7 Tips Genius Posisi Duduk Saat Interview Kerja

posisi duduk saat interview

Interview Kerja – Salah satu faktor yang bisa mencerminkan kepribadian kamu adalah mengenai posisi duduk saat interview kerja berlangsung. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada saat interview kerja terutama tentang posisi duduk.

Sikap dan bahasa tubuh bisa menjadi penilaian tersendiri bagi pewawancara. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan ada juga hal yang pantang kamu lakukan pada saat duduk menghadap interviewer.

Berikut ini 5 tips sikap tubuh dan posisi duduk saat interview kerja berlangsung :

  1. Duduk Ketika Dipersilahkan

Ketika sudah dipanggil oleh pewawancara kamu harus menunggu untuk dipersilahkan duduk dengan menjabat tangan pewawancara sebelumnya.

Jika sudah dipersilahkan maka kamu bisa duduk dan mempersiapkan diri seperti berkas penting CV dan lain lainnya. Usahakan untuk melepas jaket atau aksesoris lainnya sebelum masuk kedalam ruang interview. Ini merupakan posisi duduk saat interview yang paling utama

  1. Badan Harus Tegak

Posisi duduk harus tegak untuk memperlihatkan rasa percaya diri kepada interviewer. Jika kursi yang kamu gunakan bisa disesuaikan tingginya, maka atur tinggi kursimu lebih tinggi dari kursi pewawancara.

  1. Tidak Bersandar

Usahakan untuk tidak bersandar dikursi agar posisi duduk kamu bisa lebih tegak dan bisa lebih condong mengarah kepada pewawancara.

Dengan tidak bersandar menunjukkan kamu lebih serius dengan pembicaraan tersebut  dan lebih percaya diri.

  1. Posisi Kaki Tidak Menyilang

Posisi kaki yang terbaik adalah dengan menapak ke lantai dan usahakan serileks mungkin. Hindari posisi menyilang seperti layaknya bos.

Hindari juga kaki yang terlalu banyak bergerak seperti layaknya orang yang gugup.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

  1. Posisi Tangan

Hindari banyak gerakan tangan yang tidak perlu. Gerakan tangan usahakan hanya seperlunya saja pada saat bercerita atau menjelaskan sesuatu yang penting dengan bahasa tubuh.

Hindari juga posisi tangan melipat atau bersedekap dan posisi tangan yang saling menyilang. Posisi tangan yang paling baik dan benar adalah dengan menempatkan tangan keatas meja atau cukup dengan meletakkan diatas paha pada saat duduk.

  1. Posisi Kepala

Sama halnya dengan posisi tubuh, ada baiknya posisi kepala tegak dan tidak banyak bergerak. Usahakan untuk menjaga kontak mata dengan pewawancara namun tidak menunjukkan intimidasi kepada interviewer.

Dengan menjaga kontak mata maka akan menunjukkan bahwa kamu yakin dengan pernyataan yang kamu berikan dan bisa menjaga perhatian penuh terhadap lawan bicara. Ini merupakan kunci yang pas untuk menjaga posisi duduk saat interview.

  1. Kurangi Hal yang Bisa Mengalihkan Perhatian

Pada saat duduk interview, kurangilah hal hal yang bisa menyebabkan pewawancara menjadi tidak fokus dengan apa yang kamu lakukan seperti gerakan tangan dan kaki karena sudah menjadi kebiasaan atau menggelengkan kepala untuk sekedar rileks.

Karena HRD atau user akan fokus dengan jawabanmu, maka ada baiknya kamu juga fokus dengan jawabanmu dan tidak melakukan hal hal tidak penting lainnya. Posisi duduk yang benar akan saat interview kerja akan mempengaruhi kamu dalam penilaian.

 

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja <<<

 

Itu tadi beberapa tips posisi duduk saat interview kerja berlangsung. Sebelum datang ke wawancara kerja ada baiknya kamu berlatih dan melihat kecermin bagaimana kamu duduk dan bagaimana seharusnya yang terbaik.

Usahakan untuk tidak melakukan hal yang aneh dan bersikaplah layaknya seorang yang profesional. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.