Cara Membeli Kacamata Dengan BPJS Kesehatan

cara membeli kacamata dengan bpjs

Cara membeli kacamata dengan BPJS Kesehatan dengan mudah dan sesuai prosedur yang berlaku. Bagi kamu yang mengikuti iuran BPJS Kesehatan wajib tahu mengenai penggunaan membeli kacamata dengan BPJS.

Jadi kamu yang menggunakan kacamata bisa klaim pembelian kacamata menggunakan BPJS kesehatan. Karena ini masih ditanggung oleh BPJS bagi kacamata rabun dan bisa didapatkan dengan beberapa prosedur singkat ini.

Cara beli kacamata pakai bpjs ini syarat umumnya adalah bagi peserta bpjs rabun dan bukan untuk kacamata gaul. Namun ada batasan harga subsidi yang diberikan sesuai dengan pendaftaran peserta BPJS kamu di kelas apa. Tapi menurut kami tetap lumayan dapat potongan harga untuk membeli kacamata.

Bagaimana cara membeli kacamata menggunakan bpjs ini ? Simak tips dan ulasan kami berikut ini:

Cara Membeli Kacamata Dengan BPJS

Karena memang sudah mendapatkan jatahnya, maka lebih baik kamu menggunakannya dengan baik. Tapi tetap saja harus untuk penggunaan kacamata minus atau plus saja. Tidak bisa untuk digunakan membeli kacamata estetika atau kacamata gaul.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai cara membeli kacamata minus dengan bpjs kesehatan diantaranya adalah :

1. Syarat Membeli Kacamata Dengan BPJS

Berikut ini syarat beli kacamata dengan bpjs yang wajib kamu ketahui :

a. Subsidi BPJS Untuk Kacamata

Karena hitungannya adalah subsidi, maka ada pemotongan harga dari jumlah pembelian kacamata kamu. Dan jumlah subsidinya juga ditentukan oleh kelas peserta yang sudah didaftarkan. Berikut ini jumlah subsidi yang diterima untuk berbagai kelas :

  • Kacamata bpjs kelas 1 = Subsidi sebesar Rp 300 ribu
  • Kelas II = Subsidi sebesar Rp 200 ribu
  • Dan Kelas III = Subsidi sebesar Rp 150 ribu.

b. Klaim Kacamata Bpjs Berapa Tahun Sekali

Dan ada aturan juga mengenai penggunaan klaim kacamata BPJS ini. Peserta tidak bisa menggunakan untuk pembelian kaacamata untuk sepanjang waktu di beberapa tahun.

Untuk klain kacamata BPJS ini, peserta hanya bisa membeli atau klaim kacamata setiap dua tahun sekali saja untuk per anggota peserta. Jadi kamu tidak bisa menggunakan klaim kacamata setiap tahunnya dan harus menunggu di tahun berikutnya lagi.

Gunakan kacamata dengan hati hati, karena jika rusak maka tidak akan mendapatkan subsidi sampai dengan 2 tahun kedepan untuk lensa kacamata.

Sedangkan untuk pergantian frame atau bingkai kacamata maksimal 1 kali dalam 3 tahun saja. Jadi kamu harus tahu hal tersebut.

c. Ukuran Lensa Yang Diperkenankan Klaim BPJS Kesehatan

Ada juga ukuran lensa yang bisa ditanggung oleh BPJS yaitu :

  • Lensa Spheris, dengan minimal ukuran 0,5 dioptri
  • Silindris, dengan minimal ukuran 0,25 dioptri

2. Prosedur Membeli Kacamata Dengan Bpjs

Langkah untuk mendapatkan klaim jatah kacamata BPJS ini juga harus kamu perhatikan. Diantaranya:

a. Datang Ke Faskes 1 Sesuai Dengan Yang Tertera Di Kartu

Bagi kamu yang sering mengklaim BPJS kesehatan tentunya sudah tahu mengenai langkah ini. Yaitu kamu harus datang ke Faskes 1  (Fasilitas Kesehatan 1) sesuai dengan yang sudah tertera di kartu peserta kamu.

Jangan lupa untuk membawa KTP asli, dan juga kartu BPJS asli beserta fotokopiannya. Disini kamu harus meminta surat rujukan (surat eligibilitas) ke dokter spesialis mata atau klinik yang di rekomendasikan.

b. Mengunjungi Dokter Spesialis Mata Atau Klinik

Jika sudah, kamu bisa kunjungi dokter spesialis mata atau klinik yang telah ditentukan pada faskes 1. Disini kamu juga akan melakukan pemeriksaan mata. Kemudian dokter mata tersebut akan memberikan resep yang sesuai dengan penggunaan mata kamu. Resep inilah yang digunakan untuk membeli kacamata.

c. Legalisasi Resep Dokter Spesialis Mata

Jika sudah mendapatkan resep dari dokete mata, jangan langsung membelinya. Karena jika kamu langsung membelinya dan klaim setelahnya maka kamu tidak akan mendapatkan subsidi bpjs ini.

Maka kamu wajib untuk melegalisasi resep dokter ini ke loket BPJS Kesehatan terdepat yang ada di kota kamu. Pastikan untuk meminta tanda cap di kantor BPJS. Tanya juga optik mana saja yang bekerjasama dengan BPJS di kota kamu.

d. Kunjungi Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS Kesehatan

Jika resep sudah dilegalisasi di kantor BPJS, maka kamu bisa membawanya ke optik terdekat yang sudah memiliki kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jangan lupa untuk membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan, surat rujukan faskes 1 dan juga resep dokter yang sudah di legalisasi.

Plih frame kacamata yang sesuai dengan kamu, dan berikan resep dokter tadi agar bisa menyesuaikan dengan lensa kacamata. Subsidi ini sesuai dengan kelas yang kamu ikuti dan besarannya seperti contoh diatas tadi.

e. Jika Harga Kacamata Melebihi Harga Subsidi

Tenang saja jika harga kacamata melebihi besaran subsidi yang diberikan, maka kamu bisa membayarnya sendiri sesuai dengan sisa harganya. Jadi kamu bisa mendapatkan potongan harga dan sisanya menggunakan biaya sendiri.

Dan jika harganya dibawah dari jumlah subsidi tersebut, maka akan langsung mendapatkan kembalian dari pembelian.

3. Pengalaman Beli Kacamata Pakai Bpjs Serta Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Jika kamu sudah membaca artikel berikut ini, namun masih ragu mengenai prosedurnya. Maka coba untuk bertanya ke rekan, saudara atau teman yang pernah menggunakan klaim kacamata BPJS.

Dan kalau kamu tidak punya relasi yang memiliki pengalaman klaim kacamata tidak masalah karena nanti akan di bimbing oleh pihak BPJS. Kamu juga bisa bertanya ke bpjs terlebih dahulu

  • Facebook dengan nama @BPJSKesehatanRI,
  • Twitter dengan nama @BPJSKesehatanRI,
  • Instagram dengan nama @bpjskesehatan_ri
  • Email : ke wbs@bpjs-kesehatan.go.id.
  • Care Center di nomor 1500 400
  • Whatsapp di nomor 08118750400
  • Telegram di alamat https://t.me/BPJSKes_bot

Jika sudah yakin dengan informasi yang kamu dapatkan bisa langsung mencobanya. Jangan lupa untuk bertanya ke bagian faskes pertama untuk tanya tanya prosedurnya apakah berbeda atau sama seperti yang kami contohkan.

Lalu, ada yang bilang kacamata baca tidak ditanggung bpjs ? apakah ini benar ? jawabannya adalah kamu harus konsultasikan terlebih dahulu di faskes 1. Disini kamu bisa menanyakan untuk kacamata baca apakah bisa di klaim.

Dan nantinya kamu juga bisa bertanya keluhan kamu kenapa. Sampaikan juga ke dokter spesialis mata mengenai apakah kamu butuh kacamata baca atau tidak. Karena dokter yang tahu mengenai resep apa yang diperlukan bagi mata kamu.

Apakah optik melawai menerima bpjs ? sayangnya untuk optik melawai yang melayani BPJS hanya berlaku di Optik Melawai cabang Slipi Jaya Jakarta Barat saja. Jadi di cabang lain dikota lain tidak bisa.

Baca Juga >>> 7 Cara Mengecek BPJS Kesehatan Penerima Upah <<<
>>> Cara Aktifkan Bpjs Kesehatan Nonaktif Karena Premi <<<

Penutup

Itu tadi cara membeli kacamata dengan bpjs kesehatan mudah dan cepat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jadi kamu bisa mengira ngira kapan waktu yang pas untuk mengganti kacamata. Dan karena subsidi yang diberikan terbilang lumayan, maka kamu bisa menggunakan cara diatas.

Perlu diingat mengenai tempat faskes 1 kamu terdaftar dimana dan waktu penggunaan kacamata kapan habisnya. Jadi kamu bisa tahu kapan harus menggantinya lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara beli kacamata pakai bpjs diatas. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencobanya. Semoga sukses untuk kamu semua.

cara membeli kacamata dengan bpjs
Next Post

No more post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *