Bocoran Pengalaman Tes Lolos Dan Sukses Tes OMT PT Surya Madistrindo Tes tulis Beserta Wawancara

tes omt surya madistrindo

Apa itu OMT ? Merupakan kepanjangan dari Operational Management Traine.
Saya menulis ini karena memang pernah pengalaman melakukan tes di OMT PT Surya Madistrindo anak perusahaan dari PT Gudang Garam tbk sebagai distributor tunggal dan juga sudah bekerja di PT SM ini pada tahun 2017, meskipun juga banyak forum di kaskus yang membahasnya.
OMT ini merupakan jalur percepatan kedua setelah program MT ( Management Trainne ). Bedanya tahapan yang dilalui OMT terbilang lebih lama daripada MT yang hanya selesai dalam waktu 1 tahun.

Jenjang karirnya pun cukup cepat jika kamu melalui program ini. Karena masih ada program lainnya yang berada dibawah program OMT yaitu task force.

Jobdesk OMT juga awalannya adalah sebagai sales rokok dari produk PT Gudang Garam Tbk. Berkeliling dari satu toko ke toko lain. Sehari kunjungan minimal toko adalah 35 toko retail.

Tidak ada target yang terlalu berat dari PT SM ini. Target bukan dari banyaknya jumlah penjualan melainkan dari jumlah produk. Sehingga 1 bungkus rokok saja sudah dinilai target yang kita dapatkan.

Untuk lowongan lokernya lebih banyak dan lebih cepat prosesnya melalui jobfair dikotamu seperti bandung, jogja, solo, jakarta, surabaya dan semarang.

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

Ada beberapa tahapan untuk lolos dari OMT PT SM ini. Saya ikuti tahapan program ini di yogyakarta melalui jobfair di JEC pada saat itu. Tahapannya adalah :

  1. Tes tertulis psikologi

Berisi tes ejaan kata sinonim antonim, deret matematika dan soal psikologi yang tidak ada jawaban benar atau salah. Semua tergantung dari kepribadian masing masing.

  1. Tes wawancara

Masih dikota yang sama yaitu yogyakarta, tes selanjutnya setelah hari tes psikologi. Yang mewawancarai dari pihak PT SM adalah SPV  Sales sampai ketingkat Manager Sales.

Wawancara yang saya lakukan terbilang cukup santai dan rileks. Buat kamu yang perokok malah bisa ngerokok bareng dengan pewawancaranya. Tapi ingat yang bisa kamu hisap hanyalah produk rokok dari merek PT Gudang Garam

Kamu juga akan dites mengenai produk Gudang Garam yang kamu ketahui.

Berikut saya berikan informasi produk dari Gudang Garam :

  1. Dari produk kretek yaitu :

Gudang garam merah, gudang garam Djaja, sriwedari, dan orbit.

  1. Dari produk rokok filter yaitu :

Gudang garam filter, surya 12, surya 16, gudang garam signature, dan surya profesional.

  1. Dari produk mild LTLN ( Low Tar Low Nicotine ) yaitu :

Gudang garam mild, gudang garam mild shiver, surya promild, dan Signature mild.

Varian rokok diatas tidak perlu kamu hafalkan tetapi cukup kamu mengetahui produk dari PT Gudang Garam. Mulai dari kota produksinya juga yaitu kediri.

Yang terpenting adalah kamu bisa bersikap ramah dan supel apalagi bisa sedikit cerewet kamu bisa melewati tahapan ini juga. Soalnya posisi yang kamu tempati adalah salesman rokok. Kalau amu terlihat pendiam dan agak judes maka kamu akan gagal pada tahapan ini. Yang penting bisa mencairkan suasana saat interview.

  1. Tes wawancara user

Tes wawancara selanjutnya saya berada di kota solo. Berada dikantor solo yang terbilang cukup besar dan bagus, di solo juga terdapat pabrik rokok dari anak perusahaan PT Gudang Garam. Ini saya ketahui setelah saya bekerja di PT SM dan membawa juga rokok dari anak perusahaan gudang garam ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Tes wawancara user ini saya dipertemukan kepada Manager Area Sales yang jabatannya lebih tinggi dari wawancara awal saya.

Pertanyaan masih sama seputar kehidupan pribadi dan lain lain. Jumlah peserta tes waktu itu berjumlah 5 orang termasuk saya. Beruntungnnya saya bisa lolos ditahapan ini.

  1. Tahapan offering benefit gaji dan penempatan area.

Tahapannya terbilang sangat singkat saya juga kaget tiba tiba 1 minggu setelah wawancara user saya ditelepon pagi pagi dari tim HRD yang menyatakan bahwa saya lolos ketahapan selanjutnya yaitu tes kesehatan.

Disini kita juga diberi tahu mengenai gaji asli yang akan diberikan. Kalau pada saat tes psikologi awal kita diberitahu bahwa gaji kita lebih dari UMR kota kita.

Tapi pada saat ini saya diberitahukan gaji yang didapatkan beserta fasilitas yang diberikan juga. Gaji pada saat saya diterima pada saat itu awalnya adalah Rp 3.5 juta bersih.

Tapi satu tahun kemudian saya beruntung bisa mendapatkan kenaikan gaji sekitar Rp 4.5 juta bersih. Gaji ini belum termasuk bonus jika area yang kita tempati mengalami growth pertumbuhan sales penjualan. Gaji bonus akan diterima setiap 3 bulan sekali sebanyak 1 kali gaji. Jadi kamu dalam setahun akan mendapatkan gaji total 16 kali gaji dalam setahun. Banyak kan.

Untuk fasilitas yang diberikan berupa bpjs kesehatan dari mulai kamu istri anak berjumlah 3 orang, bpjs ketenagakerjaan juga didapat.

Pada saat ini juga kamu juga akan mengetahui lokasi yang akan kamu tempati.

Kebetulan saya mendapatkan di area purworejo jawa tengah.

Jika kamu menirima dengan kesepakatan itu besoknya kamu akan melakukan tes kesehatan dan jangan lupa juga membawa ijazah asli. Ijazah ini Cuma untuk data saja bahwasannya kamu benar benar memilikinya dan hanya sebatas dicatat saja tidak ditahan.

Untuk kontraknya ialah 3 bulan saja. Selebihnya jika sudah 3 bulan kamu bebas menentukan pilihan apakan akan lanjut atau berhenti.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

  1. Tes kesehatan

Sebelumnya kita akan dipanggil dikantor dan menyerahkan berkas ijazah dan lainnya untuk dicek keasliannya. Waktu itu terpilih 5 orang saja pada angkatan saya. Dan untuk kota area penempatannya juga berbeda beda semua, ada yang di jogja beruntung banget dapat di jogja, magelang, salatiga, kebumen dan purworejo saat itu.

Setelahnya kita akan disuruh untuk ke klinik yang sudah ditunjuk oleh pihak kantor untuk tes kesehatan.

Sebelum melakukan tes ini ada baikknya kamu seminggu awal tidak merokok kalau tidak bisa ya kurangi rokok. Sehari sebelumnya jangan makan dan cukupkan tidur jangan bergadang.

Karena ini juga berpengaruh terhadap tesmu juga.

 

Jika semua tahapan telah selesai kamu akan melakukan training singkat selama kurang lebih 1 minggu di area masing masing.

Kamu akan mengikuti salesman yang sudah seniur untuk keliling kota menjual produk rokok, sehingga kamu bisa mengetahui seluk beluk dari bekerja sebagai salesman.

Kebetulan teman kerja saya ada yang perempuan juga. Jadi jangan dikira salesman itu pekerjaan laki laki saja wanita pun juga bisa menjadi salesman rokok disini.

Tugasmu membawa rokok dengan motor atau mobil yang sudah disediakan kantor. Proses penjualan dilakukan secara langsung. Barang dibeli uang langsung diterima dan juga rokok diserah terimakan.

Yang sulit adalah kita harus bisa mengira ngira jumlah rokok yang kita bawa apakah cukup untuk kebutuhan transaksi jual beli pada hari itu.

Baca Juga >>> Pengalaman Kerja di PT Surya Madistrindo Distributor Dari PT Gudang Garam Tbk <<<

Untuk jenjang karirnya OMT ini cukup cepat jika performamu bagus kamu bisa dalam setahun mencapai tingkat MD modern trade yang mengurus event event promosi rokok. Setahun selanjutnya kamu bisa naik lagi menjadi salesman sub agen yang menangani hanya 3 – 5 toko besar saja sehari dengan total penjualan sampai ratusan juta setiap harinya. Selanjutnya bisa mencapai menjadi supervisor sales, manager sales, manager md, manager area.

Selamat dan sukses buat kamu semua.

 

53 Comments

    1. Tidak ada kriteria berat badan ideal. yang terpenting adalah sehat.

        1. Kemungkinan besar sudah dipastikan lolos gan. Semangat.

          1. Pas psikotest soalnya apa saja mas?
            Apakah ada gambar orang gambar pohon
            Kreplin
            Tiu5

          2. Kalau dulu gak ada tes gambar pohon atau kreplin. Gak tau kalau sekarang.

        2. Menunggu hasil tes kesehatan brpa lama ya min? Tolong di jawab🙏

          1. Biasanya 1 minggu sudah keluar hasilnya. Namun tergantung juga menunggu hasil dari batch lainnya juga.

  1. Gan jam kerjanya gimana ya? Berapa hari kerja dalam 1 minggu? Thx gan

  2. Gan jam kerjanya gimana ya kalau OMT? Dalam 1 minggu berapa hari kerja? Thanks gan

    1. Jam kerjanya 5 hari gan. Senin sampai Jumat, kadang bisa masuk sabtu minggu kalau ada event besar.

  3. Gan hari selasa nanti saya tes nih d gudang garam, bantu dong gmna caranya biar lancar

    1. Baru tahapan pertama ya gan? Soalnya masih tes tertulis psikotest gan. Belajar aja dulu mulai dari sekarang, paling tidak lolos di tahapan pertama dulu.

      1. permisi gan ini maksudnya gimana ya “paling tidak lolos di tahapan pertama dulu”..mohon pecerahannya, pliss baless, hehehehe.. makasih.

        1. Gak ada maksud apa apa mas. Saya cuman balesin dari komentar sebelumnya aja.

          1. INTERVIEW setelah psitkotes itu pertanyaannya tentang apa aja ya kak? pliss mohon di jawab hehehe. makasih.

          2. Lebih ke pertanyaan tentang diri kak. Jadi nanti pewawancara lebh bertanya tentang pengalaman diri kita. Kalau dirasa tidak ada yang menarik ya jadi lebih cepat wawancaranya. Usahkan untuk menjual diri kita dibawa lebih menarik. Karena nanti pekerjaannya jualan produk. Gimana mau jual produk kalau jual “Diri” saja tidak bisa. Terima kasih

  4. saya ingin bertanya,kan minta fc sim,tpi saya masih proses pengurusan,klau as tahap selanjutnya dibawah bisa gan?

    1. Coba di konfirmasikan saja ke pihak HRD nya kak. Karena setau saya untuk bagian sales atau omt itu diwajibkan memiliki SIM karena terkait dengan job desknya selama bekerja. Terima kasih

  5. Makasih infony sangat bermanfaat, mau tanya apakah berarti ini bentuk pekerjaannya seperti sales motoris yang membawa box rokok untuk dijualkan begitu? Terimakasih

    1. Bisa seperti itu juga kak, tergantung nanti wilayahnya juga sales motoris untuk yang area dekat dan aksesnya mudah.

  6. Saat pandemi seperti ini ada lowongan untuk salesmanship tidak? Jika ada saya dapat mendaftar melalui apa?

    1. Kamu bisa cari di google dengan keyword “Surya madistrindo karir” disana banyak lowongan yang dilakukan secara online. Terima kasih.

  7. Mau nanya, saya orang jember, nemu di google masukin key word lowker gudang garam untuk area jember, trus ngisi form d google, setelah itu sy dapat panggilan test nya di bali, kira2 penempatannya itu random seluruh indo apa deket2 kota asal ? Atau kota saat wawancara ?.

    1. Dulu saya tes di jogja dan solo selama tahapan rekruitment. Kemudian pas lolos ditempatkan di area kebumen jawa tengah. Semoga membantu.

  8. Min, saya mau bertanya
    saya saat ini sudah sampai tahap interview HRD (thp ke 4)
    Pada saat interview HRD jumlah kandidatnya hanya tinggal 4 org, setelah interview kami diinfokan recruitment bahwa pengumuman hasilnya kluar max H+14.
    Dan rupanya pada mlm harinya masuk email dari perusahaan utk 2 kandidat yg ternyata isi emailnya “belum berhasil utk ke tahap selajutnya”.
    Sedangkan 2 kandidat lagi belum di infokan sampai saat ini, dan saya salah satu kandidat yg blm diinfokan oleh pihak recruitment.
    Itu tandanya apa ya min?
    Apa saya tunggu sampai H+14 atau menanyakan lngsung ke tim recruitmentnya?
    Terimakasih

    1. Ditunggu aja kak. Biasanya masih nunggu hasil dari batch lain yang juga selesai tes. Atau kalau gak sabar dan punya kontaknya bisa langsung di komunikasikan ke HRD nya. Terima kasih

      1. saya juga sama kak.. udah hampir 2 bulan belum di umumin tetapi yg di nyatakan tidak lulus sudah di umumin.. sudah saya email kontak hrd nya sm juga gak ada konfirmasi lagi.. apakah ini semua kandidat di nyatakan tidak lulus ya kak??

      2. sama min, saya sudah hampir 2 bulan belum ada kejelasan.. untuk CP nya saya gak ada min, di email jg sudah saya komunikasikan ttpi blm ada jawaban min. apakah wktu tes interview terakhir itu tidak ada yang memenuhi kriteria ya min??

        1. Biasanya kalau sudah sampai 2 bulan belum ada kejelasan, kemungkinan besar gagal atau tidak lolos kak. Dicoba lagi saja kak. Semangatsss

  9. Misi kak saya balas disini komen saya yg diatas hehehe. Brrti kalau wwancaranya lama itu kmungkinan bisa lolos interview ya kak? misal punya pngalaman di bidang penjualan roti (ikut ibu) tapi saya jlaskan jobdes”nya, itu bisa kmungkinan lolos gak ya kak

    kalau boleh tau sebelum ketrima di PT. SM apakah ada pngalaman sbgai marketing? hehehe makasi.

    1. Saya dulu juga belum punya pengalaman kerja yang resmi sebelumnya. Tapi punya pengalaman organisasi untuk bikin event event besar di jogja. Jadi itu yang saya ceritakan pas tes interview. Terima kasih kembali

      1. Sya jg critakan itu pnglaman orgnaisasi, event dll di jogja..sama kak saya jg kuliah d Jogja hehehe.
        La kakak skrg di PT. SM udh brp th?

          1. Heheh oke kak, kalau utk interview user itu tntng apa aja ya kak yg ditanyakan?? Makasih sblmmya🙏🙏

          2. waktu itu pertanyaannya masih seputar pengalaman diri saja kak. Gak tau kalau yang lain. Pelajari juga mengenai brand gudang garam apa saja. Apa yang kamu tahu tentang gudang garam sampai dengan isu terkini.

  10. ASSALAMU’ALAIKUM mas/mbak numpang nanya, untuk tes kesehatannya itu tentang apa aja ya yg diperiksa? terimakasih semoga dibalas 🙂

    1. Tes kesehatan OMT PT Surya Madistrindo nantinya akan ditunjunk klinik atau rs tertentu untuk tes kesehatan. Tesnya seperti rontgen, cek urine, cek mata (minus tidak masalah) dan interview kesehatan seperti ada keluhan atau penyakit tertentu. Selebihnya hampir sama seperti tes kesehatan di perusahaan lainnya.

      1. berarti kalau udh MCU kmungkinan bsar udh psti lolos ya kak?

        kalau untuk di SM sendri brrti MCU nya rontgen, cek urine, mata (minus gak masalah) itu aja kan kak?
        makasih…

        1. Kemungkinan besar lolos, cuman tetap jaga kondisi sampai hari tes nya ya kak.
          Untuk tahapannya MCU nya saya lupa, cuman hampir sama seperti MCU pada umumnya kak.

  11. kakk mau tanyaa, bedanya OMT ama MT apaa yaa buat karir kedepannya???

    1. Setahu saya MT itu program percepatan karir yang utama dari PT SM. Sedangkan untuk yang OMT itu program yang kedua. Kalau yang MT naik posisinya lebih cepat dari OMT. MT bisa per bulan atau 3 bulan sudah naik posisi sedangkan untuk OMT bisa 1 tahunan baru bisa naik ke posisi atasnya. Itu setahu saya

  12. untuk MCU nya misal 5/6 orang itu nanti jadi satu di RS/klinik atau beda lokasi kak per orangnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *