Apa Itu Soft Skill dan Contoh Ketrampilannya

soft skill adalah

Soft skill adalah ketrampilan diri atau inter personal skills yang berfokus pada pengembangan dan karakter diri sendiri. Cangkupannya cukup banyak untuk hal hal yang mempengaruhi soft skill seperti kemampuan berfikir, kemauan untuk selalu belajar lebih dan kemampuan dalam mempraktekkannya di kehidupan sehari hari.

Berbeda dengan hard skill, jika hard skill bisa kamu dapatkan dengan terus belajar. Maka kemampuan soft skill adalah kemampuan  proses yang dipraktekkan dalam pembelajaran itu sendiri. Soft skill lebih mengarah kepada pengalaman pribadi seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Jika seseorang memiliki banyak pengalaman pribadinya yang sulit, maka tingkat kemampuan soft skillnya juga lebih tinggi daripada orang yang memiliki sedikit pengalaman. Soft skill tidak diajarkan di bangku kuliah namun lebih diterapkan di kehidupan sehari hari.

Adapun contoh dan macam macam kemampuan soft skill adalah :

  1. Kepemimpinan

Ada yang bilang untuk kepemimpinan merupakan bakat dari lahir. Namun ada juga yang berhasil memiliki kemampuan soft skill ini tanpa bakat. Lebih tepatnya jiwa kepemimpinan bisa timbul karena suatu proses yang dilatih.

Untuk mendapatkan jiwa kepemimpinan ini bisa kamu latih jika mengikuti suatu organisasi di kuliahmu atau di lingkunganmu. Kamu akan terbiasa berkomunikasi dengan banyak pihak didalamnya sehingga kamu bisa mengasah jiwa kepemimpinanmu.

  1. Bekerja Sama

Dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk bisa bekerja sama sebagai tim untuk tujuan perusahaan yang lebih baik. Tentunya jika dikerjakan secara bersama sama maka suatu masalah bisa cepat diselesaikan. Soft skill inilah yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Sudah banyak perusahaan yang menyertakan kebutuhan “ bisa bekerja sama dalam tim “ sebagai salah satu syarat dalam kualifiakasi calon karyawannya.

  1. Kreativitas

Bagi perusahaan setiap karyawannya dituntut untuk bisa memiliki kreativitas yang lebih untuk membangun perusahaan tersebut. Jika kamu ingin bekerja di bidang kreatif maka poin ini sangatlah vital dan wajib kamu miliki. Dengan adanya kreativitas, perusahaan akan menjadi lebih hidup dan bisa berkembang jauh lebih baik.

  1. Kritis

Berfikir kritis juga salah satu elemen yang sangat baik untuk mendukung soft skill mu. Tentunya kritis disini adalah berfikir kritis untuk membangun. Dengan berfikir kritis kamu dianggap memiliki pemikiran yang terbuka dan bisa diandalkan untuk ditanyai pendapat oleh orang orang terdekatmu.

  1. Komunikasi

Poin diatas hanya akan menjadi sebuah angan angan jika kamu tidak bisa mengungkapkannya atau berkomunikasi dengan baik. Kamu memiliki ide yang baik, kreatif, berfikir kritis namun jika kamu tidak dapat menyampaikannya maka semua itu hanyalah angan angan saja.

Untuk posisi seperti management trainee, biasanya soft skill ini yang menjadi utama yaitu dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. Dalam suatu waktu munkin pada saat meeting di perusahaan kamu ditugaskan untuk menjadi pimpinan dalam suatu presentasi. Kemampuan soft skill inilah yang akan menjadi kunci dan dominan dalam presentasi tersebut.

Cobalah untuk berlatih dalam mengungkapkan gagasan gagasan penting yang bisa kamu pikirkan dan yang terbaik bagi semua.

 

Mungkin diatas adalah beberapa contoh kemampuan soft skill yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dan bisa kamu tingkatkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, sukses untuk kita semua. Terima kasih.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.