Pengalaman Tes PELINDO (Pelabuhan Indonesia III Indonesia Port Corporation)

pengalaman tes pelindo

Pelindo merupakan salah satu perusahaan BUMN di indonesia yang bergerak di bidang jasa pelabuhan. Kali ini tipskerja akan mencoba mereview tentang pengalaman apa saja dalah tahapan tes karyawan bari di Pelindo ini.

Untuk kantor pusat pelindo berada di Surabaya, dengan berbagai kantor cabang di berbagai wilayah. Berikut tahapan apa saja yang akan kamu ikuti jika mengikuti seleksi dari pelindo :

  1. Tes Administrasi

Pada tes administrasi ini hanya pengumpulan berkas seperti legalisir ijasah, trasnkip, CV lamaran kerja, KTP, akreditasi jurusan kamu, kartu keluarga dan berkas pelengkap penilaian dari pelindo melalui website. Cobalah untuk melengkapi semua berkas sebelum kamu mengumpulkannya melalui website.

  1. Tes Tulis dan Wawancara

Jika kamu dinyatakan lulus administrasi maka untuk tahapan selanjutnya adalah tes tulis dan wawancara. Untuk tes tulis ini sesuai dengan bidang latar belakang pendidikanmu dan bidang apa yang akan kamu pilih. Lebih baik untuk mempersiapkan diri kamu sebelumnya dan banyak berlatih dan belajar mengenai bidang yang kamu lamar. Untuk wawancaranya hampir sama dengan wawancara hrd, yang akan ditanyakan seputar pengetahuan di bidangmu. Pertanyaan lainnya mengenai skripsimu dan pendidikanmu.

  1. Tes Bahasa Inggris

Untuk tes bahasa inggris ini hampir sama dengan tes TOEIC, ataupun dengan tes TOEFL,  seperti listening, reading dan structure. Jumlah soalnya sekitar 250 soal dan perbanyak mengenai kosa kata bahasa inggrismu. Untuk tes ini coba sebelumnya kamu berlatih tentang soal TOFL ataupun TOEICmu.

  1. Tes Psikotes

Tahapan tes psikotes ini meliputi tes matematika dasar dan deret angka, menggambar bentuk sehingga menjadikannya bentuk yang mempunyai arti, EEPS, kreplin atau tes koran dan tes psikotes lainnya. Tahapan tes ini juga akan langsung mengikuti tes wawancara dengan psikolog. Pertanyaan lebih mengarah tentang kepribadian dirimu seperti pengalaman kuliah, kelemahan dan kelebihanmu, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja jika kamu memilikinya.

  1. Tes Kesehatan

Untuk tes ini bisa dibilang sebagai tes formalitas saja, jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan yang parah kemungkinan besar kamu akan lolos pada tahapan tes ini. Tes kesehatan di pelindo juga bisa dibilang tidak terlalu ketat seperti tes kesehatan di pertamina , pln dan di perusahaan BUMN lainnya. Kamu akan diminta untuk puasa makan terlebih dahulu selama 12 jam sebelum tes di laksanakan. Nantinya kamu akan diambil sample darah sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih dan jangan begadang sebelum kamu tes. Tes lainnya seperti cek sample urine, rontgen, paru paru, tekanan darah, sample darah dan cek kebugaran fisik.

  1. Wawancara Direksi

Pada tes kali ini lebih seperti wawancara panel dan diskusi. Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pejabat penting di Pelindo. Kemungkinan ada 3 orang yang akan mewawancarai kamu. Usahakan untuk belajar mengenai produk dan jasa apa saja yang pelindo tawarkan dan kenali juga seluk beluk dan latar belakang mengenai perusahaan ini.

Semoga Beruntung.

Add a Comment

Your email address will not be published.