Pengalaman Rekruitmen JODP PT FIF

Pengalaman tes JODP PT FIF

JODP ini merupakan singkatan dari Junior Officer Development Program. Mungkin program ini hampir sama bahkan cenderung sama dengan program MT (Management Trainee) atau MDP (Management Development Program) pada perusahaan lainnya. Intinya adalah program percepatan di PT FIF untuk memiliki jenjang karir yang lebih baik dan cepat. Nantinya jika sudah selesai tahap trainee program ini kamu akan menjabat menjadi seorang SPV di PT FIF.

Berikut tahapan tes dan pengalaman seleksi dari JODP PT FIF rekruitmen dari tipskerja.com

  1. Seleksi Berkas

Hampir sama dengan tahapan awal pada perusahaan lainnya. Disini kamu diminta untuk mengumpulkan berkas yang diminta, mulai dari CV, Ijazah, Transkip nilai dan dokumen pelengkap lainnya. Usahakan untuk melengkapi apa yang diminta oleh perusahaan tersebut.

  1. Tes Psikologi

Tips dari kami adalah usahakan untuk berlatih dan mengikuti tes psikotes di perusahaan lain, perbanyak pengalamanmu dalam hal mengikuti tes psikotes dan wawancara. Untuk psikologi  juga hampir sama dengan tes psikologi pada umumnya di perusahaan lainnya.
Berikut daftar pertanyaan untuk tes psikologi di rekrutmen PT FIF :

  • Tes analogi (tes perumpaan dan tes mencocokan gambar atau memutar gambar)
  • Tes matematika dasar (deret angka matematika )
  • Kreapling dan pauli (tes koran untuk menjumlahkan deret angka keatas)
  • EPPS (tes kepribadian diri, tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini. Tes ini juga menjadi dasar apakah pekerjaan yang kamu lamar cocok dengan kepribadian kamu. Usahakan untuk menjawab dengan benar pada tes ini)
  • Tes Warteg (tes melanjutkan gambar yang sudah disediakan dan mebuatnya menjadi bermakna)
  • Tes gambar pohon lengkan dan menggambar aktivitas orang lengkap dengan kelemahan dan kelebihan dari orang tersebut.

 

  1. Tes Interview Psikologi

Pada tes wawancara psikologi ini kamu akan ditanya seputar pengalaman hidupmu, mulai dari kehidupan pribadi, kampus, organisasi sampai dengan pengalaman kerja jika kamu memilikinya. Tim interview akan mereview kembali tentang tes psikologimu, apakah jawaban yang kamu jawab sewaktu tes kemarin sesuai dengan kepribadianmu dan sesuai dengan pekerjaan di bidang ini.

  1. Tes Interview User

Sehari sebelumnya kamu akan dikirimkan email yang berisi studi kasus terhadap suatu masalah. Pertanyaannya seputar kasus terkini yang ada di indonesia atau bahkan kasus yang sering dihadapi oleh PT FIF ini. Dari tema tema yang diberika kamu berhak memilih akan memakai tema yang mana, dan akan kamu presentasikan didepa user yang bersangkutan.

Tes ini lebih mengarak ke wawancara panelist seperti kamu sedang menjalani sidang skripsi. Usahakan untuk memilih tema ringan dan yang paling penting adalah tema yang paling kamu kuasai seluk beluknya. Buatlah presentasi yang ringkas dan tidak berbelit belit. Usahakan untuk banyak bercerita dan berinteraksi daripada kamu hanya membaca apa yang kamu presentasikan.

Dari presentasimu nantinya tim user akan menilai kamu apakah kamu bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.


Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<


 

  1. Tes MCU (Medical Check Up)

Pada tes ini juga hampir sama dengan tahapan tes kesehatan di perusahaan lainnya, mulai dari tes sample darah, sample urine, rontgent, cek tekanan darah dan cek fisik seperti tinggi berat badan dan juga tes mata. Untuk tes kesehatan kali ini bisa dibilang kamu sudah memiliki 90% peluang untuk menjadi karyawan di PT FIF ini.

Tahapan finalnya ada di Offering letter dan benefit kontrak. Kamu nantinya akan diberi informasi mengenai program JODP dan MDP FIF secara rinci, gaji pokok dan fasilitas apa saja yang berhak kamu dapatkan setelahnya sampai kamu lulus dari JODP. Kamu juga akan diberi tau tentang pinalty dan resiko dari program ini.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.