Bocoran Tahapan dan Pengalaman Tes Akademi Kepolisian

By On Wednesday, March 25th, 2020 Categories : Review Tes Perusahaan

Tipskerja.com – Kali ini kita akan membahas mengenai pengalaman tes polisi atau akademi kepolisian. Kita bahas dimulai dari tahapan apa saja yang akan kamu lewati sampai dengan bocoran seperti apa rasanya mengikuti proses rekrutment dari akademi kepolisian. Berikut pembahasannya.

pengalaman tes kepolisian

Kita tahu sendiri bahwasannya untuk bisa menjadi seorang abdi negara dengan berjuang demi negara indonesia ini tidaklah mudah. Ada banyak persiapan yang harus kamu kerjakan sebelum berniat untuk mengikuti tes seleksi menjadi seorang polisi.

Beberapa yang harus kamu persiapkan adalah kebugaran fisik kamu, kamu bisa mengembangkannya dengan cara berenang, lari beberapa putaran, sit up, push up dan mengangkat beban diatas tiang secara teratur dan rutin. Persiapan lainnya adalah persiapan pembelajaran akademik dan psikotes yang juga sangat perlu kamu dalami.

Persiapkan beberapa hal diatas selama kurang lebih 5 bulan sebelum membulatkan tekat mengikuti seleksi tes polisi. Kamu juga harus rutin melakukan tes kesehatan di laboratorium terkait untuk bisa mengetahui bagaimana kondisi tubuh kamu dan apa yang perlu kamu tingkatkan dan sembuhkan. Tak lupa pula untuk rutin cek kesehatan gigi juga sangat diperlukan.

Jika Medical check up sudah sering kamu jalani, kebugaran fisik sudah kamu dapatkan, dan persiapan mental dan pikiran sudah kamu latih, barulah kamu bisa dengan percaya diri untuk mengikuti tes di akademi kepolisian.

Karena tahapan tesnya akan sangat banyak dan tentunya akan sangat ketat, maka kamu harus sudah paham mengenai tahapan yang akan dilalui dalam tes polisi ini seperti :

  1. Pendaftaran ( dibuka selama kurang lebih 1 bulan )
  2. Rikmin Awal
  3. Tes Kesehatan Tahap 1
  4. Tes Psikologi
  5. Tes Jasmani
  6. Tes Akademik
  7. Tes Kesehatan Tahap 2
  8. Tes Pendalaman PMK
  9. Rikmin Akhir
  10. Penetapan Lulus tingkat Daerah

Kita akan satu persatu mengenai tahapan yang akan kamu jalani :

  1. Pendaftaran Awal

Kamu bisa mendapatkan informasi penerimaan akademi kepolisian melalui website resmi dari akademi kepolisian yang bisa diakses secara online. Jadi ada baiknya kamu mengetahui kapan saja bulan bulan penerimaan calon anggota polisi ini sehingga kamu bisa mempersiapkan dengan lebih matang sebelum mendaftarkan diri.

Pendaftaran awal ini seperti layaknya melamar disebuah perusahaan. Kamu diharuskan untuk mengisi beberapa formulir pendaftaran berdasarkan data diri kamu pribadi dimulai dari data personal sampai dengan kehidupan pribadi kamu.

Usahakan untuk melengkapi seluruh berkas yang diminta tanpa terkecuali.

  1. Rikmin Awal

Rikmin awal ini biasanya disebut dengan tes administrasi atau penyerahan berkas asli untuk sementara dari data data yang kita kirimkan melalui formulir online sebelumnya. Ada banyak berkas yang harus kamu persiapkan seperti :

  • KTP kamu dan KTP orang tua kandung atau yang mewakili
  • Surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit yang masih aktif atau terbaru
  • Kartu keluarga terlegalisir
  • Akte kelahiran terlegalisir dinas kependudukan dan catatan sipil kota
  • Ijazah terbaru
  • Surat keterangan berprilaku baik
  • dan lainnya

Jadi untuk tahapan ini adalah pengumpulan berkas berka penting yang nantinya diserahkan untuk dicek keabsahannya. Jadi persiapan diawal memang sangat dibutuhkan pada tahapan tahapan berkas ini.

  1. Tes Kesehatan Tahap 1

Jika kamu lolos tahapan berkas sebelumnya maka tahapan selanjutnya adalah tes kesehatan tahap pertama. Berikut tahapan yang akan kamu jalani pada tes kesehatan 1 ini :

  • Tes Mata dan Gigi
  • Tes tinggi dan berat badan
  • Cek apakah ada Varises

Usahakan untuk datang lebih awal untuk mendapatkan kartu tes kesehatan lebih cepat karena nomor antrian yang akan kamu dapatkan disesuaikan dengan siapa yang datang ketempat tes pertama kali.

Pengumuman tes akan kamu dapatkan pada hari itu juga setelah seluruh peserta tes selesai di check up keseluruhannya. Standar nilai yang harus kamu dapatkan untuk bisa lolos pada tahapan ini adalah 61 poin ketas dan otomatis poin dibawah 60 akan gugur langsung.

  1. Tes Psikologi Akademi Kepolisian

Jika kamu sudah mengetahui lolos atau tidak pada tahapan tes kesehatan pertama maka kamu harus melakukan persiapan untuk tahapan tes selanjutnya yaitu tes psikologi. Adapun tahapan tes yang akan kamu jalani dalam tes psikologi ini adalah :

  • Tes Kepribadian
  • Tes Kecerdasan
  • Tes Kecermatan
  • Tes sikap Kerja

Adapun standar yang diberikan untuk tes psikotes ini adalah 61 keatas. dan untuk nilai 60 kebawah akan gugur langsung. Pengumuman akan kamu dapatkan juga pada hari itu juga. Usahakan untuk membawa bekal seperti makanan ringan dan minuman ringan karena rangkaian tes ini akan kamu jalani seharian penuh dan juga kamu akan menunggu hasil pengumumannya.

  1. Tes Jasmani dan Anthropometri Akademi Kepolisian

Jika lolos maka tiba waktunya untuk menjalani tes jasmani dan anthropometri yang ditunggu tunggu untuk menguji apakah kesehatan jasmani kamu sudah memenuhi standar kepolisian atau belum cukup. Adapun tes yang akan kamu jalani seperti :

  • Lari selama 12 menit (berapa putaran yang kamu dapatkan selama 12 menit ini)
  • Pull up
  • Sit up
  • Push Up
  • Renang dan lain sebagainya

Untuk selanjutnya adalah tes anthropometri, tes ini adalah tes untuk mengetahui seperti apa komposisi tubuh maupun bentuknya. Atau biasanya pengukuran mengenai bagaimana struktur tubuh kamu. Disini kamu akan dites apakah kamu memiliki kelainan bentuk tubuh seperti kelainan bentuk kepala, badan, tangan maupun bentuk kaki. Kamu diharukan untuk memakan celana pendek berwarna putih saja pada tahapan tes ini.

Pengumuman akan langsung kamu terima pada malam hari dihari yang sama dan bersiaplah untuk tahapan selanjutnya.

  1. Tes Akademik Kepolisian

Tes keesokan harinya adalah tes akademik. Tes ini memiliki beberapa poin pertanyaan seperti :

  • Tes Bahasa indonesia dasar
  • Tes Bahasa inggris
  • Tes Metematika dasar
  • Tes Pengetahuan Umum (pengetahuan alam, umum, wawasan kebangsaan dan mengenai undang undang negara)

Tidak ada skor minimal yang harus kamu penuhi dalam tes akademik ini namun menggunakan sistem ranking untuk penilaiannya dimana hanya beberapa kuota teratas saja yang bisa melanjutkan ketahapan selanjutnya.

  1. Tes Kesehatan Tahap 2 dan Tes Kesehatan Jiwa

Untuk tahapan selanjutnya adalah tes kesehatan tahapan kedua disertai dengan rangkaian tes kesehatan kejiwaan. Jika pada tes kesehatan pertama yang diujikan adalah mengenai fisik luar kamu, maka untuk tes kesehatan kedua ini memiliki perbedaan.

Yang akan dites adalah mengenai organ dalam kamu. Berikut tahapan tes kedua :

  • Tes sample darah
  • Tes sample urine
  • Tes rontgen paru paru
  • Tes jantung

Untuk tes kejiwaan kamu akan menghadapi tes tertulis dan wawancara singkat dengan seorang ahli psikologi. Ada baiknya untuk kamu perbanyak minum air putih dan jangan bergadang sehari sebelum menjalani tes ini. Puasa kurang lebih 12 jam sebelum tes dimulai dan tidak  mengkonsumsi obat obatan dokter (termasuk jangan konsumsi vitamin) juga sangat dianjurkan.

Baca Juga >>> 7 Macam Tes Kesehatan Kerja yang Dilakukan oleh Perusahaan <<<

  1. Tes PMK (Pendalaman Mental Kepribadian)

Pada tahapan tes ini akan dilakukan dengan cara wawancara seputar kepribadian kita dan bagaimana latar belakang keluarga kita. Tidak banyak yang perlu kamu persiapkan pada tahapan ini yang utama adalah mengenai kejujuran kamu saja.

Yang akan mewawancarai adalah polisi dari bagian paminal yaitu bagian kepolisian yang memiliki tugas yang sama seperti provost. Inti dari tes ini adalah untuk mengetahui mental dan kepribadian kamu. Yang penting kamu bisa menjawab dengan jujur, lancar dan tegas maka bisa dipastikan kamu bisa lolos tahapan ini.

  1. Rikmin Akhir

Seperti halnya rikmin awal, pada tahapan rikmin akhir ini kamu hanya diminta untuk melengkapi beberapa berkas pendukung lainnya sebanyak 4 rangkap.

  1. Pantukhir Panda (Pengumuman Kelulusan Akhir Tingkat Panda)

Ini adalah pengumuman apakah kamu lulus atau tidaknya. Penilaian kelulusannya adalah berdasarkan rangking dari seluruh peserta yang ada. Setiap nilai yang kamu dapatkan pada setiap tahapan diatas tentunya memiliki nilai sendiri sendiri. Penting untuk kamu mengingat nilai kamu pada tahapan sebelumnya.

Penilainannya adalah keseluruhan nilai yang sudah kamu jalani dibagi jumlah tes yang kamu jalani dan akhirnya akan mendapatkan nilai akhir. Nilai akhir ini nantinya akan diranking berdarkan urutan teratas sampai akhir dan yang lulus adalah yang memenuhi kuota yang diberikan saja.

Penutup

Itu tadi bocoran dan pengalaman tes kepolisian yang bisa kami berikan. Semoga kamu bisa mempersiapkannya dengan sebaik mungkin untuk menjalani rangkaian tes ini dengan baik dan bangga. Semoga sukses untuk kamu yang membaca artikel kami, semangat terus untuk bisa berbakti kepada bangsa dan negara. Berikan yang terbaik.

Bocoran Tahapan dan Pengalaman Tes Akademi Kepolisian | tipskerja | 4.5