Pengalaman Seleksi Karyawan Di PT. Bank DKI

pengalaman seleksi tes Bank DKI

Bank DKI yang merupakan bank provinsi di jakarta juga sering melakukan rekrutment untuk karyawan baru. Lebih sering akan kamu temukan di jobfair di kota jakarta, ya karena memang bank DKI ini lebih memprioritaskan untuk kamu yang berdomisili di Jakarta agar proses rekrutment dan seleksi lebih mudah. Tapi ini juga tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang bukan domisili di jakarta. Berikut tahapan dan seleksi di Bank DKI berdasarkan pengalaman teman teman.

  1. Tes Performance Tahap Pertama

Tes awal ini akan dilaksanakan di gedung head office di DKI Jakarta di jalan Suryopranoto. Setelah melalui tahapan seleksi berkas dan cv, kamu akan menjalani tes performance hampir bisa dibilang seperti tes psikologi tahapan awal.

Sebelumnya kamu akan diberikan kertas absen dan kertas yang berisi keterangan seperti gaji, denda pinalty dan peraturan lainnya. Kamu juga berhak untuk mengajukan kritik dan saran untuk perusahaan ini bahkan pertanyaan yang belum kamu ketahui. Penting untuk persiapkan pertanyaan ini sebelum kamu melakukan tes awal ini.

Pada tes ini ada tes presentasinya juga, isinya adalah untuk memperkenalkan dirimu dan kepribadianmu. Seperti perkenalan diri pada umumnya dan kamu juga diharuskan untuk bercerita mengenai pengalamanmu selama ini seperti pengalaman di kampus, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, mengapa kamu ingin bekerja di Bank DKI dan motivasi hidupmu seperti apa.

  1. Tes Wawancara

Untuk tes ini lebih baik untuk datang lebih awal, karena urutan kamu diwawancarai adalah berdasarkan urutan hadir pada tes ini. Usahakan juga untuk belajar mengenai produk apa saja yang ditawarkan bank DKI dan pengetahuan lainnya mengenai bank ini. Wawancara ini akan mengukur sejauh mana pengetahuanmu mengenai dunia perbankan di indonesia khususnya untuk bank DKI.

  1. Tes Psikotes

Jangan lupa untuk membawa foto 4×6 1 lembar karena untuk persyaratan berkas bank DKI. Kamu akan diminta juga untuk mengisi biodata diri dan pribadi. Berikut soal yang akan keluar di tes psikotes:

  • Tes kepribadian diri (tidak ada jawaban benar dan salah)
  • Tes deret angka matematika dan matematika dasar
  • Tes warteg (meneruskan suatu gambar agar memiliki arti)
  • Tes koran dan pauli
  • Tes pengetahuan umum perbankan di indonesia
  • Tes bahasa inggris

Setelah menjalani tes psikotes kamu akan langsung menuju tahapan interview. Dan urutan interview juga berdasarkan absensi kehadiran. Kamu akan di interview dengan psikolog dari bank DKI. Pembahasannya seputar kepribadianmu. Kelebihan dan kelemahan diri sendiri, aktivitas dan kegiatan sehari hari seperti apa dan pengalaman lainnya. Kamu juga akan diberikan studi kasus mengenai bagaimana sikapmu dalam mengatasi pencapaian target yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

  1. Tes MCU (Medical Check Up)

Kamu akan ditanya mengenai riwayat kesehatanmu sebelumnya, apakah pernah ada sakit berkepanjangan atau turunan sebelumnya. Umumnya hampir sama dengan tes kesehatan di beberapa perusahaan dan untuk tes ini terbilang tidak begitu ketat.

Kamu akan diminta untuk sample darah, sample urine, cek rontgen, tekanan darah, rekam jantung dan juga tes fisik.

Selanjutnya adalah tahapan tanda tangan kontrak dan offering benefit. Kamu akan diberitahu mengai fasilitas dan apa saja yang akan kamu dapatkan setelah bergabung dengan bank DKI ini. Kamu juga akan diberitahukan mengenai pinalty dan denda apa saja yang akan kamu terima.

Pada tahapan ini juga sekalian dengan pelengkapan berkas berkas seperti KK, SKCK, NPWP dan rekening payroll. Jangan lupa juga untuk membawa materai 6000 3 lembar.

Semoga berhasi dan sukses ya guys.

Add a Comment

Your email address will not be published.