Tips & Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Tidak Grogi

cara berbicara di depan umum agar tidak grogi

Cara berbicara di depan umum agar tidak grogi, gugup atau demam panggung. Tips ini bisa kamu terapkan untuk keperluan pidato, presentasi kuliah, presentasi kerja atau bagi kamu yang berprofesi sebagai pembicara seminar. Menghilangkan rasa gugup saat berbicara memang sangat susah, terutama bagi kamu yang baru pertama kali merasakannya berbicara didepan umum. Namun tenang saja jika kamu sudah paham tips dan cara dibawah ini maka kamu bisa melaluinya dengan baik.

Grogi memanglah wajar terjadi bagi setiap orang ketika sedang berbicara di depan umum atau orang lain yang tidak dikenal. Dan biasanya hal ini yang akan membuyarkan seluruh materi dan konsentrasi kita ketika berbicara.

Lalu apa yang membuat grogi?

Banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi grogi atau gugup pada saat berbicara di depan umum. Contohnya seperti tidak menguasai materi dengan matang, tidak berlatih terlebih dahulu bahkan dikarenakan dadakan ketika diminta untuk berbicara atau dimintai pendapat. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum berbicara didepan umum agar tidak grogi.

Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Kamu harus paham bahwa tips berikut ini akan sangat mempengaruhi dalam penguasaan didepan orang banyak bahkan diatas panggung sekalipun. Grogi dan gugup adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang. Bahkan orang yang terlatih pun sering menghadapi grogi atau gugup, namun semuanya itu tergantung bagaimana cara kamu menguasainya dan merubahnya menjadi rasa percaya diri.

Berikut ini kunci menghilangkan rasa gugup saat berbicara didepan umum agar tidak grogi atau demam panggung :

1. Kuasai Materi Yang Akan Kamu Bicarakan

Meskipun kamu sangat sering berbicara didepan umum atau seorang  public speaking, namun jika kamu tidak paham dengan materi yang akan kamu bahas akan mendatangkan rasa gugup atau grogi ketika kamu berbicara.

Ini merupakan hal yang paling utama dan penting untuk menghilangkan grogi di depan umum apalagi untuk masalah penting seperti rapat, presentasi atau pengisi seminar. Kamu harus tahu materinya seperti apa, alur materi yang harus kamu bicarakan didepan, sampai dengan belajar dan mencari sumber referensi materi lainnya.

Tidak hanya untuk pembicara, bahkan untuk kamu yang sedang dimintai pendapat ketika rapat dengan banyak orang yang sedang berlangsung, kamu harus tahu materi rapat ini bagaimana apa yang dibahas dan sampai mana pembahasannya. Sehingga ketika kamu dimintai pendapat kamu bisa tahu apa yang akan disampaikan.

Usahkan juga untuk mempersiapkan rencana menangani kejadian paling terburuk sekalipun. Seperti bagaimana jika pendapatmu ditentang balik oleh peserta atau ada yang tidak suka dengan apa yang kamu bicarakan.

2. Berlatih Berbicara Depan Cermin

Untuk hal hal yang besar seperti mengisi seminar, ceramah atau pidato didepan banyak publik kamu bisa berlatih terlebih dahulu di depan cermin sebelumnya. Jika semua bahan materi sudah kamu kumpulkan bahkan sudah kamu catat, langkah selanjutnya adalah dengan berlatih secara rutin.

Kamu bisa mensimulasikan diri kamu didepan cermin bagaimana penambilan kamu, cara berbicara kamu bahkan kamu bisa mengevaluasi bagaimana hasil dari materi yang kamu sampaikan. Apakah sudah cukup atau ada bagian yang harus kamu ubah. Ini merupakan  cara berbicara di depan umum agar tidak grogi yang paling efektif.

Baca Juga >>> 12 Cara Mengatasi Bawahan Yang Tidak Menghargai Atasan <<<

3. Coba Rekam Saat Kamu Berlatih Berbicara

Untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu bisa merekam saat berlatih di depan cermin atau saat sendirian di kamar untuk berlatih. Dengan begitu kamu bisa melihat hasil rekamanmu bagaimana suara, intonasi, bahkan sampai raut muka saat sedang berbicara.

Disini kamu bisa menilai sendiri mana yang harus kamu perbaiki dan mana yang bisa kamu tingkatkan lagi. Teruslah untuk mensimulasikan diri seperti kamu memang berada di depan umum agar tidak grogi yang berlebihan.

4. Sesuaikan Penampilan Kamu Sebelum Tampil

Cara agar tidak grogi saat tampil selanjutnya adalah masalah penampilan. Penilaian seseorang yang pertama kali adalah dengan melihat bagaimana orang tersebut berpenampilan. Jadi yang harus kamu upayakan selanjutnya adalah menyesuaikan penampilan sebelum kamu tampil didepan umum.

Usahakan untuk menyesuaikan sesuai dengan penonton atau peserta yang hadir. Bisa juga kamu menyesuaikan dengan acaranya, seperti apakah acara tersebut bersifat formal atau non formal. Jadi kamu bisa berdandan sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri.

Sebelum tampul juga kamu bisa cek kembali apakah ada hal hal yang bisa mengundang orang untuk tidak fokus terhadap penampilanmu. Seperti rambut yang tiba tiba tidak rapi sebelum tampil, ada noda di dekat bibir kamu karena sebelum kamu tampil kamu habis memakan makanan atau yang lainnya.

5. Senam Bibir Atau Mulut Agar Lebih Rileks

Kamu bisa melakukan olahraga bibir agar pada saat berbicara intonasi atau pengucapan yang akan keluar benar. Lakukan ini sebelum kamu berbicara atau sebelum acara dimulai.

Caranya dengan berbicara sendiri, mengucap kata A I U E O secara berulang ulang dengan bibir dimaksimalkan. Mengucapkan kata kata yang sulit dimateri kamu dan bisa juga latihan vokal seperti bernyanyi Do Re Mi dan sebagainya.

Hal ini akan membuat mulut lebih rileks sebelum berbicara. Ibarat olahraga ini adalah pemanasan bagi organ mulut kamu.

tips agar tidak gugup dalam berbicara atau berpidato

6. Bertanya Kepada Teman / Rekan

Agar persiapan semakin matang, kamu juga bisa bertanya kepada rekan atau teman yang lebih ahli dalam hal public speaking. Kamu bisa menanyakan bagaimana cara berbicara di depan umum, bagaimana dia menyusun rangkaian tema dan alur pembahasannya sampai dengan bagaimana gaya bicara yang paling nyaman.

Minimal kamu bisa meminta pendapat mengenai materi yang akan kamu sampaikan kedepan. Mendapatkan masukan dari teman dan rekan kerja bisa membuat kamu lebih percaya diri dalam tampil didepan umum. Ini agar tidak gugup saat berbicara dan kamu bisa lebih fokus terhadap materi penyampaianmu.

Dan jika kamu sudah tampil atau berpendapat didepan umum, kamu juga bisa bertanya kepada teman yang melihatmu bagaimana tadi kamu saat berbicara didepan. Apakah sudah benar atau ada pengucapan kata/ kalimat yang salah. Kamu bisa saling evaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi.

Baca Juga >>> Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Singkat <<<

7. Percaya Diri Kepada Diri Kamu Sendiri

Cara agar tidak grogi saat berbicara di depan umum yang paling penting adalah dari diri kamu sendiri. Jika kamu yakin tidak grogi dan sudah siap untuk mempresentasikan didepan umum maka kamu bisa lebih siap dan lebih percaya diri.

Hilangkan rasa dan pikiran negatif yang bisa mempengaruhi kamu pada saat berbicara didepan umum. Kamu harus yakin bahwa setiap orang yang mendengarkan ucapanmu akan memperhatikan dan menanggapi setiap pendapatmu. Dan tentu saja kamu juga harus melakukan timbal baliknya juga. Kamu harus memperhatikan orang lain dan juga menanggapi apa pendapat orang lain.

Intinya adalah saling menghargai dan kamu juga akan mendapatkan perhatian dari orang orang sekitarmu.

8. Berlatih Dari Hal Hal Kecil Disekitar Lingkungan Kita

Bagaimana percaya diri di depan umum ? Sesuatu yang besar harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Misalnya jika kamu ingin belajar menjadi narasumber dan mengisi acara seminar maka kamu harus memulai dari yang kecil kecil terlebih dahulu.

Kamu bisa ikut andir dalam komunitas kecil untuk saling berpendapat dan berdiskusi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu. Usahakan untuk menjadi aktif dalam berbicara agar kamu semakin terbiasa dalam berbicara didepan umum.

Jika dalam tongkrongan coba buka pembahasan menjadi lebih serius dan utarakan apa pendapat kamu. Menjadi aktif dalam berbicara di lingkup kecil akan membuat kamu lebih terbiasa menghadapi orang lain.

Contoh lagi pada saat ke warung, coba untuk saling berbicara menanyakan hal hal kecil yang bisa membuat orang lain ikut berpendapat dan berinteraksi. Dengan begitu kamu bisa semakin percaya diri ketika menghadapi orang lain yang bukan teman atau rekan kerja kamu.

Bertemu dan berbicara dengan orang yang baru saja dikenal akan melatih kamu untuk lebih siap dan percaya diri. Hal ini bisa sangat berguna jika kamu teruskan dan akan membawa perubahan positif ketika kamu berbicara di depan umum agar tidak grogi lagi.

Baca Juga >>> 7 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja ? <<<

Penutup

Itu tadi 8 cara berbicara di depan umum agar tidak grogi terlengkap yang bisa kami berikan agar kamu bisa semakin percaya diri untuk tidak gugup saat pidato, saat presentasi atau sekedar menyampaikan pendapat pada rapat di kantor.

Usahakan untuk terus berlatih berbicara kepada orang baru agar kamu tidak gugup lagi saat berbicara di depan umum. Yang paling penting adalah mempersiapkan materi sebaik mungkin agar tidak ada lagi pikiran negatif yang akan mempengaruhimu pada saat tampil.

Terimakasih sudah membaca artikel kami mengenai cara agar tidak grogi di depan umum, semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan kamu semakin percaya diri berbicara agar tidak nervous saat tampil di depan umum. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *