11 Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Interview Kerja

pertanyaan yg sering muncul saat interview

Pertanyaan Interview – Interview kerja merupakan salah satu tahapan rekrutment yang harus kamu hadapi jika ingin masuk menjadi karyawan di perusahaan yang kamu impkan. Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja berlangsung.

Tipskerja sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja, baik interview HRD, interview psikolog, interview user bahkan sampai interview direksi atau direktur.

Berikut beberapa contoh pertanyaan saat interview kerja berlangsung :

  1. Ceritakan tentang diri anda.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan pembuka pada saat kamu interview kerja. Pastikan kamu sudah memiliki jawaban yang tepat atau kamu bisa membaca artikel berikut ini :

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview <<<

  1. Motivasi kerja di perusahaan ini apa ?

Hal ini sering menjadi pertanyaan pada saat interview psikolog. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apa tujuan kamu dalam bekerja kedepannya.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

  1. Apa prestasi terbesar kamu dan juga kegagalan terbesar kamu saat ini

Untuk pertanyaan ini kamu diminta untuk bercerita mengenai pengalaman pribadi kamu. Apa yang ingin kamu ceritakan bebas dan tidak terikat tentang apa prestasi dan kegagalanmu. Yang terpenting kamu bisa menjawab beserta solusi yang kamu temui.

Baca Juga >>> 5 Tips Genius Ceritakan Prestasi Terbesar Anda Beserta Kegagalan <<<

  1. Apa Visi dan Misi kamu dalam bekerja di perusahaan ini ?

Ini juga menjadi pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja berlangsung. Sebutkan visi dan misi kamu secara kongkret dan bisa terealisasikan.

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja <<<

  1. Apa cita cita anda kedepan ?

Pertanyaan ini kamu diminta untuk memiliki angan angan dan juga apa impian kamu untuk kedepannya.

Baca Juga >>> 5 Tips Jawaban Apa Cita Cita Anda Saat Interview Kerja <<<

  1. Apa target 5 tahun kedepan yang kamu rencanakan ?

Hampir sama dengan poin ke 5, kamu diminta untuk menunjukkan apa rencana kamu mulai dari jangka pendek sampai dengan jangka panjang.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

  1. Sebutkan kelebihan dan kelemahan kamu

Ini adalah pertanyaan yang sangat menjebak namun tetap kamu jawab. Minimal berikan 3 masing masing contoh bagaimana kelebihan dan kelemahan kamu. Pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja dan salah satu yang paling susah dijawab adalah pertanyaan ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Sebutkan keahlian kamu

Kamu bisa menyebutkan keahlian dan skill kamu baik sesuai dengan posisi yang kamu lamar dan juga bisa menceritakan apa saja soft skill yang kamu miliki.

  1. Mengapa kamu ingin bekerja diperusahaan ini ?

Ini merupakan pertanyaan yang hampir sama dengan pertanyaan motivasi kerja. Kamu bisa menjelaskan seperti ingin menjadi bagian dan bisa berkontribusi dalam salah satu perusahaan farmasi terbesar di indonesia atau lain halnya.

  1. Berapa gaji yang ingin kamu minta jika diterima ?

Pertanyaan yang sering muncul saat interview user adalah mengenai masalah gaji. Kamu harus sudah memiliki data berapa rata rata gaji diperusahaan tersebut untuk berbagai posisi.

Baca Juga >>> Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Yang Benar <<<

  1. Ada pertanyaan ???

Diakhir sesi interview pasti HRD atau user akan memberikan kamu 1 kesempatan bertanya apa saja mengenai perusahaan ini atau mengenai posisi yang kamu lamar.

Gunakan kesempatan ini untuk bertanya lebih jauh mengenai jobdesk atau pertanyaan lain yang berhubungan dengan teknis pekerjaan.

Jangan menggunakan kesempatan ini untuk bertanya “Setelah ini tahapan selanjutnya apa ?” atau juga “Kapan pengumumannya akan segera saya dapatkan?” atau yang lebih parahnya lagi kamu tidak memiliki persiapan untuk bertanya kembali kepada HRD atau user.

Baca Juga >>> 7 Pertanyaan yang diajukan saat interview wawancara kerja <<<

 

Itulah tadi beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja berlangsung. Selebihnya pertanyaan bersifat teknis membahas masalah skill dan kemampuan kamu saat bekerja nantinya.

Karena interview kerja ini akan sering dan selalu kamu hadapi, ada baiknya untuk mencatat pertanyaan pertanyaan interview yang sulit dan tidak bisa kamu jawab dengan baik. Sehingga untuk selanjutnya kamu sudah mempersiapkan sebaik mungkin.

Terima kasih sudah membaca artikel dari kami. Semoga sukses untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.