Bagaimana Menjawab Wawancara Kerja Tidak Sesuai Jurusan

By On Saturday, February 8th, 2020 Categories : Tips Kerja

wawancara kerja tidak sesuai jurusan

Terkadang ada beberapa pertanyaan mendasar yang ditanyakan pada saat interview kerja mengenai posisi yang kamu lamar dan jurusan kamu yang tidak sesuai. Berikut ini kita akan mencoba mengulas mengenai bagaiman menjawab wawancara kerja tidak sesuai jurusan yang mungkin bisa menjadikan acuan kamu jika nantinya ditanya mengenai pertanyaan ini.

Banyak lulusan S1 bahkan lulusan S2 yang melamar tidak sesuai dengan jurusan yang mereka raih. Hal ini terkadang karena faktor mencoba kesempatan berkarir diluar jurusan atau karena memang ingin mencoba hal baru dari apa yang mereka pelajari sebelumnya.

Dan pastinya kalian akan ditanyai mengenai mengapa memilih bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan?

Ini adalah pertanyaan yang benar namun juga akan sulit dijawab bagi kamu yang sekedar ingin mencoba hal baru atau mencoba peruntungan bekerja tidak sesuai dengan jurusan kamu sebelumnya. Lalu bagaimanakah cara menjawabnya ? berikut ulasan yang dapat kami berikan :

  1. Jangan Pernah Berkata “Ingin Mencoba Hal Baru”

Ya, jangan sekali kali kamu berkata “ingin mencoba hal baru” karena perusahaan tidak akan menggaji orang yang bekerja karena ingin mencoba coba khususnya dalah beberapa posisi penting dalam perusahaan.

Jawaban yang sama adalah seperti “Saya ingin belajar hal baru” ini juga sama saja dengan pernyataan diatas dan kamu sudah pasti akan dicecar pertanyaan lainnya bertubi tubi karena dunia kerja tidak diperuntukkan bagi kamu yang ingin belajar.

  1. Mencoba Untuk Bercerita Mengenai Pengalaman Kamu Yang Relevan Dengan Posisi Yang Dilamar

Kamu bisa menceritakan beberapa pengalaman kamu baik dalam organisasi atau pengalaman kerja kamu sebelumnya yang cocok dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar ini.

Contohnya adalah saya sendiri yang merupakan lulusan IT yang secara kebetulan ingin mencoba bekerja untuk posisi sales marketing lalu saya jawab seperti ini :

saya dulu sering mengikuti organisasi kemahasiswaan dan membuat banyak sekali event untuk keperluan jurusan. Dari kegiatan mahasiswa itu saya banyak belajar mengenai cara bertemu dengan orang, cara mengajukan proposal, cara bernegosiasi dan cara membuat event yang menarik seperti apa. Jadi dari kegiatan itu saya rasa dunia marketing adalah hal yang sama dan saya cukup percaya diri untuk menjalaninya

Itu tadi jawaban yang sering saya gunakan pada saat ditanya mengenai posisi yang tidak sesuai jurusan pada saat interview kerja dan itu memang jujur dengan apa yang saya lakukan sebelumnya. Kamu juga bisa menceritakan mengenai pengalaman kamu yang dirasa bisa sesuai dengan posisi yang kamu lamar saat ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Tunjukkan Keahlian Kamu Yang Bisa Sesuai Dengan Posisi Tersebut

Kamu bisa menunjukkan keahlian apa yang kamu miliki sehingga layak untuk lolos dan diterima bekerja. Misalnya jika kamu ingin bekerja diposisi “Digital Marketing” namun jurusan kamu sebelumnya adalah akuntansi maka kamu tinggal menyebutkan saya kamu memiliki keahlian apa. Contohnya :

Meskipun saya lulusan akuntansi, namun saya pernah mengikuti seminar dan pelatihan bagaimana menjual produk menggunakan Facebook Ads dan Google Ads. Dan dari situ saya menyukai bagimana membaca data yang dihasilkan dari FB ads dan Google ads tersebut. Dan saya rasa saya bisa untuk bekerja diposisi tersebut

Kamu bisa menggunakan keahlian kamu sebagai kunci dari pertanyaan posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kamu. Coba ingat ingat kembali mengenai apa yang sekiranya bisa disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar ini.

  1. Karena Perusahaan Membutuhkan Posisi Tersebut

Ada banyak posisi dalam lowongan kerja dimana kualifikasinya adalah “terbuka untuk semua jurusan boleh melamar”. Kamu bisa menggunakan alasan ini untuk menjawab pertanyaan tersebut. Seperti :

Saya ingin mengambil semua kesempatan yang datang kepada saya, dan karena untuk posisi ini tidak ada kualifikasi detail mengenai jurusan yang bisa dilamar, maka saya memutuskan untuk mengambil posisi tersebut dan saya lamar sekarang

Dengan jawaban ini maka interviewer akan memaklumi kamu karena berbeda jurusan dengan posisi yang kamu lamar. Namun ini tidak bisa dipakai jika kualifikasi nya sudah mencantumkan untuk jurusan tertentu saja.

  1. Tunjukkan Bahwa Kamu Memang Siap Untuk Posisi Tersebut

Jangan ragu jika kamu memang merasa bahwa posisi tersebut bisa kamu kerjakan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki saat ini. Karena kita pastinya bisa lebih berkembang dan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Contohnya :

Saya rasa saya orang yang cepat dan mudah beradaptasi. Dan saya yakin jika diberikan kepercayaan ini saya bisa mengikuti lingkungan kerja nantinya

Intinya adalah yakin dengan kemampuan kamu saat ini dan kamu harus bisa membuktikannya jika nantinya memang kamu diterima menjadi karyawan diperusahaan tersebut.

Baca Juga >>> Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja Fresh Graduate <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara menjawab wawancara kerja tidak sesuai jurusan. Namun perlu diingat bahwa kami tidak mengajari anda untuk melakukan kecurangan, karena semua orang memiliki cara dan pengalamannya masing masing. Contoh diatas hanya untuk ilustrasi bagaimana menjawab pertanyaan seputar posisi yang tidak sesuai jurusan. Jadi belum tentu contoh jawaban diatas benar dan tepat 100%.

Kamu bisa mencarinya sendiri jawaban yang benar benar berdasarkan dari pengalamanmu pribadi seperti apa untuk menjawab pertanyaan tersebut. Semoga sukses untuk interviewnya dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

 

Bagaimana Menjawab Wawancara Kerja Tidak Sesuai Jurusan | tipskerja | 4.5