manfaat yang paling jelas terasa adalah konsumen mudah mengingat nama brand kamu dan apa yang kamu jual. Seperti produk Aqua, dimana pun jika ingin membeli air dalam kemasan pastinya yang diingat hanyalah brand aqua meskipun kamu membeli brand lainnya.

  1. Mudah Diucapkan

Jika nama usaha kamu tepat maka orang orang juga mudah mengucapkannya sehingga lebih mudah diingat seperti poin nomor 3 tadi. Berbeda lagi jika kamu memilih nama yang pengucapannya terlalu ribet seperti menggunakan bahasa prancis spanyol atau bahasa asing yang susah untuk diucapkan.

Jadi ada baiknya untuk menggunakan nama yang simple dan yang paling terpenting mudah untuk diucapkan bahkan untuk lidah orang ndeso sekalipun. haha.

Baca Juga >>> Keuntungan Strategi Promosi Dengan Menggunakan Iklan Online <<<

16 Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus Dan Artinya, Beserta Contoh

Yang paling penting adalah kamu sudah tahu apa produk atau jasa yang ingin kamu jual. Dan juga bagaimana cara kamu mengembangkannya untuk jangka pendek dan jangka panjangnya. Misalnya apakah kamu dikemudian hari ingin merambah ke bisnis lain menggunakan nama bisnis ini atau apakah kamu hanya menjual produk itu saja dimasa depan?

Jadi kenali terlebih dahulu apa produk yang ingin kamu jual saat ini dan jangka panjangnya sehingga penamaannya menjadi lebih mudah.

Namun untuk mempermudahnya kami sudah rangkum cara cara jitu dalam membuat nama nama yang baik untuk usaha. Simak tips berikut ini :

  1. Riset Kompetitor

Misalnya, jika kamu ingin membangun bisnis coffe shop maka coba kamu cari kompetitor kamu dan pelajari nama namanya termasuk bagaimana mereka membranding nama usahanya untuk digunakan metode pemasarannya.

Jadi misal namanya “Dokter Coffee” maka cara branding pemasarannya seolah olah pengunjung yang datang adalah pasien yang sedang membutuhkan kopi.

Perlu diingat nama ini akan terus mempengaruhi cara branding dan metode pemasaran yang akan digunakan seperti apa. Jadi sangat penting untuk memilih nama usaha yang tepat.

  1. Nama Yang Menjadi Ciri Khas Usaha Kamu

Coba cari keunikan apa yang akan kamu jual kepada konsumen nantinya. Contohnya kamu menjual kopi dengan perpaduan buah durian. Maka kamu bisa memasukkan di daftar nama seperti “Kopi Durian” “Durian Kopi” atau hal hal yang sejenis yang mengusung tema keunikan atau ciri dari usahamu.

  1. Pemilihan Nama Berdasarkan Kategori Pelanggan

Ada juga beberapa bisnis yang membuat nama berdasarkan karakteristik dari pelanggan yang mereka incar atau target marketnya. Contoh jika kamu berjualan kosmetik maka tentu saja target market kamu adalah wanita. Maka kamu bisa menggunakan nama yang terkesan lebih feminim dan menggambarkan karakteristik seorang wanita dewasa misalnya.

  1. Penggunaan Nama Satu Kata Yang Tepat

Ada beberapa perusahaan, bisnis dan usaha yang sukses dengan menggunakan 1 nama kata. Hal ini memang tidak terlepas dari masalah budget marketing untuk meningkatkan brand image. Namun untuk bisnis pemula menggunakan 1 kata pada nama usaha atau bisnis tergolong sangatlah berani.

Mengapa? karena untuk meningkatkan brand image diawal mulainya usaha akan lebih susah dibandingkan dengan menggunakan 2 kata nama yang unik. Contoh pada usaha fotografi, menggunakan nama “Anton” saja sangatlah sulit menebak usaha apa yang kita jual. Makanya banyak penggunaan 1 kata nama biasanya dilakukan oleh perusahaan besar seperti “Sony”, “Samsung” dan lain lain.

Jika kamu tidak yakin dengan budgeting marketing atau hal yang bisa menguatkan brand imagemu, maka gunakanlah 2 kata unik untuk memperkuatnya. Contohnya “Anton” menjadi “Anton Photography”.

  1. Coba Buat Perpaduan 2 Kata Unik

Sebagai referensi kamu bisa membuat 2 perpaduan kata unik untuk dijadikan nama bisnis usaha kamu. Agar lebih berkesan dan mudah diingat kamu bisa menggunakan 1 kata yang ingin kamu gunakan dan 1 kata unik yang menggambarkan jenis usaha kamu.

Contoh, kamu memiliki usaha jasa fotografi. Jika kamu ingin memberikan nama sesuai dengan nama kamu maka kamu bisa menambahkan kata unik setelahnya. Seperti “Afgan Photography” atau “Bakpia Tugu”, “Bukalapak”, “Indomaret”dan contoh contoh lainnya.

  1. Menggabungkan 2 Kata Menjadi 1 Kata

Jika kamu merasa 2 kata terlalu menyusahkan, tidak profesional, tidak efisien. Maka kamu bisa menggabungkan 2 kata utama menjadi satu dengan mengambil kata utamanya.

Contohnya : “Tokopedia” ini merupakan gabungan antara kata “Toko” dan “Ensiklopedia” digabung menjadi “Tokopedia”. Masih banyak contoh lainnya yang berasal dari gabungan 2 kata menjadi satu.

  1. Menggabungkan Nama Dengan Angka

Ini bisa kamu lakukan namun jadikan ini menjadi pilihan terakhirmu ya kawan. Memang secara nama mungkin bisa lebih bagus seperti brand yang menggabungkan nama dengan angka “Apotek K24”, “Kedai K24” namun untuk usaha yang nantinya kamu memiliki sebuah website ini tidak bagus.

