Cara Jitu Menjadi Marketing Properti Secara Online

Cara jitu marketing properti menggunakan digital marketing adalah sebuah keharusan diera teknologi saat ini. Mau tidak mau semua cara marketing saat ini harus bisa menyesuaikan dengan era digital agar tidak ketinggalan dengan kompetitor.

Hal ini juga tidak terkecuali untuk bisnis properti yang harus menggunakan digital marketing atau secara online untuk melakukan pemasaran bisnisnya.

Mengapa menggunakan strategi marketing secara online? karena lebih efisien dan efektif dalam penerapannya. Menggunakan digital marketing akan lebih tertarget  untuk mendapatkan calon pembeli properti.

Selain itu penggunaan digital marketing lebih murah daripada menggunakan pemasaran secara offline. Hal ini bukan berarti marketing online lebih baik dari offline, cuman dari segi efisiensi marketing online lebih menjangkau konsumen secara luas dibanding dengan offline.

Lalu apa saja langkah langkah yang harus diterapkan ? Kali ini tipskerja akan membahas mengenai cara menjadi marketing property yang handal melalui media online step by stepnya.

Cara Jitu Marketing Properti

Mungkin kamu sudah banyak mendengar mengenai beberapa metode ini, namun akan kami urutkan berdasarkan alurnya yang sesuai jika ingin mempromosikan properti secara online.

Ada 2 jenis macam marketing properti secara online. Menggunakan promosi berbayar maupun yang gratis. Namun jika menggunakan metode yang gratis, kamu harus memiliki brand image yang kuat terlebih dahulu agar menang dari kompetitor.

Berikut ini step by step yang bisa diterapkan untuk menjalankan marketing properti secara online :

  1. Membangun Website Penjualan

Ini merupakan hal yang mutlak dilakukan jika ingin mengembangkan pemasaran secara online yaitu dengan mulai membangun website perusahaan yang bertujuan untuk peningkatan penjualan.

Untuk membangun brand image yang profesional buatlah website khusus dengan domain sesuai dengan nama perusahaan properti kamu.

Kamu bisa memesan pembuatan website untuk penjualan properti disini.

Lengkapi website dengan foto foto properti dan beberapa katalog penjualan yang berisikan informasi lengkap mengenai bagaimana konsumen ingin melakukan pembelian. Lengkapi pula company profile mulai dari legalitas sampai alamat dan kontak kantor marketing perusahaan agar bisa dihubungi dengan mudah.

Tambahkan juga fitur untuk berbicara langsung dengan customer service secara online langsung melalui website agar konsumen yang masuk ke website bisa bertanya tanya seputar properti yang ditawarkan.

Membangun sebuat website juga berfungsi untuk menampung data klien atau calon konsumen yang telah mengisi buku tamu maupun yang sudah berbicara secara online menggunakan fitur di website.

Sehingga sesudah mendapatkan data konsumen baik itu nama, email maupun nomer teleponnya agar bisa di follow up ketika akan mengingatkan kembali mengenai promosi properti yang perusahaan tawarkan.

Tidak sampai hanya membuat website, Agar menang bersaing dengan kompetitor maka perlu diperhatikan pula bagaimana SEO yang harus digunakan agar website bisa muncul di page one google dalam mesin pencarian.

Kamu bisa menggunakan jasa SEO untuk memperbaiki score website agar bisa bersaing di google dengan kompetitor lainnya.

Baca Juga >>> Pengertian, Fungi, Jenis, Manfaat, Strategi Mobile Marketing <<<

  1. Membangun Media Sosial

Jika sudah memiliki website, tahapan selanjutnya adalah mulai membangun sosial media untuk menangkap calon konsumen yang sedang bermain sosial media seperti facebook dan instagram.

Hal ini nantinya berkaitan dengan penggunaan facebook ads dalam strategi pemasaran yang menggunakan pembayaran di media sosial.

Selain facebook dan instagram, kamu juga bisa posting foto foto properti di pinterst dimana nantinya juga di linkan ke website penjualan kamu untuk menambah score website kamu menjadi lebih baik.

Untuk facebook buatlah 2 akun, yang pertama buat akun personal dengan nama perusahaan, dan yang kedua buatlah fanspage perusahaan.

Akun personal untuk share promosi penjualan properti di grup grup properti yang ada di facebook, sedangkan fanspage untuk membuat promosi menggunakan facebook ads. Untuk facebook ads akan kita bahas lebih lanjut setelah point berikut ini.

  1. Bergabung Dengan Portal Properti Yang Ada

Ada banyak sekali situs website yang bisa digunakan untuk promosi secara gratis untuk menawarakan jual beli properti. Kamu bisa mencari daftar situs jual beli properti yang ada di google dan daftarkan serta promosikan melalui situs tersebut.

Karena sudah memiliki website landing page sendiri dan media sosial sendiri maka link-an ke website perusahaan setelah kamu promosi menggunakan portal website properti tadi agar banyak visitor yang masuk mengunjungi website.

Inilah gunanya melakukan tahapan secara berutan, karena jika salah tahapan maka kamu harus mengulangi tahapan diatas lagi.

Ada beberapa protal website properti yang berbayar untuk promosi didalamnya, ada juga yang gratis bisa kamu promosikan disana. Jadi pintar pintarlah untuk menyesuaikan dengan budget yang perusahaan miliki.

Tidak hanya di webiste properti, kamu juga bisa posting di website lainnya seperti kaskus, medium, portal berita, olx dan lain lain yang memungkinkan untuk melakukan promosi promosi secara gratis dan banyak orang yang melihatnya.

Baca Juga >>> Cara Menjadi Marketing Pemula Yang Profesional <<<

  1. Mulai Menggunakan Iklan Google Ads

Untuk mem-bosting website perusahaan yang mana merupakan landing page untuk penjualan properti, kamu bisa menggunakan jasa penyedia iklan yang bernama google ads. Ini merupakan cara jitu marketing properti secara online pada zaman teknologi saat ini.

Google ads ini adalah jasa pengiklanan paid per click (CPC) yang bisa membantu menaikan website kamu menjadi page one dalam pencarian keyword yang di cari oleh konsumen properti.

Jadi dengan memanfaatkan google ads ini, kita bisa menargetkan konsumen yang benar benar butuh dan tertarik dengan properti yang perusahaan tawarkan.

Sebagai contoh, kita membuat iklan di google ads dengan membidik kata kunci “Jual Rumah Yogyakarta Murah” maka setiap ada yang mencari dengan kata kunci tersebut atau yang hampir serupa, iklan akan tampil dan meningkatkan kesempatan sales yang lebih besar.

Apalagi ketika pengunjung yang tertarik klik iklan dan masuk ke website kita, kemudian mereka bersedia untuk mengisikan data diri di buku tamu, maka kamu sudah memiliki satu data klient untuk di follow up nantinya.

Untuk budget iklan di google ads ini juga bisa disesuaikan, mulai dari Rp. 10.000 sudah bisa melakukan iklan di google ads. Namun hati hati juga dalam pemilihan keywordnya. Usahakan untuk membidik keyword yang memiliki jumlah kompetitor pengiklan yang sedikit agar budget lebih murah.

Baca Juga >>> Keuntungan Strategi Promosi Dengan Menggunakan Iklan Online <<<

  1. Menggunakan Iklan di Facebook Ads

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan facebook ads. Berbeda dengan google ads, untuk facebook ads ini menjaring konsumen yang sedang menggunakan media sosial.

Jadi ketika konsumen menggunakan facebook dan instagram iklan akan muncul dalam feed berandanya yang nantinya akan diperhatikan olek calon konsumen dan bisa di arahkan ke webiste perusahaan.

Karena facebook dan instagram sudah menjadi satu, maka iklan akan muncul di kedua platform tersebut. Inilah gunanya kamu membuat media sosial facebook menggunakan fanspage. Karena untuk beriklan harus menggunakan akun fanspage sendiri.

Untuk masalah budget, sama seperti google ads, bisa diatur sesuai dengan kebutuhan promosi marketing dan biayanya juga terbilang murah jika dibandingkan dengan strategi promosi offline atau konvensional.

Saat ini ada media sosial terbaru yang juga mengeluarkan jasa periklanan yaitu tiktok. Sama seperti facebook ads, tiktok juga mengeluarkan tiktok ads yang bisa digunakan untuk media promosi.

  1. Follow Up Email Marketing dan Kontak Klient

Jika sudah semua tahapan diatas dilakukan, maka otomatis perusahaan kamu sudah memiliki data klien untuk dilakukan follow up.

Data klien bisa bersumber dari data buku tamu pengunjung website, dari pengiklanan google ads dan facebook ads, dan dari media protal website jual beli properti.

Email marketing bertujuan untuk menanyakan kembali bagaimana kepastian dari calon konsumen terhadap produk yang pernah ditawarkan oleh marketing.

Tujuan lainnya adalah memberitahukan informasi event atau promo yang sedang ditawarkan oleh perusahaan properti kamu.

Baca Juga >>> Menerapkan Media Promosi Untuk Pemasaran Online <<<

Penutup

Itu tadi cara jitu marketing properti secara online secara bertahap prosesnya step by step. Jika kesemua langkah diatas tadi sudah dijalankan maka tinggal menunggu saja untuk mendapatkan penjualan sales dibidang properti.

Tips menjadi marketing property ini banyak digunakan oleh perusahaan properti yang saat ini sudah bergerak dibidang online dan digital marketing.

Terima kasih sudah membara artikel ini yang bertema cara jitu jadi marketing property secara online. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *