11+ Ide Bisnis Usaha Handmade Yang Menguntungkan

usaha handmade yang menguntungkan

Usaha handmade yang menguntungkan sedang banyak dicari saat ini untuk mendapatkan pendapatan sampingan selain bekerja. Ada banyak sekali peluang usaha untuk membuat bisnis handmade yang mungkin bisa kamu dan bisa menjadi referensi usaha kecil kecilan.

Selain modal yang minim, bisnis usaha handmade ini juga sangat cocok bagi ibu ibu rumah tangga, mahasiswa, atau yang sudah punya pekerjaan kantoran yang ingin mencari usaha sampingan yaitu berjualan.

Terlebih lagi dengan menggunakan facebook dan media sosial lainnya orang orang bisa dengan mudah memasarkan produknya untuk lebih dikenal di masyarakat luas. Sudah banyak cara cara yang mudah dan murah untuk memasarkan produk seperti menggunakan facebook ads, instagram ads, google ads bahkan sampai tiktok ads sudah tersedia.

Berikut ini tipskerja akan membahas seputar ide bisnis usaha handmade yang mudah dan bisa segera kamu kerjakan untuk mendapatkan uang sampingan yang tidak kalah menarik dari bisnis lainnya.

Ide Usaha Handmade Yang Menguntungkan

Sebelum ke topik idenya, ada baiknya kamu perlu tahu bahwa usaha handmade membutuhkan keuletan dan keterampilan tangan dalam membuatnya. Namanya juga handmade, jadi hampir keseluruh cara dan pembuatannya diproses tanpa menggunakan mesin atau manual.

Kita lanjut ke ide ide bisnis usaha handmade :

  1. Membuat Gelang dan Kalung Handmade

Inspirasi ide bisnis yang pertama adalah membuat gelang dan kalung handmade. Usaha handmade yang laris bisa kamu kerjakan pada saat waktu senggang sambil membuat gelang yang bahannya bisa kamu dapatkan secara mudah di toko pernak pernik disekitar wilayahmu.

Saat ini banyak orang yang memakai gelang dan kalung handmade yang bisa dikreasikan. Kamu bisa membuatnya dari manik manik, batu batu kecil yang bulat, atau hanya mengandalkan tali temali menggunakan tali paracord atau yang sejenisnya.

Di instagram ada banyak akun yang membuat gelang dan kalung yang dijual mulai dari harga 50 ribu sampai dengan 150 ribu tergantung dari jenisnya. Untuk yang berjenis manik manik sederhana saja bisa dijual di range harga 50 ribu dan untuk yang berbahan tali temali dengan custom nama bisa sampai harga 100 ribu sampai 150 ribu.

Atau kamu bisa menggunakan bahan mika yang nantinya diukir grafir laser untuk custom nama dan tulisan yang dipesan sesuai dengan keinginan dari konsumen.

Bagaimana cukup menarik bukan ide usaha handmade ini ?

  1. Handmade Berbahan Kulit

Bisnis handmade yang menjanjikan selanjutnya adalah menjual produk kerajinan dengan bahan kulit. Ini memang sangatlah menjanjikan karena sampai saat ini produk kulit tidak ada matinya dan masih saja diburu oleh banyak orang baik kalangan remaja sampai orang tua masih menggunakannnya.

Contoh yang bisa kamu buat dari bahan kulit seperti dompet handmade, gantungan kunci custom, id card kulit, gelang kulit cutom dan bahkan kalau bisa kamu membuat tas dari bahan kulit.

Ditambah lagi harga jual yang sangat tinggi jika kamu bisa membuat kerajinan dari kulit ini menjadi bisnis yang mulai digemari oleh pengrajin bisnis handmade.

Baca Juga >>> 16 Rekomendasi Cara Memilih Nama Usaha Yang Bagus Dan Artinya <<<

  1. Handmade Boneka

Usaha handmade rumahan selanjutnya adalah pembuatan boneka cutom. Saat ini boneka tidak hanya digunakan sebagai kado ulang tahun, namun juga digunakan untuk waktu waktu tertentu seperti kado acara wisudaan, kado pernikahan, seserahan bahkan sampai pembuatan gantungan kunci custom dari boneka.

kreasi boneka handmade dari bahan flanel

Jika kamu masih belajar dan tidak bisa membuat boneka yang besar, maka kamu bisa membuat boneka kecil dari bahan flanell. Boneka ini nantinya bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen yang ingin dibuatkan bonekanya dari flanel. Atau pembuatan boneka cutom untuk acara wisuda juga bisa menggunakan boneka ini.

  1. Jasa Lukis

Ide bisnis handmade selanjutnya adalah jasa lukis atau lukisan. Jika kamu tahu jaket denim yang dikenakan bapak jokowi adalah hasil kreasi handmade lukisan yang dilukis oleh seniman indonesia.

Jika kamu memiliki skill menggambar yang baik, maka kamu bisa mencoba untuk menuangkan cat kedalam hal hal yang sekiranya menjual dan bisa dijadikan usaha. Contohnya seperti lukis ke jaket denim atau celana jeasns, lukis custom ke sepatu untuk sebuah komunitas juga bisa.

Di akun lelangan yang ada di instagram ada 1 buah sepatu bermerek compas yang sepatunya sudah dilukis sedemikian rupa kemudian dilelang dan harga sepatunya menjadi 5-6 kali lipat dari harga sepatu aslinya.

Cukup menggiurkan bukan ? kamu bisa mulai memasarkan jasa lukis ini melalui media sosial terlebih dahulu.

  1. Handmade Bisnis Bros

Wanita adalah yang paling konsumtif terutama untuk produk kecantikan dan fashion. Jadi bros juga bisa kamu jadikan ide bisnis handmade karena memang pasar peminatnya masih banyak dan luas. Terlebih lagi jika kamu memiliki keunikan tersendiri yang beda dari bros pada umumnya yang dijual di luar.

contoh bros handmade

Tidak hanyak untuk wanita hijaber, namun bros juga bisa dipakai untuk mempercantik tas, topi dan baju atau kemeja wanita. Kamu bisa membuatnya dari bahan manik manik, batu batuan atau dari bahan pita. Ada banyak ide dan desain unik bros yang bisa kamu jadikan inspirasi melalui pinterst.

  1. Rajutan

Ide bisnis lainnya adalah handmade rajutan. Saat ini sudah banyak yang menjual di marketplace seperti tokopedia dan shopee yang menjual hasil kreasi rajutan dan memang banyak yang mencari produk handmade ini.

Contoh yang bisa kamu buat adalah kaca dengan hiasan rajutan, gantungan gorden dari bahan rajut, aksesoris untuk hiasan dinding estetik dari benang rajut, tas rajut, totebag rajut, syal dan lain lain. Kamu bisa mencari inspirasi ide kerajinan rajutan di pinterst.

Yang sedang tren adalah membuat rajutan kaos kaki untuk anak bayi dengan desain yang lucu lucu.

  1. Handmade Kerajinan Bahan Kayu

Karena sudah banyak mesin yang bisa membuat cutom grafir dan laser berbahan kayu, maka banyak pula ide ide handmade kerajinan dari bahan kayu pula.

Kamu bisa membuat kotak penyimpanan dari bahan kayu yang nantinya di ukir menggunakan laser untuk digunakan sebagai kotak cincin, custom kotak dompet satuan, bahkan untuk kotak pernak pernik berbahan kayu juga sedang diminati oleh konsumen.

Tidak hanya itu, bahkan saat ini ada tumbler dari bahan kayu yang sudah food grade yang juga dijual di marketplace. Tentu saja kerajinan ini memerlukan alat yang cukup variatif dan banyak untuk membuatnya.

Kamu juga bisa membuat jasa pembuatan menu di restoran menggunakan bahan baku kayu. Karena restoran dan cafe coffee sedang menjamur di kota kota indonesia dan memerlukan ide desain yang bagus untuk mempercantik konsep yang diinginkan konsumen.

  1. Rangkaian Bunga Dan Bucket Snack

Ide usaha handmade yang menguntungkan yang sedang tren saat ini adalah handmade kreasi dari bunga dan rangkaian bucket yang isinya adalah snack ringan untuk  kado orang tercinta.

Ini juga bisa kamu gunakan sebagai bisnis kado handmade yang mana pembuatannya disesuaikan dengan keinginan dari konsumen. Kamu hanya perlu memiliki keterampilan merankai bunga dan untuk bucket snack ringan hanya memerlukan beberapa lembar kain dan pita saja.

  1. Bantal Custom

Karena ini kerajinan handmade, maka kamu harus bisa membuat custom sesuai dengan keinginan dari konsumen. Misal idenya adalah untuk kado ulang tahun, maka kamu bisa membuat bantal handmade dengan ucapan dan kata kata diatas bantal tersebut sebagai penghias di sofa atau di tempat tidur.

  1. Tas Handmade

Ide bisnis selanjutnya adalah pembuatan tas handmade. Bahannya bisa kamu sesuaikan dengan keahlian kamu. Mulai dari bahan rajut sampai dengan bahan kanvas jika kamu memang bisa menjahit.

  1. Masker Custom dan Dompet Kain

Kreasi masker saat ini juga sedang popular. Karena memang pada saat pandemi pemerintah mewajibkan masyarakat untuk memakai masker kain diwaktu aktifitas sehari hari.

Ini bisa menjadi ajang bisnis usaha handmade yang menguntungkan yang sangat menjanjikan. Karena masker kain lebih efisien dan murah karena bisa dipakai berkali kali. Masker kain cutom bisa kamu dapatkan kainnya ditoko kain dan hanya membutuhkan teknik menjahit yang simpel.

Selanjutnya untuk dompet kain wadah penyimpanan kosmetik, alat mandi dan lainnya juga bisa menjadi ide yang menarik untuk dikerjakan. Karena kebutuhan travel yang banyak membuat wadah tas tas kecil menjadi cukup dicari di marketplace. Kamu juga bisa membuat tas laundry dari kain. Yang nantinya bekerja sama dengan laundry setempat dan bisa sekalian di sablon nama sesuai dengan nama laundry tersebut.

Cara Memasarkan Kreasi Handmade Kamu

Lalu yang menjadi soal selanjutnya adalah bagaimana sih cara kamu memasarkan kreasi ide handmade kamu agar dikenal banyak orang ?

Saat ini dengan bantuan sosial media saja banyak orang yang sudah memasarkan produknya dan banyak dikenal orang orang. Apalagi dengan bantuan facebook ads atau iklan sponsor dari facebook yang membuat kamu dengan mudah menemukan pasar market kamu.

Baca cara cara memasarkan melalui internet dan media sosial melalui link dibawah ini :

Baca Juga >>> 31 Cara Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Pemasaran <<<

Penutup

Itu tadi beberapa ide usaha handmade yang menguntungkan dan layak kamu coba untuk mengisi waktu luang.

Jika kamu sudah menentukan akan membuat apa dari kreasi kerajinan tangan. Dan ternyata buntu masalah idenya, kamu bisa mencari referensi dari cara membuat dan ide lainnya di youtube dan pinterst.

Semoga artikel kami mengenai bisnis handmade rumahan ini bisa memberikan pengetahuan tambahan untuk kamu kedepannya. Dan semoga sukses untuk rencana bisnis kamu. Jika kamu ada ide lainnya bisa juga isi komentar dibawah ini ya. Sukses selalu buat kita semua, Amiiiinnnn…. Sampai jumpa dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *