7 Tips Dan Solusi Cara Mengatasi Pengangguran

cara mengatasi pengangguran

Jumlah mahasiswa yang wisuda dan jumlah tenaga kerja yang siap bekerja selalu tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi beberapa orang masih menganggur sampai saat ini. Berikut tipskerja akan membahas mengenai cara mengatasi pengangguran di indonesia.

Setiap tahunnya jumlah pengangguran semakin meningkat, khususnya dinegara berkembang termasuk Indonesia. Dengan kondisi tersebut masyarakat mengharapkan pemerintah untuk bisa menanggulangi masalah pengangguran ini.

Berikut beberapa cara mengatasi pengangguran yang mungkin bisa diterapkan di indonesia :

  1. Membuat Lapangan Kerja Baru

Hal ini menjadi solusi yang sangat diharapkan oleh banyak masyarakat khususnya tenaga SDM yang sudah siap bekerja. Dengan membuka lapangan kerja yang baru akan secara langsung mengurangi tingkat pengangguran yang ada.

Namun persoalannya adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja baru sedangkan kebanyakan SDM hanya memilih perusahaan yang bonafit dan terkadang lebih memilih pekerjaan berdasarkan besar atau ternamanya perusahaan tersebut.

Ini menjadi PR bersama bagi masyarakat dan pemerintah untuk tidak memilih dan membedakan antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya.

  1. Sistem Pengalaman Kerja

Banyak perusahaan yang menetapkan persyaratan yang selangit sehingga sangat tidak mungkin bagi beberapa SDM yang tidak memiliki pengalaman kerja untuk bisa ikut bersaing dalam rekrutmentnya.

Sebagai contoh banyak persyaratan pengalaman kerja dengan minimal 2-5 tahun untuk bisa mendaftar diposisi yang diinginkan dengan tambahan syarat maksimal usia yang masih terbilang muda.

Perlu adanya standar terbaru mengenai syarat pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk SDM muda bisa bersaing kedalam rekrutmen perusahaan.

  1. Standar Outsourcing

Banyak perusahaan Outsourcing yang lebih merugikan SDM kerja kita. Meskipun dengan adanya perusahaan outsourcing sangat membantu untuk membuka lapangan kerja baru, namun untuk sistem kontraknya yang sangat sering merugikan SDM.

Contohnya seperti pemutus hubungan secara sepihak dan tidak adanya jenjang karir membuat perusahaan outsourcing menjadi pilihan terakhir bahkan ada yang sangat menjahui untuk berkarir dan bekerja disana.

Dibutuhkan pemerintah kita untuk bisa menata kembali regulasi sistem kerja outsourcing yang bisa saling menguntungkan bagi SDM dan perusahaan terkait.

Baca Juga >>> Apa Itu Outsourcing di Dunia Kerja <<<

  1. Pendidikan dan Pelatihan Kerja

Dengan adanya program pendidikan dan pelatihan kerja maka SDM akan lebih siap untuk bisa terjun langsung kedunia kerja. Program ini akan mengurangi SDM yang tidak memiliki skill dasar dalam bekerja dan bisa bersaing dengan SDM lainnya sehingga angka pengangguran juga akan semakin menurun.

Dengan pelatihan siap kerja maka keahlian dan skill tenaga kerja akan semakin terasah dan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada yang tidak mendapatkan skill pelatihan kerja.

  1. Wirausaha

Salah satu cara mengatasi pengangguran adalah dengan meningkatkan jiwa kewirausahaan. Dengan banyaknya jumlah enterpreneur maka semakin tinggi juga peluang kerja yang akan dibutuhkan.

Perlu kita sadari tinggat enterpreneur di indonesia masih terbilang sangat sedikit dan kalah dengan negara tetangga. Dengan menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini maka akan sedikit membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Pemerintah juga diharapkan bisa ikut serta dalam pengembangan program ini dengan mempermudah kebijakan ijin usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis kecil dan menengah di indonesia.

  1. Program Transmigrasi

Perpindahan penduduk sebagai program pemerataan tenaga kerja juga menjadi solusi dalam mengatasi pengangguran. Jika suatu daerah sudah terlalu banyak SDM yang menganggur, maka hal ini juga semakin meningkatkan jumlah persaingan didalamnya.

Dengan pemerataan tenaga kerja diharapkan masyarakat bisa memajukan daerah lain dan bisa mendapatkan peluang yang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan baru.

Saat ini juga sudah banyak perusahaan yang memberikan syarat khusus seperti bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia untuk bisa mengembangkan sayap di bisnis mereka.

  1. Meningkatkan Ekonomi Makro

Pertumbuhan ekonomi negara juga sangat berperan dalam menciptakan lapangan kerja baru. Pemerintah seharusnya bisa lebih ikut serta dan memperhatikan industri baru dan industi UMKM ditengah perkembangan industri saat ini.

 

Itu tadi 7 cara mengatasi pengangguran dari tipskerja. Namun apakah kamu tahu apa penyebab banyaknya pengangguran yang ada di indonesia ? Berikut sebab mengapa pengangguran betambah :

  • Banyak SDM yang terlalu pilih pilih dengan posisi pekerjaan, bahkan terlalu memilih dalam urusan masalah gaji sedangkan pengalaman yang dimilikinya masih belum ada. Sebaiknya jika kamu tidak memiliki pengalaman yang cukup maka ada baiknya untuk tidak memilih pekerjaan dan ambil positifnya untuk menambah pengalaman kerja
  • Mahasiswa terlalu cepat lulus dengan minimnya pengalaman kerja.
  • Jumlah lowongan kerja tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa atau tenaga kerja yang lulus sehingga terciptanya persaingan yang ketat didalamnya.
  • Tidak bersedia bekerja dengan syarat penempatan didaerah.
  • Tidak memiliki pendidikan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Kecanggihan teknologi yang menyebabkan banyak pekerjaan manusia yang tergantikan dengan mesin mesin modern.

Permasalahan pengangguran ini sebenarnya bisa kita atasi bersama untuk kemajuan negara kita. Pengangguran bisa memicu permasalahan lainnya dimasyarakat seperti masalah kriminalitas dan pertumbuhan pembangunan negara. Diharapkan dengan adanya bantuan dari masyarakat dan pemerintah bisa menekan seminim mungkin jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.