Cara Membuat Lowongan Pekerjaan Yang Baik dan Benar

membuat lowongan pekerjaan

Cara Membuat Lowongan Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Jika kamu seorang pebisnis yang membutuhkan bantuan tenaga kerja dan sedang mencari karyawan baru ada baiknya jika membuat lowongan pekerjaan yang baik dan benar agar pelamar kerja tidak salah melamar dan paham mengenai posisi yang dibutuhkan.

Kamu bisa menggunakan bantuan pihak ketiga dengan website pencari lowongan kerja secara online. Adapun cara lain yang tidak berbayar yaitu dengan mengandalkan media sosial sebagai jembatannya. Kamu bisa mensubmit lowongan kerja di grup grup lowongan kerja di facebook. Jika bisnismu mempunyai website, tidak ada salahnya jika mencantumkan form karir di dalam website resmi kamu.

Berikut hal hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat lowongan pekerjaan yang baik dan benar :

  1. Nama dan identitas bisnis yang jelas.

kamu harus mencantumkan nama perusahaan, alamat dan kontak yang jelas tentang bisnis kamu. Ada baiknya jika kamu bisa mendiskripsikan secara detail mengenai perusahaan kamu bergerak dibidang apa agar pelamar tidak bingung dan bisa tepat sasaran.

  1. Posisi yang akan ditawarkan

Setelah diskripsi singkat perusahaan, maka selanjutnya adalah posisi yang akan kamu tawarkan. Gunakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Jangan gunakan nama posisi yang jarang orang mengetahuinya.

  1. Kualifikasi yang diinginkan

Tuliskan tugas dan tanggung jawab posisi yang ditawarkan dan sertakan kualifikasi yang jelas untuk posisi tersebut seperti minimal pendidikan, dan syarat pelengkap lainnya. Jangan menggunakan syarat yang memberatkan bagi para pelamar.

  1. Tata cara pengiriman surat lamaran

Jika kamu menggunakan email sebagai perantara surat lamaran maka unakan format email yang benar jika lamaran dikirimkan secara online. Seperti :

Subject format : Lamaran kerja PT …. – Posisi yang dilamar

Jika dikirimkan dengan hardcopy maka cantumkan alamat detail dari kantor kamu.

  1. Gaji (optional)

Mencantumkan gaji pada lowongan kerja juga bisa kamu lakukan. Hal ini  akan membuat pelamar yang datang lebih tertarget lagi dan sudah siap untuk gaji yang kamu sertakan. Ini akan memperjelas tentang kebutuhan pelamar mempercepat kamu dalam memilih calon karyawan yang sudah siap dengan kondisi perusahaan.

Atau jika tidak mencantumkan gaji, kamu juga bisa mencantumkan benefit yang akan didapatkan jika berkarir bersama dengan perusahaan kamu.

 

Berikut contoh cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik :

PT ……………..

Merupakan perusahaan di bidang pemasaran IT yang berlokasi di Yogyakarta. Kami sedang membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi beberapa posisi seperti berikut :

 

1. IT Analyst

2. Marketing IT

 

Tanggung Jawab : Bekerja sesuai dengan target yang sudah ditetapkan dan melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya masing masing.

 

Kualifikasi :

1. Pria / Wanita

2. Minimal S1 komputer atau teknik informatika

3. Mampu bekerja dengan tim

4. Mengerti mengenai komputer khususnya di bidang jaringan dan pemrograman HTML

5. Jujur dan bertanggung jawab dengan target yang telah ditetapkan

6. Usia maksimal 30 tahun.

 

Benefit :

1. Jenjang karir yang jelas

2. Gaji diatas UMR Kota Yogyakarta

3. Perhitungan Bonus yang sesuai dengan kinerja

4. BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan

 

Kirim lamaran pekerjaan kamu melalui email dibawah ini dengan format subject : Lamaran kerja – posisi ke sumberdayaagung@gmail.com

Sebelum tanggal ………..

 

Kunjungi website kami untuk lebih jelasnya melalui

PT……………

Alamat ……………….

Telpon …………………

 

Contoh diatas bisa kamu gunakan untuk acuan dalam membuat lowongan pekerjaan yang benar. Kamu juga bisa mempromosikan lowongan pekerjaan kamu melalui website ini. Kamu bisa menghubungi admin kami melalui email di contact us yang tersedia di website.

Terima kasih.

Baca Juga >>> Tugas Dan Tanggung Jawab Hrd <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published.