Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar

Buat kalian yang baru aja lulus sekolah ataupun kuliah, ingin segera mendapatkan pekerjaan real ataupun sekedar mengisi waktu yang kosong tanpa arah dan tujuan dengan mencari pengalaman kerja. Mungkin ada yang merasa sangat yakin ataupun ragu karena kurang Percayadiri, yang perlu kalian perhatikan adalah syarat dan contoh soal ataupun tes melamar kerja, karena hal tersebut adalah hal yang sangat paling mudah kalian persiapkan karena banyak contoh tes yang sudah sangat merajalela di Internet.  Namun kalian pasti tetap merasakan gugup ketika mendengar kata Wawancara, nah kali ini kita akan membahas bagaimana teknik wawancara yang baik dan benar.

Cara Wawancara yang baik

  1. Penampilan

Apasih yang harus kita persiapkan?  Tentunya mental kita harus berani dan percaya diri jika hendak melangkah ke tahap wawancara, agar meningkatkan rasa PD kita bisa kita mulai dari penampilan,  kenapa penampilan?  Karena wawancara itu tidak hanya sekedar ngbrol ya guys, tapi juga penilaian penampilan, jadi pastika semuanya benar-benar kalian siapkan mulai dari semir sepatu sampai model rambut, kalian tidak perlu menggunakan pakaian yang branded, gunakan pakaian yang pas dengan  proporsi tubuh kalian dan pastikan itu Yaman ketika kalian gunakan.

Baca Juga >>> Contoh Perkenalan Diri Saat Interview <<<

  1. Gestur Tubuh

Mungkin kalian tidak menyadari bahwa setiap orang memiliki ciri khas gerakan ketika berbicara, maka itu perlu kalian perhatikan, kalian tidak perlu khawatir karena gestur itu sangat mudah di latih, paling utama adalah duduk tegap namun tetap relax, jadi mulai sekarang hindari duduk bungkuk ya guys, kalian akan terlihat lebih siap ketika kalian duduk tegap. Hindari pergerakan tangan yang terlalu hyper aktif, ketika duduk tidak di sarankan jika tangan kita terlalu banyak bergerak bukan berarti tidak boleh bergerak ya..  Biasakan tangan  kalian bergerak cukup dari pergelangan tangan  hingga ke siku saja jadi tubuh kalian tidak akan terlalu terpengaruh oleh gerakan yang mungkin bisa bikin kalian terlihat berkeringat dan kurang santai. Untuk selanjutnya adalah tatapan mata, dalam berbicara tentu sudah etikanya untuk selalu fokus tatap muka, namun tidak sedikit orang yang grogi karena saling tatap mata ini bahkan kalian mungkin merasa akward ketika terlalu lama menatap mata seseorang.. Nah kalian tidak perlu khawatir guys, agar mental kalian tetap stabil dan tidak drop kalian bisa tatap lawan bicara kalian dari hidung kebawah, hal ini sangat ampuh loh..  Kalian juga bisa lebih mudah faham dengan apa yang lawan bicara kalian sampaikan.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Materi dan Topik bahasan

Dalam wawancara tentunya bahasanya tidak akan jauh dengan posisi apa yang kalian lamar, jadi sangat baik jika kalian mencari tahu entah dari internet atau langsung dari saudara atau teman yang sudah berkerja di bidang yang sama lebih baik, terkait job desk dan segala macam pengalaman di posisi tersebut guys. Selain tema pekerjaan kalian juga sangat di anjurkan untuk mempelajari ulang Pokok-pokok bahasan dari fokus studi kalian.. Hal tersebut untuk antisipasi apabila ada pertanyaan “jadi apa yang kamu pelajari di jurusan mu? “ nah kalian sudah bisa menjawab dengan tanpa ragu dan akan menjadi nilai plus.

Kalian juga musti ingat lhoo,  bahwa dalam wawancara jangan terlalu membahas hal-hal yang bersifat personal, seperti asmara ataupun masalah keluarga ya guys..  Pokoknya jangan..

Baca Juga >>> Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara Kerja <<<

  1. Pertanyaan menjebak

Nah ini yang terakhir guys..  Cukup banyak dari pengalaman wawancara yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan menjebak. Pertama adalah kelemahan, jika kalian mendapatkan pertanyaan terkait kelemahan kalian, kalian tidak boleh asal jawab ya guys, karena pasti akan ada pertanyaan susulan “lalu bagaimana cara kalian mengatasinya? “ nah.. Kalo udah gitu slesai urusanya kan?  Jadi kalian harus membuat skenario juga guys untuk pertanyaan jebakan tersebut. Jadi kalian bisa buat kelemahan kalian itu justru memiliki nilai tambah buat kalian,  contoh nih pengalaman saya pribadi kelemahan pelupa.. Lalu bagaimana cara mu mengatasinya?  Saya selalu membawa catatan kecil agar saya selalu terjadwal dan jelas agenda harian saya *ingat kalian harus bawa catatan kecil yang udah kalian isi, manipulasi dengan PT. RekayasaDataAbadi, *emot  agar terlihat meyakinkan ya guys. Untuk selanjutnya adalah pertanyaan gaji guys, biasanya kalian akan mendapatkan pertanyaan “lalu berapa gaji yang kalian harapkan? “ hindari jawaban “ya saya ikut kebijakan kantor saja pak/buk” maka kalian akan lanjut di tembak dengan jawaban “jadi di bayar 600rb mau ya sebulan” dan kalian bakal jadi bulan-bulanan,  yang benar adalah observasi rata-rata gaji posisi tersebut setelah tau kalian bisa jawab dengan,  “gaji yang saya harapkan adalah sekian, namun saya yakin untuk perusahaan sebesar X, pasti sudah memiliki standar kesejahteraan  yang terbaik terkait gaji”. Untuk pertanyaan yang mengarah pada sifat fleksibel dan mengandung moral negatif pastikan kalian jawab tidak atau tidak setuju ya guys entah itu melanggar standar, hukum atau kemanusiaan apabila itu melanggar katakan tidak!. Dan sebaliknya untuk pertanyaan menantang kesiapan, baik itu beban kerja, lama kontrak, atau lokasi kerja,  jika kalian ingin di Terima maka jawabanya hanyalah “Saya Siap! “ untuk urusan keluarga nanti di bahas kalo udah jelas keterima aja guys..

 

Nah mungkin sekian sharing terkait wawancara kali ini, semoga bermanfaat dan tetap semangat!

Baca Juga >>> 8 Gaya Pakaian Saat Interview Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Wawancara Kerja – TipsKerja.com <<<

Add a Comment

Your email address will not be published.