Baca Ini Sebelum Tes Di Asuransi Astra Buana

pengalaman tes astra buana

Kali ini tipskerja akan membahas tentang program Management Trainee (MT) atau juga program BMDP (Branch Manager Development Program). Seperti program percepatan karir lainnya program MT ini juga ada sistem cut off disetiap proses tahapannya. Tidak ada ikatan dinas atau jaminan ijazah jika kamu mengikuti program ini. Proses tahapan seleksinya terbilang cukup cepat dan tidak memakan waktu yang begitu lama. Test umum akan kamu jalani sehari penuh pada saat itu juga, dan tes di kantor pusat di jakarta. Berikut tes yang akan kamu jalani

  1. Psikologi test

Sebelumnya tim hrd astra buana akan menjelaskan tentang company profil yang dimiliki perusahaan tersebut. Dari awal kamu akan mengetahui apa saja benefit yang akan kamu dapatkan dan proses panjang seperti apa yang kamu ikuti jika sudah menjadi karyawan disini.

Test dan soal berupa tes logika dan memori, tes IQ, tes koran kreplin, tes visual, matematika dasar dan tes kepribadian. Untuk tes kepribadian yang terpenting adalah menjadi diri sendiri, karena tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini. Untuk tes lainnya coba untuk latihan terlebih dahulu seperti tes deret angka dan matematika dasar. Jika sudah kamu akan mendapatkan pengumuman saat itu juga dan lanjut untuk tes selanjutnya.

Untuk tes kreplin diharapkan kamu bisa lebih stabil dalam pengerjaannya. Tidak buru buru dan bisa stabil dengan hasil batas tertinggi diawalnya. Hal ini untuk menguji bagaima kamu bisa bertahan dalam tekanan dipekerjaan yang akan kamu hadapi nanti.

  1. FGD (Focus Group Discussion)

Pada tahapan kali ini semua kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompoknya berjumlah 5 orang. Tips dari kami lebih baik kamu belajar mengenai dasar dasar dari asuransi dan bagaimana cara kerja dari asuransi astra buana ini. Pelajari juga mengenai bisnis asuransi dan logika dasar asuransi.

Kamu akan diberikan selembar kertas dan case yang akan kamu terima. Pelajari dahulu dan baca dengan teliti maksud dari permasalahannya seperti apa. Ambil point penting yang membuat masalah ini muncul dan cari solusi yang bisa mendukungnya. Tulikan data analisismu dan dikusikan bersama kelompok. Ingat jangan terlalu menekan dan memojokkan saran dari teman diskusimu. Ingat ini adalah diskusi dan bukan debat.

Baca juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Interview HRD dan Psikolog

Pada tahapan ini kamu akan ditanyai mengenai kepribadianmu seperti kuliahmu, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja. Buat semenarik mungkin isinya padat dan jelas. Pertanyaan lainnya mengenai :

  • Apa motivasimu bekerja di perusahaan ini,
  • Bagaimana pandanganmu mengenai perusahaan ini,
  • Kenapa tertarik didunia asuransi,
  • Pengalaman terbaik dan terburuk yang pernah kamu jalani seperti apa
  • Kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  • Tujuan hidupmu selama 5 tahun kedepan seperti apa

Baca juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<

  1. Presentasi Board of Director dan MCU (Medical Check Up)

Pada tahapan ini kamu akan menerima suatu case hampir sama seperti di FGD sebelumnya dan diminta untuk menyelesaikan terlebih dahulu sebelum dipresentasikan nanti. Materinya seputar asuransi dan kompetitor dari perusahaan ini, bagaimana strategi untuk bisa memenangkan persaingan didunia asuransi.

Buatlah point penting dan coba untuk menambahkan teori teori dasar dari asuransi lainnya untuk menguatkan solusi yang akan kamu berikan nantinya.

Untuk proses MCU yang akan dites adalah, tes fisik tinggi dan berat badan, tes mata, tes rontgen, tekanan darah dan cek urin dan sample darah. Pastikan untuk tidak begadang sehari sebelum melakukan tes MCU dan perbanyak minum air putih sebelumnya.

 

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.