Mengapa karena penggunaan angka didalam nama alamat domain kurang disukai oleh mesin pencarian google. Sangat disayangkan jika kamu sudah memiliki brand dan membangun website namun tidak disukai oleh google yang membuat website kamu kalah saing dengan kompetitor.

  1. Menggunakan Nama (Orang)

Seperti yang kita bahas tadi diatas. Ini juga bisa dilakukan untuk penggunaan nama pada usaha atau bisnis. Seperti contohnya “Anton Photography” sebelumnya. Penggunaan nama juga bisa membuat orang penasaran seperti apa sih rupa dari pemilik usaha tersebut. Apalagi untuk bisnis kuliner makanan dan minuman seperti “Ayam Geprek Bu Rum” kita dibuat bertanya tanya yang mana sih bu rum tersebut ketika membelinya.

  1. Penggunaan Nama Bahasa Asing

Sudah banyak usaha dan bisnis yang menggunakan bahasa asing untuk menambah gengsi atau agar dilihat semakin berkelas. Contohnya seperti “Brodo Leather & Goods” atau lain lain yang ingin memberikan anggapan lebih bergengsi daripada “Brodo Produk Kulit” Benar kan?

  1. Perhatikan Norma Dan Sopan Santun

Mungkin ini tidak berefek untuk brand clothing yang pernah hits yaitu “Berak” karena memang target marketnya untuk anak anak kalangan muda yang bebas berekspresi.

Namun ada baiknya untuk kamu memberikan nama brand yang tidak menyinggung suatu norma atau tetap santuy bahasa anak jaman sekarang.

  1. Pilih Nama Yang Menjual

Nama yang menjual juga menjadi salah satu hal yang membuat usaha atau bisnis menjadi laris. Lalu bagaimana sih cara menentukan nama tersebut menjual atau tidak? Caranya coba kamu bayankan bisnis atau usaha kamu di iklankan di sebuah televisi swasta.

Lalu pemeran iklannya mengulang ngulangi brand kamu dan menyebutnya terus menerus. Kalau kamu merasa PD ketika nama brand kamu disebut orang lain, maka ada indikasi nama brandmu menjual.

  1. Membuat List Daftar Nama Alternatif

Cara selanjutnya adalah dengan membuat beberapa list daftar nama alternatif yang sekiranya bisa dijadikan nama usaha yang bagus. Jadi coba catatlah beberapa nama lain minimal 5 nama yang terfikirkan olehmu.

  1. Cari Pendapat Orang lain

Jika sudah memiliki list daftar nama, maka cara selanjutnya adalah dengan bertanya kepada orang lain bisa rekan, sahabat, pacar atau orang tua untuk menentukan mana nama yang terbaik.

Diskusikan alasan mengapa lebih tertarik menggunakan nama tersebut dibanding nama nama lain yang ada di list daftar nama tadi. Ini kamu lakukan jika mendirikan usaha sendiri. Namun jika kamu mendirikan usaha bersama temanmu, maka cukup pertimbangkan saja dengan rekanmu.

  1. Cek Apakah Nama Tersebut Sudah Dipakai ?

Coba cari apakah nama yang kamu pilih sudah ada yang pakai atau belum. Cara yang paling mudah adalah dengan mencarinya melalui google. Kamu bisa masukkan nama awalannya terlebih dahulu kemudian nama lengkapnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari klaim hak paten atau hak kekayaan intelektual. Karena jangan sampai masalah nama saja bisa membawamu keranah hukum.

  1. Cek Media Sosial

Sebelum memutuskan untuk menggunakan nama tertentu, maka kamu wajib cek media sosial seperti instagram dan facebook. Jangan lupa pula untuk cek marketplace jika fokus bisnismu adalah produk.

Namun jika kamu membuat nama perusahaan ada baiknya untuk cek linkedin terlebih dahulu. Jangan sampai ketika sudah diputuskan untuk membuat sebuah nama perusahaan, nama tersebut sudah dipakai oleh perusahaan lain.

  1. Tentukan Pula Slogan Yang Tepat

Setelah mendapatkan nama yang bagus untuk usaha, maka ada baiknya disandingkan dengan sebuah slogan yang bagus pula. Meskipun ini bisa dipikirkan belakangan, namun ketika ini disusulkan belakangan maka otomatis kamu harus mengeluarkan tenaga lagi untuk memasarkannya dengan penambahan slogan baru.

Pikirkan sebuah slogan yang bisa dipakai secara beriringan dan sesuai dengan target market kamu. Seluruh perusahaan besar memakai sebuah slogan untuk membantu meningkatkan brand image tentang apa yang ingin mereka jual. Ini bisa kamu tiru juga untuk bisnis usaha kamu.

Baca Juga >>> 31 Cara Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Pemasaran <<<

Penutup

Itu tadi cara memilih nama usaha yang bagus dan artinya diikuti dengan contoh dari berbagai perusahaan dan brand terkenal lainnya. Sebenarnya kami bisa saja langsung menyarankan menggunakan nama nama tertentu yang bisa digunakan untuk nama usaha atau bisnis.

Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengunjung yang masuk ke situs kami maka pastinya nama nama tersebut akan menjadi pasaran dan sudah dipakai oleh usaha bisnis lainnya. Jadi lebih baik kamu yang menentukan sendiri ingin menggunakan nama apa. Karena serunya memulai sebuah bisnis adalah ketika memilih milih nama yang bagus untuk dipakai kedepannya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai arti nama yang bagus untuk usaha dan referensi untuk nama yang paling tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *