Bocoran Pengalaman Tes Lolos Dan Sukses Tes OMT PT Surya Madistrindo Tes tulis Beserta Wawancara

tes omt surya madistrindo

Apa itu OMT ? Merupakan kepanjangan dari Operational Management Traine.
Saya menulis ini karena memang pernah pengalaman melakukan tes di OMT PT Surya Madistrindo anak perusahaan dari PT Gudang Garam tbk sebagai distributor tunggal dan juga sudah bekerja di PT SM ini pada tahun 2017, meskipun juga banyak forum di kaskus yang membahasnya.
OMT ini merupakan jalur percepatan kedua setelah program MT ( Management Trainne ). Bedanya tahapan yang dilalui OMT terbilang lebih lama daripada MT yang hanya selesai dalam waktu 1 tahun.

Jenjang karirnya pun cukup cepat jika kamu melalui program ini. Karena masih ada program lainnya yang berada dibawah program OMT yaitu task force.

Jobdesk OMT juga awalannya adalah sebagai sales rokok dari produk PT Gudang Garam Tbk. Berkeliling dari satu toko ke toko lain. Sehari kunjungan minimal toko adalah 35 toko retail.

Tidak ada target yang terlalu berat dari PT SM ini. Target bukan dari banyaknya jumlah penjualan melainkan dari jumlah produk. Sehingga 1 bungkus rokok saja sudah dinilai target yang kita dapatkan.

Untuk lowongan lokernya lebih banyak dan lebih cepat prosesnya melalui jobfair dikotamu seperti bandung, jogja, solo, jakarta, surabaya dan semarang.

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

Ada beberapa tahapan untuk lolos dari OMT PT SM ini. Saya ikuti tahapan program ini di yogyakarta melalui jobfair di JEC pada saat itu. Tahapannya adalah :

  1. Tes tertulis psikologi

Berisi tes ejaan kata sinonim antonim, deret matematika dan soal psikologi yang tidak ada jawaban benar atau salah. Semua tergantung dari kepribadian masing masing.

  1. Tes wawancara

Masih dikota yang sama yaitu yogyakarta, tes selanjutnya setelah hari tes psikologi. Yang mewawancarai dari pihak PT SM adalah SPV  Sales sampai ketingkat Manager Sales.

Wawancara yang saya lakukan terbilang cukup santai dan rileks. Buat kamu yang perokok malah bisa ngerokok bareng dengan pewawancaranya. Tapi ingat yang bisa kamu hisap hanyalah produk rokok dari merek PT Gudang Garam

Kamu juga akan dites mengenai produk Gudang Garam yang kamu ketahui.

Berikut saya berikan informasi produk dari Gudang Garam :

  1. Dari produk kretek yaitu :

Gudang garam merah, gudang garam Djaja, sriwedari, dan orbit.

  1. Dari produk rokok filter yaitu :

Gudang garam filter, surya 12, surya 16, gudang garam signature, dan surya profesional.

  1. Dari produk mild LTLN ( Low Tar Low Nicotine ) yaitu :

Gudang garam mild, gudang garam mild shiver, surya promild, dan Signature mild.

Varian rokok diatas tidak perlu kamu hafalkan tetapi cukup kamu mengetahui produk dari PT Gudang Garam. Mulai dari kota produksinya juga yaitu kediri.

Yang terpenting adalah kamu bisa bersikap ramah dan supel apalagi bisa sedikit cerewet kamu bisa melewati tahapan ini juga. Soalnya posisi yang kamu tempati adalah salesman rokok. Kalau amu terlihat pendiam dan agak judes maka kamu akan gagal pada tahapan ini. Yang penting bisa mencairkan suasana saat interview.

  1. Tes wawancara user

Tes wawancara selanjutnya saya berada di kota solo. Berada dikantor solo yang terbilang cukup besar dan bagus, di solo juga terdapat pabrik rokok dari anak perusahaan PT Gudang Garam. Ini saya ketahui setelah saya bekerja di PT SM dan membawa juga rokok dari anak perusahaan gudang garam ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Tes wawancara user ini saya dipertemukan kepada Manager Area Sales yang jabatannya lebih tinggi dari wawancara awal saya.

Pertanyaan masih sama seputar kehidupan pribadi dan lain lain. Jumlah peserta tes waktu itu berjumlah 5 orang termasuk saya. Beruntungnnya saya bisa lolos ditahapan ini.

  1. Tahapan offering benefit gaji dan penempatan area.

Tahapannya terbilang sangat singkat saya juga kaget tiba tiba 1 minggu setelah wawancara user saya ditelepon pagi pagi dari tim HRD yang menyatakan bahwa saya lolos ketahapan selanjutnya yaitu tes kesehatan.

Disini kita juga diberi tahu mengenai gaji asli yang akan diberikan. Kalau pada saat tes psikologi awal kita diberitahu bahwa gaji kita lebih dari UMR kota kita.

Tapi pada saat ini saya diberitahukan gaji yang didapatkan beserta fasilitas yang diberikan juga. Gaji pada saat saya diterima pada saat itu awalnya adalah Rp 3.5 juta bersih.

Tapi satu tahun kemudian saya beruntung bisa mendapatkan kenaikan gaji sekitar Rp 4.5 juta bersih. Gaji ini belum termasuk bonus jika area yang kita tempati mengalami growth pertumbuhan sales penjualan. Gaji bonus akan diterima setiap 3 bulan sekali sebanyak 1 kali gaji. Jadi kamu dalam setahun akan mendapatkan gaji total 16 kali gaji dalam setahun. Banyak kan.

Untuk fasilitas yang diberikan berupa bpjs kesehatan dari mulai kamu istri anak berjumlah 3 orang, bpjs ketenagakerjaan juga didapat.

Pada saat ini juga kamu juga akan mengetahui lokasi yang akan kamu tempati.

Kebetulan saya mendapatkan di area purworejo jawa tengah.

Jika kamu menirima dengan kesepakatan itu besoknya kamu akan melakukan tes kesehatan dan jangan lupa juga membawa ijazah asli. Ijazah ini Cuma untuk data saja bahwasannya kamu benar benar memilikinya dan hanya sebatas dicatat saja tidak ditahan.

Untuk kontraknya ialah 3 bulan saja. Selebihnya jika sudah 3 bulan kamu bebas menentukan pilihan apakan akan lanjut atau berhenti.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

  1. Tes kesehatan

Sebelumnya kita akan dipanggil dikantor dan menyerahkan berkas ijazah dan lainnya untuk dicek keasliannya. Waktu itu terpilih 5 orang saja pada angkatan saya. Dan untuk kota area penempatannya juga berbeda beda semua, ada yang di jogja beruntung banget dapat di jogja, magelang, salatiga, kebumen dan purworejo saat itu.

Setelahnya kita akan disuruh untuk ke klinik yang sudah ditunjuk oleh pihak kantor untuk tes kesehatan.

Sebelum melakukan tes ini ada baikknya kamu seminggu awal tidak merokok kalau tidak bisa ya kurangi rokok. Sehari sebelumnya jangan makan dan cukupkan tidur jangan bergadang.

Karena ini juga berpengaruh terhadap tesmu juga.

 

Jika semua tahapan telah selesai kamu akan melakukan training singkat selama kurang lebih 1 minggu di area masing masing.

Kamu akan mengikuti salesman yang sudah seniur untuk keliling kota menjual produk rokok, sehingga kamu bisa mengetahui seluk beluk dari bekerja sebagai salesman.

Kebetulan teman kerja saya ada yang perempuan juga. Jadi jangan dikira salesman itu pekerjaan laki laki saja wanita pun juga bisa menjadi salesman rokok disini.

Tugasmu membawa rokok dengan motor atau mobil yang sudah disediakan kantor. Proses penjualan dilakukan secara langsung. Barang dibeli uang langsung diterima dan juga rokok diserah terimakan.

Yang sulit adalah kita harus bisa mengira ngira jumlah rokok yang kita bawa apakah cukup untuk kebutuhan transaksi jual beli pada hari itu.

Baca Juga >>> Pengalaman Kerja di PT Surya Madistrindo Distributor Dari PT Gudang Garam Tbk <<<

Untuk jenjang karirnya OMT ini cukup cepat jika performamu bagus kamu bisa dalam setahun mencapai tingkat MD modern trade yang mengurus event event promosi rokok. Setahun selanjutnya kamu bisa naik lagi menjadi salesman sub agen yang menangani hanya 3 – 5 toko besar saja sehari dengan total penjualan sampai ratusan juta setiap harinya. Selanjutnya bisa mencapai menjadi supervisor sales, manager sales, manager md, manager area.

Selamat dan sukses buat kamu semua.

 

Share Link

7 Comments

    1. Tidak ada kriteria berat badan ideal. yang terpenting adalah sehat.

        1. Kemungkinan besar sudah dipastikan lolos gan. Semangat.

  1. Gan jam kerjanya gimana ya? Berapa hari kerja dalam 1 minggu? Thx gan

  2. Gan jam kerjanya gimana ya kalau OMT? Dalam 1 minggu berapa hari kerja? Thanks gan

    1. Jam kerjanya 5 hari gan. Senin sampai Jumat, kadang bisa masuk sabtu minggu kalau ada event besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.