Pengertian ROI dan Rumus ROI (Return on Investment)

ROI adalah perhitungan dalam bisnis yang biasa digunakan untuk menganalisa potensi rasio yang di dapatkan dari jumlah hasil investasi. ROI sendiri merupakan singkatan dari Return On Investment. ROI ini nantinya akan menjelaskan keuntungan sampai dengan peningkatan efisiensi finansial suatu bisnis dan proyek.

Setiap pengeluaran untuk menjalankan bisnis perusahaan biasanya dapat di hitungkan dalam rumus ROI. Pengeluaran perusahaan ini termasuk jasa sewa gedung, jasa pembuatan website, jasa biaya iklan dan lainnya bisa dianggap sebagai return on investment

ROI sendiri digunakan untuk menghitung jumlah yang akan dikeluarkan sebelum sebuah bisnis dan investasi akan terlaksana, sehingga akan di ketahui jumlah keuntungan dan balik modalnya akan seperti apa per tahunnya. Opportunity Cost suatu investasi juga bisa dijelaskan dengan ROI. Para investor biasanya mengharapkan untuk menerima return tahunan minimal 5 % dari investasi awal.

ROI ini juga diterapkan di berbagai perusahaan juga dan bukan hanya pada bisnis investari. Perusahaan menggunakan rumus ROI untuk menentukan keberhasilan suatu proyek yang sedang dijalankan.

Berikut cara dan menghitung dengan Rumus ROI

Rumus ROI sendiri adalah Laba bersih atau return dibagi dengan jumlah yang sudah dinvestasikan dikalikan 100

ROI (%) = Laba bersih (return) / Investasi x 100

Cara lainnya mencari keuntungan ROI adalah dengan jumlah keuntungan investasi dikurangi biaya investasi kemudian hasilnya di bagi dengan biaya investasi lagi

ROI = (Keuntungan – Biaya ) / Biaya

Perhitungan ROI ini adalah langkah awal untuk menganalisa perkiraan untung dan balik modal suatu proyek atau investasi. Kemungkinan akan keakuratan dan kesalahan dalam perhitungan ROI bisa dimaklumi dengan beberapa faktor pendukung lainnya seperti biaya tidak terduga atau kesalahan teknik dan alam. Namun dengan perhitungan ROI kita bisa terbantu dalam identifikasikan mana potensi bisnis yang baik dan mana yang tidak baik sehingga pengambilan keputusan diharapkan bisa lebih baik.

Untuk kasus di berbagai perusahaan penggunaan ROI ditujukan untuk mengidentifikasi metode pemasaran yang terbaik dengan iklan atau yang lainnya dimana yang diharapkan adalah return yang tinggi berdasarkan keberhasilan analisa ROI sehingga di tahun tahun mendatang analisa suatu proyek bisa dijalankan lebih baik.

Berikut pengertian ROI dan penerapan rumus ROI itu sendiri. Diharapkan artikel ini bisa membantu kamu dalam menganalisa suatu proyek bisnis bahkan dalam investasi sekalipun. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published.