BOCORAN Pengalaman Tes Seleksi MDP PT Mayora Indah Tbk

pengalaman tes mayora

MDP FACTORY MAYORA

Rekrutment Mayora sering sekali menghiasi di berbagai job fair di berbagai kota. Kali ini tipskerja akan mereview mengenai pengalaman tes seleksi MDP PT Mayora Indah Tbk yang ada di kota yogyakarta. MDP (Management Development Program) merupakan program percepatan karir yang dimiliki oleh Mayora. Untuk kualifikasinya berasal dari semua jurusan dan batas maksimal usia yaitu 25 tahun. Mayora merupakan perusahaan FMCG atau Fast Moving Consumer Goods yang sudah terkenal di indonesia. Ada 2 tipe dari MDP ini, yaitu MDP Factory dan MDP Sales. MDP Factory lebih memilih dari orang orang lulusan teknik elektro, kimia, pangan dan industri, sedangkan MDP Sales lebih mengarah kesemua jurusan yang menyukai dunia sales dan marketing. Berikut tahapan tes yang ada di Mayora Indah.

Baca Juga >>> 7 Tips Untuk Pencari Kerja Fresh Graduate Lengkap  <<<

  1. Psikotest

Sebelumnya kamu akan diberitahukan mengenai company profil dari Mayora Indah, dan juga penjelasan mengenai program MDP ini secara umum. Sistemnya menggunakan sistem gugur seperti program rekrutmen lainnya.

Untuk soal psikotestnya hampir sama dengan tes psikotest di perusahaan lainnya yaitu berupa tes EPPS, tes kepribadian, tes menggambar pohon dan orang, tes koran atau pauli kreaplin, tes matematika dasar dan deret angka, dan tes pola gambar.

  1. Wawancara HRD

Seorang MDP harus memiliki keahlian bahasa inggris yang baik. Oleh sebab itu untuk interview HRD ini kamu akan di tes dengan menggunakan bahasa inggris. Pertanyaannya seputar pengenalan diri dan pengalaman selama kamu berada di kampus menggunakan bahasa inggris. Pertanyaan lainnya seputar kelemahan dan kelebihan diri yang harus kamu sebutkan, masalah apa saja yang kamu temui semasa kamu kuliah beserta solusi yang kamu peroleh atau apakah ada pengalaman kerja yang kamu miliki.

Baca Juga >>> 7 Hal Yang Pantang Kamu Lakukan Dalam Wawancara <<<

Untuk MDP ini HRD lebih menyukai jika kamu memiliki pengalaman dalam bergoranisasi dan membuat suatu event. Jika kamu memiliki pengalaman organisasi dan event maka akan membantu dalam tahapan tes ini. Karena untuk MDP ini yang harus dimiliki oleh calon program ini ialah orang memiliki sisi leadership yang tinggi sesuai dengan program percepatan karirinya yang menuntut kamu menjadi seorang manager.

  1. FGD (Focus Group Discussion)

Peserta yang tersisa akan di bagi menjadi beberapa kelompok. Dan tiap kelompok akan dibagikan berupa contoh kasus yang harus kamu selesaikan secara persetujuan kelompok. Untuk contoh kasusnya berupa contoh prioritas mana yang akan di dahulukan jika kamu berada di posisi tersebut. Usahakan untuk membuat catatan dan solusi dari pemikiranmu sendiri yang nantinya kamu ungkapkan didiskusi kelompok. Jadilah pribadi yang aktif namun tidak memaksakan kehendakmu sendiri. Coba untuk menerima saran maupun kritik dari tiap peserta yang ada. Untuk tahapan ini masih menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar dalam FGD, tapi jangan terlena juga bisa jadi tim HRD juga ingin melihat bagaimana cara bicara kalian calon rekrutment dalam menggunakan bahasa indonesia.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Presentasi Mayora

Ini merupakan tahapan terakhir dari tes di mayora indah sebelum kamu menghadai interview dengan user yaitu presentation skill. Kamu nantinya akan di berikan sebuah gambar dan diharuskan menjelaskan gambar tersebut selama 5 menit. Jika kamu merasa percaya diri menggunakan bahasa inggris maka lebih baik kamu menggunakan bahasa inggris sebagai penjelasannya, kalau tidak cukup pede maka bahasa indonesia juga tidak masalah tapi tetap nilai plus bagi kamu yang bisa berbahasa inggris lebih lancar.

Jelaskan gambar tersebut jangan tergesa gesa, pahami betul mengenai gambar itu dan jelaskan deskripsinya sedetail mungkin.

  1. Interview User

Kamu akan bertemu dengan petinggi dari PT Mayora untuk menjalani tes interview user. Sebelumnya HRD akan memperkenalkan kamu dengan user dengan menggunakan bahasa inggris. Interview awal akan menggunakan bahasa inggris dan dilanjutkan dengan bahasa indonesia. Pertanyaan seputar perkenalan diri, dan kehidupan pribadimu, penjelasan mengenai tugas akhir dan yang paling bikin agak tegang adalah user akan memberikan contoh soal atau sebuah kasus yang harus kamu selesaikan saat itu juga. Biasanya berupa tes hitung cepat atau bisa soal cerita. Usahakan untuk tidak terburu buru dalam menjawabnya. Kamu masih boleh kok untuk berfikir terlebih dahulu dan itu di perbolehkan. Perhatikan juga tentang CV yang akan kamu berikan, coba untuk merevisi bagian tertentu agar CV mu lebi menarik. Jangan gunakan warna yang cerah di dalam CV mu.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Semoga beruntuk untuk tes rekrutment Mayora-mu. Bye…..

Add a Comment

Your email address will not be published.