13 Cara Membersihkan HP dari Bakteri, Kuman dan Virus

Menurut penelitian, ternyata bakteri kuman dan virus yang paling banyak terdapat di HP atau ponsel. Hal ini disebabkan karena kebiasaan kita membawa handphone ke mana saja seperti  membawa handphone ke kamar mandi, interaksi dengan orang lain saat dipinjam, ataupun karena tangan kita sendiri yang kotor kemudian memegang HP kita sendiri.  Berikut ini cara membersihkan HP dari bakteri kuman serta virus yang mengancam.

Cara Membersihkan HP dari Bakteri

Maraknya virus Corona membuat kita harus mencegahnya sebaik mungkin satunya dengan selalu membersihkan hp setelah dipakai di luar maupun jika terasa sudah terlalu kotor. ada suatu penelitian yang mengatakan bahwa Handphone memiliki jumlah bakteri yang lebih banyak daripada pegangan pintu kamar mandi di toilet umum.

Banyak orang yang yang jarang membersihkan handphonenya dikarenakan takut merusak  kerja di dalamnya.  namun sekarang kami akan memberitahukan informasi dan tips cara cara membersihkan hp secara alami dan tidak merusak handphone dan terbebas dari virus dan kuman.

Berikut ini cara membersihkan hp bakteri kuman dan virus yang baik dan benar :

Bahan yang diperlukan :

  • Kain lap microviber tanpa serat (Disarankan tidak menggunakan tisu. Bisa menggunakan kain pembersih kacamata)
  • Kapas, bisa kapas kecantikan atau kapas yang tidak mengandung pemutih
  • Air bersih (lebih baik menggunakan air mineral)
  • Minyak kayu putih
  • Alkohol atau disinfektan yang berguna untuk membersihkan dengan menyeluruh dan membunuh kuman virus dan bakteri
  • Screen guard baru.

 

Cara membersihkannya adalah :

  1. Sebelum dibersihkan HP / ponsel wajib dinonaktifkan
  2. Lepas pelindung HP seperti screen guard, silicon case atau lainnya agar perlindungan lebih maksimal.
  3. Bersihkan seluruh permukan HP dengan menggunakan kapas dengan dibasahi dengan alkohol terlebih dahulu namun tidak sampai terlalu basah. Gosok secara perlahan.
  4. Gosok area lensa kamera dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi sedikit alkohol dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan satu sisi kemudian lap dengan kain.
  5. Kamu bisa gunakan cotton bud untuk menjangkau area area yang sempit seperti lubang jack atau lubang usb. Gosok secara perlahan agar tidak mengikis lapisan tembaga dari hp tersebut.
  6. Gunakan air mineral untuk membersihkan area yang membandel jika terdapat noda noda secara perlahan.
  7. Keringkan dengan cepat area yang sudah dibasahi dan dibersihkan dengan menggunakan kain lap.
  8. Gunakan kain lap lainnya kemudian bisa dicepulkan ke disenfektan atau alkohol sedikit saja lalu bersihkan area layar dengan menyeluruh dengan gerakan satu arah saja. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kuman dan bakteri menyebar kesisi lain.
  9. Jika layar ponsel kamu retak, maka kamu bisa membersihkannya dengan lap kering dan tidak basah agar menghindari air masuk kecelah celah layar.
  10. Gunakan sedikit alkohol kearea bazel besi yang terdapat di handphone.
  11. Diamkan beberapa saat sampai kondisi HP kering.
  12. Pasang screen guard baru diatas layar yang sudah bersih kemudian lap kembali..
  13. Kamu juga bisa membersihkan case hp yang kamu pakai dengan menggunakan minyak kayu putih agar noda noda membandel bisa cepat hilang lalu keringkan kembali.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk cara membersihkan HP dari bakteri dan kuman terutama virus yang sedang melanda didunia ini. Usahakan untuk sering merawat kesehatan Handphone kamu dengan sering memmbersihkan layar HP dengan menggunakan tips diatas.

Baca Juga >>> Baca Yuk Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja <<<

Seringlah ganti layar protektor meskipun tidak retak sekalipun karena meskipun terlihat bersih namun bakteri dan kuman tidak bisa dilihat kasat mata. Jangan sering sering membawa handphone kedalam toilet dan jangan lupa cuci tangan setelah menggunakan hp pada saat mau makan dan minum.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *