Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu Untuk Pemula

cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu bagi pemula dengan tingkat resiko dari rendah sampai ke level tinggi. Saat ini sudah banyak orang yang paham mengenai investasi. Baik di saham, trading, reksadana sampai ke investasi emas. Dan saham ini bisa kamu cicil mulai dari yang terkecil misalnya modal 100 ribu saja.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba berinvestasi di bidang saham namun masih memiliki keterbatasan modal? Nah, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa dicoba! Hanya dengan modal 100 ribu, Anda sudah bisa memiliki saham dan mendapatkan keuntungan.

Perlu diketahui bahwa perkembangan dunia investasi berkembang sangat cepat, termasuk juga saham. Terkait saham, BEI atau Bursa Efek Indonesia mulai melakukan inovasi, salah satunya dengan mengatur lot saham yang lebih sedikit untuk memudahkan millennial untuk mulai berinvestasi.

Misalnya, jika sebelumnya 1 lot minimal adalah 500 lembar saham, kini berubah menjadi hanya 100 lembar saham. Oleh karenanya, jika satu lembar saham memiliki harga Rp 1.000, maka dengan modal 100 ribuAnda bisa mendapatkan 1 lot saham!

Tips dan Cara Investasi Saham Modal 100 Ribu Untuk Pemula

Meskipun menawarkan modal yang cukup ringan, namun tentu ada tips dan cara yang harus Anda pahami sebelum terjun di dunia investasi ini. Pengetahuan mengenai cara dan tips cukup penting agar Anda tidak rugi dan tetap mendapatkan keuntungan.

Beberapa hal penting terkait cara bermain saham dengan modal 100 ribuyang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Memilih Sekuritas Dengan Biaya Setoran Awal Yang Rendah

Saat hendak berinvestasi saham, Anda tentu tidak bisa langsung melakukan transaksi di BEI, melainkan Anda harus memiliki Rekening Dana Investor atau RDI sesuai nama Anda. Nah, RDI tersebut harus diisi dengan setoran awal yang ditentukan oleh perusahaan sekuritas atau penjamin.

Adapun dana yang bisa digunakan untuk transaksi saham adalah dana yang ada pada rekening tersebut. Oleh karenanya, jika Anda memiliki modal yang terbatas, cara sekuritas yang memberikan kelonggaran biaya setoran awal yang rendah.

2. Investasi Pada Saham Yang Murah Namun Potensial

Saham memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan perusahaan dan sektor yang tersedia. Terkait bermain saham dengan modal 100 ribu, Anda perlu selektif dalam memilih saham yang hendak dibeli.

Dengan modal yang terbatas, maka pilih saham-saham yang tersedia dengan harga yang terjangkau. Sebagaimana disinggung di awal, jika Anda membeli saham seharga Rp 1.000, maka Anda bisa mendapatkan 1 lot saham dengan harga 100 ribu.

Hanya saja, tentu Anda harus memastikan jika saham murah yang dibeli merupakan saham yang potensial. Dalam hal ini, untuk melihat jenis saham unggulan, Anda bisa melihat indeks harga saham yang terdapat di BEI.

3. Perhatikan Biaya Transaksi

Selain memilih saham yang sesuai dengan budget awal untuk modal, Anda juga perlu memperhatikan biaya dari transaksi yang akan dilakukan. Perlu diketahui bahwa dari setiap pembelian saham ada biaya transaksi yang dibebankan. Biaya transaksi tersebut sekitar 0,15% hingga 0,35%.

Meskipun tampak ringan, namun tetap saja biaya transaksi tersebut akan mengurangi budget untuk membeli saham dengan modal yang terbatas. Oleh karenanya, jika Anda hendak bermain saham dengan modal 100 ribu, hindari terlalu sering melakukan trading, terlebih jika dana transaksi masih terbatas.

Selain cara di atas, hal lain yang perlu diketahui perihal membeli saham yang murah adalah memanfaatkan momentum, Dengan momentum yang pas, Anda nantinya bisa mendapatkan saham dengan harga terjangkau.

Terkait momentum, cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa dilakukan adalah menggunakan kesempatan saat harga saham turun. Cara ini sangat efektif meskipun Anda harus bersabar.

4. Beli Pada Saat Saham Sedang Turun Atau Naik

Kamu harus bisa fokus minimal pada 1 jenis saham favorit saja. Misal kamu memantau untuk saham Telkom, maka setiap hari kamu harus pantau saham telkom secara berkala.

Disini kamu bisa mendapatkan informasi kapan perkiraan waktu yang pas untuk membeli dan kapan waktu untuk jual saham tersebut.

Misal kamu sudah memantau untuk saham telkom sedang dalam masa koreksi dan berada di bawah rata rata saham. Kamu bisa memutuskan untuk membeli di masa koreksi tersebut. Namun jika ternyata saham terus bergerak turun, jangan panik dan tetap menunggu saja.

Karena saham saham besar sudah biasa mengalami kenaikan dan fluktuasi harga. Jadi tetap Pertahankan Sampai Pada Masa Yang Tepat Untuk Menjualnya Dan Mendapatkan Untung.

Beberapa Jenis Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah

Nah untuk tips diatas tadi adalah untuk jenis investasi tanam saham modal 100 ribu atau kurang. Sebenarnya ada berbagai macam jenis investasi yang bisa kamu lakukan dengan modal hanya 100 ribuan saja.

Kita akan bahas lengkap dengan tingkat resikonya juga. Karena untuk investasi berikut ini jika kamu benar dan fokus bisa menghasilkan jutaan rupiah dikemudian hari. Berikut ulasannya :

1. Investasi Emas Modal 100 Ribu

Siapa yang tidak percaya kalau tren kenaikan harga emas terus meningkat seiring dengan perkembangan waktu.

Dan saat ini untuk harga emas batangan juga sudah murah dan mudah didapatkan. Bahkan yang terbaru ini ada platform yang menjual emas batangan hanya dengan harga Rp 20 ribu saja.

Bagi kamu yang suka menabung dengan bentuk fisik, maka bisa memulainya dengan membeli emas batangan dengan harga yang murah. Dan saat ini di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lainnya sudah banyak yang menjual emas batangan dengan harga murah.

Tentu saja berat yang kamu dapatkan juga terbilang sangat ringat bahkan tidak sampai besarnya seperti kuku kita. Namun tetap bernilai jika kamu mengumpulkannya sedikit demi sedikit.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi online atau digital, maka bisa membelinya di Tokopedia Emas, Antam, Tamsia, e-mas, IndoGold atau Pegadaian Digital.

Melalui aplikasi online ini kamu tidak akan mendapatkan bentu fisiknya, namun hanya nominal angka untuk nilai emasnya. Dan bisa langsung di perjual belikan melalui aplikasi tersebut.

Level Resiko Investasi Emas : Rendah

2. Reksadana Dengan Tanam Modal 100 Ribu

Reksadana adalah tempat yang berfungsi sebagai penghimpun dana dari masyarakat pemodal yang diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh Manager Investasi dan sudah mendapatkan ijin OJK.

Berikut ini kelebihan Reksadana dibanding dengan saham investasi lainnya :

  • Cocok untuk para investor pemula yang baru belajar mengenai saham.
  • Dengan modal kecil bisa langsung investasi saham.
  • Tingkat resiko yang terbilang sangat kecil.
  • Saham kamu sudah dikelola oleh manager investasi.
  • Pelaporan investasi oleh manager investasi secara berkala.
  • Cocok untuk yang tidak punya banyak waktu.

Dan ini beberapa jenis reksadana yang bisa kamu gunakan untuk cara main saham dengan modal kecil :

  • Reksadana Pasar Uang : saham yang kamu investasikan akan masuk ke deposito atau obligasi dengan tingkat resiko yang rendah. Sangat coock untuk investasi jangka pendek.
  • Pendapatan Tetap : Resiko yang minim namun dengan durasi antara 1-3 tahun untuk investasinya.
  • Reksadana Saham : Resiko yang paling tinggi namun memiliki keuntungan yang paling besar. Cocok untuk yang suka mengambil resiko besar dengan investasi jangka panjang. Biasanya antara 4 tahun keatas.
  • Campuran : Jenis reksadana yang bisa di investasikan ke berbagai jenis investasi dengan resiko rendah sampai tinggi. Untuk lamanya juga berfariatif.

Saat ini untuk memulai investasi reksadana sudah banyak caranya, bahkan banyak marketplace yang membuka investasi reksadana dengan modal kecil.

Level Resiko Reksadana : Rendah – Tinggi

3. Investasi Main Saham Dengan Modal 100 Ribu

Ini seperti yang kami jelaskan sebelumnya di awal artikel ini. Bagi pemula kami sarankan untuk bermain reksadana untuk amannya. Namun jika kamu ingin belajar mengenai saham bisa mencobanya dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Disini kamu harus tahu mana saham perusahaan yang ingin diinvestasikan dan harus mau belajar mengenai menganalisa fundamental dan teknis saham seperti apa.

Sudah banyak media yang menawarkan untuk belajar trading saham dnegan modal kecil bahkan dibawah 100 ribu. Kamu juga bisa belajar melalui youtube atau media sosial yang khusus membahas mengenai trading saham.

Level Resiko Trading Saham : Tinggi

4. P2P Lending Investasi

P2P Lending adalah metode untuk memberikan pinjaman uang kepada individu atau pebisnis. Peer to peer lending ini akan menghubungkan pemberi pinjaman kepada peminjam secara online.

Ini juga salah satu yang paling banyak diminati karena dengan p2p ini setiap orang bisa memberikan pinjaman untuk tujuan apa saja tanpa melalui jasa perbankan.

Bisa dikatakan untuk P2P Lending ini adalah marketplacenya untuk kegiatan pinjam meminjam uang. Daripada kamu harus meminjam kepada lembaga perbankan, pemerintah, koperasi atau jasa kredit lainnya kamu bisa menggunakan metode p2p lending ini.

Untuk platform p2p lending untuk modal rendah bisa menggunakan modalku atau koinworks.

Level Resiko P2P Lending : Medium

Tips Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Berikut ini adalah tips dari kami pribadi untuk kamu yang ingin tanam saham modal 100 ribu atau modal kecil :

  • Jika memilih menggunakan trading saham, ada baiknya kamu belajar terlebih dahulu mengenai cara menganalisa naik turunnya saham. Atau memilih saham yang berpotensi untuk di trading.
  • Cari komunitas investasi yang paling cocok di forum forum internet untuk tanya jawab seputar saham atau investasi.
  • Gunakan Reksadana jika kamu tidak ingin repot dan tidak banyak kehilangan waktu untuk belajar.
  • Jangan menggunakan uang pokok kamu dalam bermain saham, trading dan sebagainya. Karena untuk awalan anggap saja uang modal kamu ini bisa hilang kapan saja.
  • Cari platform yang paling pas dengan kamu. Bisa dari deposit yang kecil, aplikasi yang user friendly atau fitur yang paling banyak memberikan kemudahannya.
  • Investasi yang terbaik diawal adalah investasi kepala keatas. Maksudnya disini adalah investasikan diri kamu untuk terus belajar hal hal baru.

Cara Bermain Saham Tanpa Modal

Lalu banyak yang bertanya mengenai ini. Karena masih takut untuk terjun langsung didunia saham dan tidak ingin kehilangan modal. Akhirnya banyak yang bertanya mengenai saham yang benar benar tanpa modal diawal.

Menurut kami tidak ada cara untuk bermain saham tanpa modal. Dan jika kalaupun ada, maka akan merusak mindset kamu mengenai saham.

Maksudnya begini, ketika kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk modal melakukan saham, maka mau tidak mau kamu akan belajar lebih agar uang modal tersebut tidak hilang.

Dengan begitu kamu akan terpaksa untuk belajar, bertanya dan mengaplikasikannya langsung di platform saham dengan penuh perhitungan. Berbeda jika kamu tidak menggunakan modal sama sekali. Kamu tidak akan tumbuh keinginan untuk belajar dan tidak akan takut jika kehilangan apa apa. Sehingga kamu tidak melakukan perhitungan analisa seperti para trading saham profesional lainnya.

Investasi 100 Ribu Profit Harian

Ada beberapa platform investasi yang bisa menganalisa profit harian secara berkala jika kamu melakukan investasi. Bahkan untuk investasi 100 ribu pun kamu bisa mengetahui berapa profit harian kamu.

Misalnya untuk reksadana di tokopedia dengan modal investasi 100 ribu kamu bisa tahu profit harian kamu berapa. Dan karena ini modalnya yang kecil maka jangan harapkan untuk profit yang banyak. Karena biasanya reksadana ini untuk jangka panjang jika kamu bermain dengan modal yang kecil.

Namun jika terus terusan di tabung, misal 100 ribu untuk tiap minggunya. Maka jika ditotal selama 5-10 tahun hasilnya bisa kelihatan besar dan bisa langsung di cairkan.

Baca Juga >>> Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Dengan Tepat <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara bermain saham dengan modal 100 ribu atau modal kecil. Yang paling penting adalah kamu harus belajar untuk mana investasi yang paling pas buat kamu yang bermodal kecil. Terus belajar dan bangun komunitas trading saham atau investasi di sekitar kamu agar bisa membantu semangat untuk belajar.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara bermain saham dengan modal kecil ini. Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk kamu semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *