11 Tips dan Cara Mengatasi Stres Kerja

cara mengatasi stres kerja

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tingkat stress yang berbeda beda. Bahkan pekerjaan yang didasari dengan hobipun bisa mengalami stres dan bosan. Lalu bagaimana cara mengatasi stres kerja yang selalu datang jika ada tekanan dari atasan dan target yang menumpuk? simak ulasan kami yuk.

Berikut cara mengatasi stress kerja yang mungkin sedikit bisa meringankan beban kamu :

  1. Istirahat Sejenak

Ya benar, ini merupakan cara yang paling ampuh ketika stres sudah menumpuk. Kamu bisa beristirahat sejenak dan mengatur ulang emosi serta tekanan darah kamu agar badan dan pikiran tidak tegang.

Kamu bisa istirahat dengan pergi keluar untuk menghirup udara segar sejenak atau sekedar ke pantry kantor untuk meminum segelas kopi atau teh hangat sebelum kembali bekerja. Manfaatkanlah waktu istirahatmu sebaik mungkin agar bisa kembali fresh setelahnya.

  1. Lingkungan Kerja Nyaman

Cara yang kedua adalah dengan membuat lingkungan kerja kamu senyaman mungkin. Kamu bisa memulai dari mendekorasi ulang meja kerjamu. Letakkan benda benda yang bisa membuatmu tetap nyaman seperti meletakkan bunga atau sekedar membuatnya lebih bersih dan rapi.

Lingkungan kerja yang nyaman membuat kamu akan lebih betah berada didalamnya. Ajak juga rekan kerja lainnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di kantor. Kamu harus memiliki jadwal untuk selalu mendekorasi ulang meja kantor kamu agar tidak bosan.

  1. Batasi Kemampuan Kamu

Kenapa terciptanya stress kerja ? mungkin karena tugas yang dibebankan sudah melampaui batas kemampuan kamu dalam menanganinya. Kamu harus tahu batas kemampuan bekerjamu sejauh mana.

Jika kamu sudah mengetahui batas kemampuanmu maka ada baiknya pekerjaan lainnya bisa kamu tunda sebentar atau dikerjakan keesokkan harinya. Kamu juga bisa meminta bantuan rekan kerja untuk membantu menyelesaikan masalah yang terlewat banyak ini.

Kalau dirasa stres sudah meningkat, maka batasilah jam kerja kamu. Memaksakannya selesai dihari itu juga atau lembur yang berlebihan malah akan membuat pekerjaan kamu menjadi semakin kacau dan jam istirahatmu semakin berkurang.

  1. Apresiasi Diri Sendiri

Coba kamu membuat jadwal untuk mengapresiasi diri sendiri. Caranya jika kamu bisa menyelesaikan target ini maka kamu berhak untuk mendapatkan kepuasan diri pribadi seperti “jika tugas selesai saya bisa bersenang senang dengan cara nongkrong atau nonton bioskop setelahnya”.

Coba untuk selalu memberikan semangat kepada diri jika seluruh pekerjaan sudah selesai apa yang bisa mengapresiasi diri kamu sendiri. Temukan hal yang bisa membuat kamu senang dan gunakan itu untuk mengapresiasi diri.

  1. Tentukan Prioritasmu

Buatlah catatan kecil mana saja yang menjadi prioritasmu dalam bekerja hari ini. Dengan membuat catatan kecil maka kamu akan tahu mana saja yang harus dikerjakan hari ini dan buatlah ceklist jika pekerjaan tersebut telah dikerjakan.

Diharapkan catatan ini bisa membuat pekerjaanmu lebih terorganisir dan mempermudah kamu dalam menyelesaikan target harian.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Jika pekerjaan tersebut bisa diselesaikan hari itu dan jam kerjamu masih terbilang sangat panjang, maka jangan tunda pekerjaanmu dan kerjakanlah saat itu juga.

Ini akan membantu kamu dalam mengurangi pekerjaan diesok harinya.

  1. Cari Hiburan Lain

Disela sela waktu luang pekerjaan coba carilah hiburan lain. Seperti menonton meme lucu di instagram. Membuka situs belanja, atau sekedar merencanakan liburan di akhir pekan nanti bersama rekan kerja atau keluarga.

Stres akan cepat teralihkan dengan membuat hiburan lain didalam pekerjaanmu.

  1. Menceritakan Ke Rekan Kerja

Jika ada masalah coba ceritakan masalah tersebut kerekan kerja kamu. Terlebih jika masalahmu adalah masalah pekerjaan. Memendam masalah kerja akan membuat kamu tambah stres dalam memikirkannya. Ini mungkin juga salah satu cara mengatasi stres kerja.

Diharapkan dengan bercerita kamu bisa mendapatkan dukungan dari rekan kerja kamu dan bisa berfikir lebih baik kedepannya.

  1. Jangan Terlalu Dipikirkan

Ini mungkin ada benarnya dan terkadang bisa kamu terapkan dilingkungan kerja. Mungkin stres kerja yang selama ini terjadi karena kamu terlalu berfikiran negatif atau terlalu berfikir berlarut larut.

Ada baiknya untuk terkadang berfikiran “bodo amat” dan berfikir bahwa mungkin besok akan selesai masalahnya menjadi jawaban atas stres yang kamu alami.

  1. Temukan Sebab Stres Melanda

Ketika stres sudah melanda cobalah untuk menemukan sebab munculnya masalah tersebut. Sumber masalah bisa seperti lingkungan yang kurang kondusif maka solusinya coba mencari tempat kerja yang bisa menunjang pekerjaanmu.

Atau mungkin saja tugas dan target terlalu tinggi, maka solusinya adalah dengan mengkomunikasikan target ini kepada atasan kamu untuk menemukan jalan tengahnya.

  1. Sukai dan Bersyukur Dengan Pekerjaanmu

Cobalah untuk melihat dari sisi positifnya. Cobalah untuk bersyukur atas apa yang dikerjakan hari ini dan atas apa yang sudah diberikan kepadamu.

Kerjakan karena kamu mencintai dan senang dengan pekerjaan tersebut. Dengan begitu kamu akan lebih bersyukur dan bisa menghadapi stres kerja dengan cara dan pikiran yang positif

Baca Juga >>> Baca Yuk Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja <<<

Itu tadi 11 tips dan cara mengatasi stres kerja. Stres itu datangnya bisa dari diri sendiri atau lingkungan. Maka cobalah untuk selalu berbenah diri dan temukan lingkungan kerjamu senyaman mungkin. Berikan yang terbaik untuk pekerjaanmu dan syukuri apa yang ada.

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.