Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

Perbedaan Sales Dan Marketing

Pada saat mendaftar lowongan kerja sering kali kita merasakan kendala mengenai apa sih perbedaan dari sales dan marketing? atau malah ada yang menganggap bahwa sales dan marketing itu adalah sama?

Mari kita simak perbedaannya di tipskerja kali ini.

Banyak yang salah dengan arti dan jobdesk dari sales dan marketing. Bukan hanya bagi pelamar pekerjaan, bahkan perusahaan pun sering salah dalam mengartikannya baik fungsi dan tugasnya. Terdengar sama dikarenakan keduanya merupakan bagian dari strategi perusahaan tersebut untuk mencapai target. Yang membedakannya adalah keduanya memiliki fokus kerja yang berbeda.

Dari definisinya Sales adalah kegiatan untuk menjual, salesman adalah orang yang menjual produk atau jasa yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Marketing adalah implementasi dari strategi yang dijalankan agar penjual bisa lebih maksimal. Marketer adalah orang yang bertugas sebagai marketing strategi di perusahaan tersebut agar antara penjual dan pembeli bisa bertemu dititik yang ditetapkan.

  1. Perbedaan Proses

Pada prosesnya Sales akan langsung menghadapi konsumen. Yang akan berhubungan dengan pembeli adalah seorang salesman.

Tim Marketing akan melakukan analisis pasar dan strategi apa yang pas agar proses penjualan salesman bisa lancar dan tepat guna. Tim marketing yang membuat konsep serta alat apa saja yang diperlukan oleh salesman. Tim marketing harus membuat analisa bagaimana caranya agar produk yang dijual salesman laku dan diterima oleh konsumen. Marketing lebih mengarah ke bagian promosi.

  1. Jangkauan Kerja

Untuk jangkauan waktu kerja tim sales bersifat pendek namun terus menerus. Sedangkan untuk marketing bersifat untuk jangka waktu panjang namun berkala menyesuaikan dengan analisis pasar.

Tim sales yang harus membuat stok di sebuah toko agar terus tersedia, sedangkan tim marketing yang membina hubungan baik antara perusahaan dan pembeli produk atau relations customer.

  1. Prioritas dan Jobdesk

Prioritas dan jobdesk tim marketing adalah untuk membuat relasi tersebut puas dan menjaga hubungan baik antar kedua belah pihak. Tim marketing harus bisa menyakinkan agar produk yang ditawarkan ini adalah produk yang laku keras dengan cara promosi yang berlangsung.

Sedangkan untuk tim sales prioritas dan jobdesknya adalah bagaimana memanajemen stok dan ketersediaan produk di pihak kedua. Jangan sampai stok yang diberikan terlalu banyak namun juga jangan sampai terlalu sedikit sehingga kehabisan stok di pihak kedua.

  1. Tujuan Kerja

Untuk tujuan kerja atau goal dari sales dan marketing ini sama yaitu Targetnya Tercapai.

Tim sales targetnya adalah penjualan agar produk yang ditawarkan ini dibeli oleh konsumen, untuk tim marketing targetnya adalah bagaimana promosi yang terbaik untuk menunjang penjualan si salesman atau tim sales.

Data yang sudah diambil oleh tim sales kemudian akan dianalisa oleh tim marketing, lalu ditemukanlah strategi pasar dan strategi promosi yang terbaik seperti apa.

Marketing biasanya bergerak dibelakang layar, sedangkan tim sales bertindak sebagai ujung tombak. Namun tim marketing tetap juga memantau dilapangan seperti apa guna memastikan data yang dibawa oleh tim sales valid atau tidak.

 

Berikut adalah perbedaan mendasar yang bisa menjadikan acuan bagi kamu yang ingin menetapkan pilihan ke divisi mana yang harus dipilih. Keduanya saling membantu dan bekerja bersama untuk tujuan yang sama yaitu target yang harus terpenuhi.

Terima kasih sudah membaca artikel menarik ini, semoga dapat membantu kamu dalam memilih antara tim sales atau tim marketing? Salam sukses untuk kita bersama.

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.