8 Gaya Pakaian Saat Interview Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Wawancara Kerja – TipsKerja.com

pakaian saat interview

Pandangan awal seseorang biasanya tertuju dari penampilannya. Kita bisa menilai sesorang dari cara pakaiannya. Yang terpenting adalah jangan terlihat terlalu mencolok dan berlebihan pada saat wawancara kerja. Berikut beberapa tips gaya pakaian saat interview kerja yang bisa kamu gunakan pada saat interview kerja:

  1. Gunakan Kemeja lengan panjang

Sudah sewajarnya jika kamu di interview atau di wawancarai untuk gunakan kemeja. Namun akan lebih baiknya jika kamu menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna yang tidak begitu mencolok. Contoh warnanya bisa warna putih, krem atau hitam abu abu bisa menjadi pilihanmu. Jangan menggunakan warna yang mencolok seperti warna merah, biru cerah, kuning ataupun orange.

Kemeja lengan panjang akan membuatkmu menjadi lebih berkesan profesional.

  1. Tidak menggunakan aksesoris berlebihan

Untuk aksesoris yang bisa kamu gunakan adalah jam tangan cassual. Jangan gunakan jam tangan sporty dalam wawancara kerja. Karena memang tidak match dengan kemejamu. Singkirkan juga gelang gelang yang berlebihan dan jangan memakai kalung bagi pria, karena akan menimbulkan kesan bahwa kamu sekedar main main dalam wawancara ini.

  1. Sepatu Formal

Untuk pria kamu diwajibkan menggunakan sepatu formal seperti pantoefel atau sepatu kulit. Sangat tidak cocok jika kamu menggunakan sepatu running atau mungkin yang terburuk adalah sepatu sandal. Usahakan untuk senada dengan warna kemeja dan celanamu agar tidak mencolok.

  1. Brief Case (Tas Kerja)

Untuk barang bawaan kamu lebih baik menggunakan brief case atau tas kerja formal. Sudah banyak item yang di jual jika kamu mencari melalui online bahkan di toko terdekat. Dan pada saat masuk ke ruang interview lebih baik kamu memegang tas mu dengan tangan kiri untuk persiapan jika kamu di ajak berjabat tangan, maka tangan kananmu sudah siap terlebih dahulu untuk berjabat. Untuk tas backpack tidak di sarankan.

  1. Pemilihan Jaket

Jaket yang sangat salah digunakan pada saat interview kerja adalah jaket kulit, jaket running, jaket gunung dan jaket hoodie. Jika kamu ingin memakai jaket lebih baik gunakan blazer atau sweeter rajut lebih baik dan kelihatan cassual.

  1. Penggunakan dasi

Jika kamu menginginkan menggunakan dasi, maka pilihlah dasi yang berukuran kecil dengan warna yang tidak mencolok. Saran dari kami adalah lebih baik tidak memakai dasi kecuali kamu sudah tahu lawan wawancaramu memakai dasi atau tidak. Gunakan dasi jika kamu tahu bahwa lawan wawancaramu menggunakan dasi, jika tidak kami tidak menyarankan kamu menggunakan dasi dengan alasan penggunaan dasi membuat lawan interviewmu menjadi tidak nyaman dengan hal itu.

  1. Pakaian yang sesuai

Gunakan pakaian yang paling nyaman kamu gunakan. Tidak kekecilan maupun tidak kebesaran. Khususnya untuk wanita, gunakan pakaian yang tertutup dan tidak mencolok.

  1. Celana Jeans

Hindari menggunakan celana jeans dalam interview kerja, kecuali kamu tahu bahwa di perusahaan tersebut menggunakan pakaian santai seperti jeans dan lainnya. Jika kamu menghendaki menggunakan celana jeans, sebaiknya gunakan celana jeans dengan warna dasar hitam pekat tidak sobek sobek akan lebih baik lagi.

Apapun yang kamu gunakan usahan untuk memakainya senyaman mungkin. Coba bertanya kepada orang terdekatmu bagaimanakah penampilanmu. Karena penampilan awal yang berperan penting dalam penilaian apakah kamu seorang yang profesional dan siap kerja atau tidak.

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.