Bocoran Dan Pengalaman Tes Di PT Alfamidi

Bocoran Dan Pengalaman Tes Di PT Alfamidi

Kali ini TipsKerja akan share pengalaman mengikuti seleksi dari PT Alfamidi. Bocoran dan jawabannya pengalaman tes psikotes, wawancara hrd, interview user, dan beberapa materi diskusi fgd di alfamidi. Alfamidi ini berbeda ya dengan alfamart. Memang satu grup perusahaan tetapi berbeda managementnya. Dan alfamart lebih dahulu daripada alfamidi, inilah peluang berkarir kita di dunia retail bersama alfamidi yang masih terbuka. Jika kamu mengikuti tes alfamidi ini nantinya kamu akan mengetahui banyak mengenai apa itu alfamidi dan tahapan perkembangannya.

Saya mendaftar dan memperoleh info lowongan ini dari jobfair. Dan entah kenapa untuk perusahaan retail seperti alfamart, indomaret, pocari sweat, konimex, sampoerna dan perusahaan lainnya pasti membutuhkan banyak tenaga baru untuk menunjang perkembangan perusahaannya yang semakin pesat. Kebetulan untuk kali ini saya diijinkan untuk mencoba ganasnya persaingan untuk menjadi karyawan di pt Alfamidi. Berikut informasi tahapan, soal dan apa saja yang akan kamu hadapi.

Baca juga >>> Tips Bagi Kamu Yang Masih Fresh Graduate <<<

  1. Penyerahan cv

Kebetulan lokasi jobfair juga berada di yogyakarta, saya bisa mengikuti seleksi jobfair kali ini. Waktu itu yang saya pilih untuk posisi staf. Untuk posisi staf ini kita tidak bisa menentukan dimana kita akan ditempatkan. Nantinya pihak management yang akan memilih posisi yang pas untuk kita berdasarkan kelebihan skill sewaktu tes dan wawancara kerja. Untuk jurusan terbaru saat ini pt alfamidi tidak mencantumkan persyaratan yang aneh aneh dan masih terbuka untuk semua jurusan bebas melamar.

Yang dibutuhkan hanya cv, copy ijazah dan transkip, foto 3×4 berwarna dan copy ktp.

  1. Pengisian data

Setelah mendapatkan kabar untuk mengikuti tes yang dijadwalkan 2 hari setelah jobfair, saya datang ke alamat tes yaitu di UKDW. Kali ini kita akan menyimak presentasi video dari tim HRD untuk lebih jelasnya mengenai perkembangan alfamidi dan juga pilihan karir yang akan kita ikuti. Pada tes kali ini kita bisa memilih untuk bergabung menjadi MT ( Management Traine ) atau menjadi staf di alfamidi. Kali ini saya mengisi untuk posisi staf. Karena setahu saya posisi MT biasanya diperuntukkan bagi orang yang belum berpengalaman kerja. Karena menurut mereka orang yang belum berpengalaman kerja lebih mudah untuk diatur dan dibekali materi yang sangat banyak.

  1. Tahap seleksi test psikotest

Tes kali ini terbilang cukup berat, disamping dengan soalnya yang terbilang banyak dan lama, juga kali ini banyaknya peserta yang membuat kita harus bisa mengalahkan banyak peserta. Sewaktu saya mengikuti tes kali ini sampai jumlah kursi tidak mencukupi sehingga bagi peserta yang datang terlambat tidak bisa mengikuti tes seleksi psikologi ini. Usahakan bagi kalian untuk datang tepat waktu dan langsung masuk ruangan untuk booking kursi ya. Karena ada beberapa yang sudah datang dahulu tetapi tidak langsung masuk ruangan tes malah asik ngobrol dan merokok yang gak penting harus rela tidak bisa mengikuti tes psikologi ini.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Soal berupa tes matematika dasar, deret angka, mencocokkan gambar bentuk, antonim, sinonim, dan juga kreplin pauli. Saya lupa apakah kreplin atau pauli, tetapi salah satunya nanti ada dalam tes tulis kali ini.

Tes tertulis ini juga memakan waktu yang lama. Dari pagi sampai siang akan kita lakukan, lebih baik untuk membawa bekal dan sarapan terlebih dahulu. Karena setelah tes tulis ini nantinya akan langsung tes interview HRD.

Setelah selesai para peserta diberikan waktu break untuk istirahat dan solat, sekalian untuk menunggu siapa saja yang lolos ketahapan selanjutnya.

  1. Interview HRD

Setelah break istirahat, kita dipanggil masuk ruangan lagi untuk menunggu pengumumannya. Dan ternyata yang gugur pada waktu itu terbilang cukup banyak. Meskipun banyak yang tidak lolos tapi saingannya pun juga masih banyak. Pada saat dibacakan pengumumannya ada beberapa kandidat yang dipersilahkan untuk mengganti posisi yang dilamar. Saya salah satunya dari posisi yang saya lamar adalah staf diminta untuk mengganti menjadi posisi MT dikarenakan nilai dari ujian tes tertulis saya terbilang tinggi untuk dimasukkan ke posisi staf. Dan saya bilang akan membicarakannya pada saat interview nanti.

Ouw ya saran saya untuk mengambil posisi di depan dari awal masuk ruangan, karena giliran untuk interview dimulai dari barisan paling depan jika kamu malas menunggu antrian.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Pada saat interview saya diminta pendapat untuk mengambil pilihan program MT dimana ini adalah program percepatan yang membutuhkan waktu training selama 1 tahun dengan proses yang rumit dimana ketika kita tidak bisa perform kita akan di cut dan keluar dari alfamidi. Saya berat untuk masuk di program MT karena masalah umur juga. Saya mengininkan pekerjaan yang tetap dan tidak ada sistem cut karyawan. Setelah hrd mendengar apa yang saya sampaikan, kemudian lanjut dengan interview biasa sesuai dengan pertanyaan wawancara hrd pada umumnya.

Seperti menceritakan pengalaman diri, pendidikan, pengalaman kerja dan seputar kehidupan. Karena saya sudah berpengalaman kerja yang ditanya seputar mengenai pekerjaan yang lalu.

Untuk proses perekrutan MT bisa kamu cari di forum seperti kaskus meskipun untuk tahunnya masih tahun 2015, 2016 dan tahun 2017.


Baca juga >>> Tips dan Jenis jenis wawancara kerja <<<

>>> Pertanyaan yang diajuakn saat interview kerja beserta jawabannya <<<

>>> Cara menengangkan diri saat wawancara kerja <<<


  1. Fgd (Focus Group Disscussion)

Untuk fgd kali ini hanya untuk program MT saja yang menjalankannya. Beruntung teman saya lolos dan ikut program MT ini. Sedangkan saya karena posisi staf akan langsung tahapan selanjutnya jika lolos.

Di tahapan kali ini kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan membahas masalah seputas produk retail dan persaingan bisnis yang nantinya akan dipresentasikan.


Baca juga >>> Tips dan Trik cara lolos menghadapi tes FGD <<<


  1. Tes fisik

Jika kamu lolos dari tes fgd ini kamu akan menjalani tes fisik dan kesehatan. Tes ini untuk menentukan bahwa kamu tidak bertato dan bertindik serta memiliki badan yang fit untuk bekerja.

  1. Tanda Tangan kontrak

Kamu akan bekerja di wilayah jakarta dan jawa barat. Proses tanda tangan juga dilakukan di kantor pusat alfamidi.

 

Informasi gaji terbaru untuk karyawan alfamidi, baik dari kepala toko (head store), MT (management trainee), dan staf lainnya:
Untuk kepala toko dan staf kantor management gaji senilai Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta tergantung posisi yang ditempati.
untuk posisi MT gaji senilai Rp 5 juta belum termasuk berbagai tunjangan lainnya.

Share Link

7 Comments

  1. Kalo pernah masuk ritel lainnya bisa masuk ke alfamidi gak

    1. Pengalaman bisa menjadi faktor penting dalam tahapan ini. Jadi peluangmu juga semakin besar.

  2. Kan tes awal harus membawa ktp asli ..jika tidak ada ktpasli nya apa boleh tetep masuk ?

    1. Coba saja pakai SIM atau surat keterangan pengganti KTP. Semoga membantu ya

    1. Bisa tergantung posisi yang di daftarkan dan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak HRD alfamidi.
      Tapi tetap coba saja terlebih dahulu. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.