Pengalaman Dan Tahapan Tes PT INALUM

Pengalaman tes PT Inalum

Kali ini tipskerja akan mereview mengenai pengalaman dan tahapan tes apa saja yang akan kamu hadapi jika mengikuti rekrutment dari PT Inalum atau singkatan dari Indonesia Asahan Aluminium ini.

  1. Tes Potensi Akademik/TPA

Pada tes ini sebelumnya tim HRD akan mencoba untuk mempresentasikan mengenai program apa saja yang ada di inalum dan proses apa saja yang akan kamu jalani kedepannya sampai ke benefit apa saja yang akan kamu terima. Untuk seterusnya tes akan berlangsung dengan sistem gugur. Jika kamu lolos ke tahapan selanjutnya maka kamu akan di hubungi oleh pihak HRD.

Pada tes potensi akademik (TPA) ini meliputi:

  • Tes matematika dasar (deret angka, dan soal cerita) Untuk jumlah soal pada tes ini terbilang sedikit namun dengan waktu yang sedikit juga kamu harus bisa menyelesaikannya. Saran kami jangan terpaku dengan 1 soal saja, usahakan untuk menjawab semuanya dengan cepat dan tepat.
  • Tes Bahasa Inggris. Tes ini lebih seperti tes TOEFL dan TOEIC. Jika kamu sudah pernah melakukannya mungkin akan banyak membantu untuk tahapan tes ini, mulai dari reading, writing dan listening juga.
  • Tes Logika. Tes ini lebih mengarah ke logika berfikir kamu, ada juga soal mencocokkan sebuah pola ke pola lainnya.
  1. Tes Psikotes dan FGD

Tes tahap ke 2 berikutnya adalah tes psikotes dan FGD atau Focus Group Discussion. Untuk tes Psikotes ini kamu akan di berikan soal pilihan ganda dimana tidak ada jawaban benar atau salah didalamnya. Jawaban akan berbeda beda tiap peserta. Usahakan untuk menjawab dengan spontan dan tidak dibuat buat. Setelah itu kamu akan di wawancarai dengan HRD. Untuk wawancara ini cukup singkat dan di tanya pertanyaan ringan.

Pada tes selanjutnya di hari yang sama kamu akan menjalani FGD. Jumlah peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan di tiap kelompok akan diberikan contoh kasus yang sering dialami oleh PT Inalum. Contoh kasusnya berupa soal prioritas. Jadi kamu harus berdiskusi mengenai prioritas mana yang harus di dahulukan untuk kasus tersebut.


Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<


  1. Interview User

Jika kamu lolos tahapan FGD maka selanjutnya adalah tes interview user. Tidak main main, Manager inalum sendiri yang akan mewawancarai kamu bersama dengan tim hrd mereka. Wawancara lebih bersifat panelis dan diskusi. Untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris. Namu kamu juga bisa meminta untuk menggunakan bahasa indonesia jika kamu dirasa tidak begitu menguasai bahasa inggris. Pertanyaan lebih mengarah ke hal teknik dan pengetahuanmu di bidang dan posisi yang kamu lamar.
Lebih baik juga kamu belajar mengenai pengetahuan umum mengenai PT Inalum, seperti sejarah singkat, produk yang mereka kerjakan dan juga bisa isu isu mengenai perkembangan Inalum di indonesia.

  1. Tes Kesehatan

Untuk tes kesehatan ini, hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lainnya. Tes kesehatan meliputi : cek darah, cek rontgen, cek fisik badan, cek sample urine dan tekanan darah.

Jika kamu sampai di tahap ini, kemungkinan besar kamu sudah lolos dan bisa menjadi karyawan di PT Inalum ini.
Semoga Berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published.