Berapa Lama Menunggu Panggilan Kerja Setelah Tes Berlangsung?

berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanya oleh pelamar kerja, yaitu Kapan sih atau berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview kerja berlangsung? Memang tidak enak rasanya digantung tanpa kejelasan mengenai hasil tes interview kamu atau hasil tes psikotes. Kamu selalu berharap yang terbaik dengan lolos ketahapan selanjutnya dan mendapatkan hasil  yang terbaik.

Tentunya tidak ada jawaban pasti mengenai berapa lama waktu menunggu panggilan kerja karena yang mengetahui adalah tim HRD dari perusahaan itu sendiri.

Ada baiknya jika kamu memang tidak sabar dengan hasilnya kamu bisa follow up ke bagian HRD mengenai hasil tes atu hasil interview baik HRD ataupun interview user. Namun ada beberapa yang perlu kamu ketahui bagaimana cara follow up yang baik dan benar.

Baca Juga >>> Tips Cara Menanyakan Hasil Interview Kepada HRD <<<

Agar kamu tidak berlama lama menunggu tanpa kejelasan ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan seperti berikut :

  1. Batasan Waktu Menunggu Interview

Kamu harus memiliki batasan waktu menunggu interview untuk tes selanjutnya. Misalkan saja kamu memiliki batas waktu 2 minggu setelah tes berlangsung.

Jika sudah lebih dari 2 minggu dan konfirmasi hasil tidak kunjung datang maka kamu bisa memastikan bahwa pada tahapan tes tersebut kamu gagal melaju ke tahap selanjutnya dan segera mencari lowongan kerja lainnya.

  1. Hubungi Ke HRD

Ada baiknya kamu memiliki minimal 1 kontak dari HRD perusahaan tersebut. Misalnya kamu memiliki nomer kontak WA HRD atau minimal email yang bisa dihubungi.

Nantinya jika kamu ada kendala atau ada pertanyaan lainnya kamu bisa menghubungi HRD nya langsung.

Baca Juga >>> Tips Cara Menanyakan Hasil Interview Kepada HRD <<<

  1. Interview User dan HRD Memiliki Waktu Yang Berbeda

Waktu menunggu interview user dan interview HRD memiliki waktu yang berbeda. Jika untuk wawancara HRD waktu yang diperlukan untuk seleksi para peserta lebih singkat dan lebih cepat daripada menunggu hasil dari wawancara user.

Wawancara HRD hanya menseleksi bagian personal dan kepribadian kamu. Sedangkan untuk wawancara User lebih ke masalah teknis pekerjaan dan itu lebih memerlukan waktu untuk memilih mana kandidat yang tepat.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Itu tadi 3 tips dalam menentukan berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user dan interview lainnya sehingga kamu bisa move on ke lowongan kerja lainnya.

Kesimpulannya adalah maksimal waktu untuk interview HRD atau psikologi adalah 2 minggu lamanya batas menunggu hasil seleksinya.

Sedangkan untuk interview user rata rata bisa lebih lama lagi namun itu semua tergantung dari pihak perusahaan apakah memerlukan tenaga karyawan cepat atau bisa lama.

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat dan berguna buat kamu yang sedang menunggu panggilan kerja setelah interview dan tes psikotes

Baca Juga >>> Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview <<<

pict from Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published.